Yuk Kenali dan Pahami 9 Tips Praktis Memilih Payment Gateway Indonesia!

Business Hack

Sumber gambar: Kxcdn

Selama beberapa tahun terakhir, di Indonesia, situs web e-commerce dan aplikasi seluler telah meraih sukses besar. Begitu pula praktis payment gateway Indonesia. Melakukan pembayaran online untuk produk dan layanan di situs web tidak lagi menjadi tugas yang menakutkan bagi pelanggan.

Payment gateway Indonesia mengacu pada kode yang menghubungkan keranjang belanja Anda dengan perusahaan kartu kredit. Payment gateway Indonesia hanya membantu dalam pemrosesan kartu kredit dan memastikan bahwa pembayaran dilakukan. Dalam hal ini, sesuai namanya, payment gateway Indonesia bertindak seperti pintu penghubung, di mana transaksi dapat dilakukan secara otomatis dari pelanggan ke penjual.

Beberapa contoh payment gateway yang diakui antara lain BrainTree, PayU, Pembayaran Amazon, Stripe, PayPal, Skrill. Sementara itu, contoh payment gateway Indonesia seperti Doku, FinPay, KasPay, TrueMoney, dan lain-lain.

Dengan bantuan payment gateway Indonesia, pada dasarnya menjadi mudah untuk menerima beberapa jenis pembayaran elektronik. Payment gateway Indonesia menawarkan solusi pembayaran yang lengkap, alih-alih Anda harus mengatur dan menjalankan semua perangkat lunak, perangkat keras, koneksi, dan keamanan. Bagi banyak pedagang kecil, kemudahan payment gateway Indonesia adalah cara yang baik untuk memungkinkan solusi e-commerce.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri sebelum memilih payment gateway Indonesia:

  • Berapa biaya layanannya?
  • Fitur apa yang mereka sediakan, misalnya keamanan penipuan, terminal virtual?
  • Apakah wajib memiliki merchant account?
  • Apakah payment gateway tersebut mendukung negara toko online Anda?

Lalu, bagaimana tips praktis memilih payment gateway Indonesia sehingga sesuai dengan kebutuhan toko online Anda? Simak tips berikut!

1. Pilih aliran pembayaran yang sesuai

Sumber gambar: Lyra

Seiring bisnis Anda terus tumbuh, payment gateway Indonesia seharusnya dapat melakukan penskalaan dengan mudah. Hal yang perlu Anda lakukan adalah mengatur payment gateway Indonesia di situs web Anda.

Anda juga harus memilih aliran pembayaran yang paling tepat untuk bisnis Anda di samping menambahkan payment gateway Indonesia ke situs web.

2. Kemudahan bertransaksi

Sumber gambar: WP

Ketika datang untuk menjual produk dan layanan online, payment gateway Indonesia diperlukan di setiap situs web. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk membeli produk atau layanan melalui bentuk pembayaran umum, seperti kartu kredit, kartu debit, atau cek elektronik yang mencakup data anggaran. 

Saat memilih produk yang tepat, Anda harus mempertimbangkan seberapa mudahnya solusi pembayaran Anda, sembari tetap menjaga keamanannya.

3. Buat pelanggan Anda merasa aman dan terjamin

Praktis Payment Gateway Indonesia
Sumber gambar: Forbes Img

Semakin banyak pelanggan beralih ke belanja online, penting bagi Anda untuk menawarkan pengalaman yang menyeimbangkan dengan apa yang mereka ketahui dari situs besar, bahkan jika Anda menjalankan bisnis kecil. 

Misalnya, beberapa payment gateway Indonesia memungkinkan Anda untuk menyesuaikan seluruh pengalaman pembayaran untuk mencerminkan jenis huruf, logo, dan palet warna merek Anda. Beberapa pelanggan tidak menyadari fakta bahwa mereka mungkin dialihkan ke situs web pihak ketiga sementara untuk memproses transaksi mereka dengan aman. 

Saat memilih payment gateway Indonesia, pastikan platform Anda menyediakan fitur keamanan yang kuat, dan mencari sertifikasi PCI-DSS seperti perlindungan anti-penipuan.

4. Pertimbangkan biaya dan keinginan perjanjian layanan

Praktis Payment Gateway Indonesia
Sumber gambar: Google User Content

Penetapan harga untuk pemrosesan pembayaran dan payment gateway Indonesia biasanya didasarkan pada jenis transaksi yang dilakukan suatu bisnis (online atau kombinasi virtual dan, secara langsung), penjualan bisnis, konsistensi pendapatan, frekuensi transaksi, dan pasar yang dilayani. 

Oleh sebab itu, sangat penting untuk membandingkan bagaimana model bisnis bertepatan dengan penyedia pembayaran, atau struktur payment gateway Indonesia. Beberapa layanan mungkin memerlukan biaya pengaturan dan kontrak, atau mereka dapat membangun biaya transaksi jika pesanan dan volume transaksi yang diharapkan ketika layanan dibangun, tidak terpenuhi.

5. Pastikan transaksi efektif

Sumber gambar: Colinjames Method

Menurut survei yang dilakukan, lebih dari 25 persen pelanggan akan meninggalkan pembelian jika mereka dipaksa untuk mendaftar akun untuk menyelesaikannya.

Jika prosedur checkout Anda menggunakan jasa pihak ketiga dengan prosedur pendaftaran yang terintegrasi dengan cart, pastikan Anda dapat menjadikannya sebagai faktor opsional yang memungkinkan untuk checkout sebagai “guest“. 

Demikian juga, payment gateway Indonesia yang Anda pilih harus memungkinkan Anda untuk menghapus bidang formulir yang tidak diinginkan untuk checkout mudah. Bisnis e-commerce besar berharap bahwa peritel online dapat meningkatkan konversi hingga 50 persen, dengan menghapus redundansi seperti menginginkan pelanggan memasukkan informasi penagihan dan pengiriman, bahkan jika alamat posnya sama.

6. Jadikan checkout mudah di semua perangkat

Praktis Payment Gateway Indonesia
Sumber gambar: Extra Digital

Menurut perkiraan eMarketers, sekitar 15 persen dari penjualan e-commerce dilakukan pada perangkat mobile dalam 2-3 tahun terakhir, dan angka itu terus meningkat. 

Saat Anda mengevaluasi opsi payment gateway Indonesia, pastikan bahwa Anda dapat memberikan pengalaman checkout aktif yang reseptif ke berbagai perangkat seluler, dan berubah sesuai dengan ukuran dan resolusi suatu perangkat.

7. Beberapa fitur untuk dipilih

Praktis Payment Gateway Indonesia
Sumber gambar: Acquire

Penyedia layanan payment gateway Indonesia menawarkan beberapa fitur, tergantung pada kebutuhan bisnis Anda. Misalnya, jika Anda perlu menawarkan produk dan layanan Anda di seluruh dunia, payment gateway Indonesia yang Anda pilih harus dapat menerima beberapa kartu kredit, kartu debit dan mata uang, berdasarkan negara yang berbeda.

8. Merchant Account

Praktis Payment Gateway Indonesia
Sumber gambar: Cloudfront

Sangat penting untuk memiliki merchant account untuk menyelesaikan saluran proses pembayaran seluruh situs web

Apa itu merchant account?

Ini digunakan ketika pelanggan melakukan pembayaran online melalui payment gateway Indonesia; uang ditransfer ke akun pengecer terpisah. Ini berbeda dengan rekening bank pedagang yang sebenarnya. Uang tunai yang disimpan dalam akun pedagang harus menunggu sampai disetujui oleh bank pemrosesan pelanggan. Setelah persetujuan, uang tersebut ditransfer ke rekening bank pedagang. Meskipun tampaknya merupakan tugas tambahan, payment gateway Indonesia yang tidak memerlukan akun pedagang, yang mentransfer uang langsung ke akun dealer, mungkin akan membebankan biaya pemrosesan yang lebih tinggi.

9. Dukungan Pelanggan 24/7

Praktis Payment Gateway Indonesia
Sumber gambar: Matob

Ada beberapa layanan payment gateway Indonesia yang tidak menyediakan dukungan pelanggan. 

Dalam situasi ini, pengguna harus mengikuti instruksi manual untuk memperbaiki masalah. Untuk menghindari situasi itu, Anda perlu memeriksa apakah penyedia menawarkan dukungan teknis langsung, setidaknya dalam jam kerja standar, sehingga Anda dapat dengan cepat menyelesaikan masalah teknis.

Nah, sudah tahu kan bagaimana tips praktis dalam memilih payment gateway Indonesia?

Menemukan payment gateway Indonesia yang tepat untuk bisnis Anda adalah proses yang memakan waktu, mengingat daftar penyedia yang luas. 

Memilih dan kemudian melaksanakan payment gateway Indonesia yang tepat tidaklah sulit atau berbatas biaya jika Anda memahami kebutuhan bisnis Anda. Yang Anda butuhkan adalah melakukan penelitian yang tepat dan mempertimbangkan faktor-faktor yang dibahas di atas, sebelum memilih dan menerapkan produk payment gateway Indonesia yang tepat untuk Anda.

Demikian artikel mengenai 10 tips praktis memilih payment gateway Indonesia. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!