WFH Adalah Cara Baru dalam Menikmati Hidup

Business Hack, Business Idea

tips kerja dari rumah
Sumber gambar: Forbes

Di tengah-tengah pandemi virus jenis baru yakni coronavirus, banyak perusahaan di dunia termasuk Indonesia menerapkan kebijakan kerja dari rumah baik secara sukarela maupun wajib. 

Ya, hal ini disebut Work From Home (WFH).

WFH adalah singkatan dari work from home yang memiliki arti bekerja dari rumah. Namun pada kenyataannya kegiatan work from home merupakan cara kerja karyawan yang berada di luar kantor. Bisa dari rumah, dari villa atau restoran sesuai dengan keinginan dan kondisi karyawan tersebut. 

Kini WFH bukan suatu privilege pada suatu pekerjaan tertentu, akibat pandemi virus korona ini, WFH adalah solusi yang diterapkan pada hampir seluruh karyawan. Hal ini merupakan salah satu bentuk aktivitas social distancing guna mengurangi risiko penularan virus corona dan untuk menjaga keselamatan karyawan.

Ya, rupanya work from home terasa seperti dunia yang sama sekali baru. WFH adalah cara bagian yang baru dalam hidup kita. 

Pada sebagian orang mungkin terasa begitu tiba-tiba meski akhirnya merasa terbiasa. Rasa terbiasa ini ternyata yang mengarahkan para karyawan pada kebosanan. Jika kamu mulai merasa bosan dalam situasi WFH seperti saat ini itu adalah hal yang normal.

WFH Adalah
Sumber gambar:Bleuwire

Namun ada kiat – kiat yang bisa anda coba untuk mengusir rasa bosan. Kiat-kiat ini akan membantu kamu memastikan bahwa kamu berhasil, baik dalam menyelesaikan pekerjaan dan menjaga kesehatan mental selama kegiatan WFH ini, berikut kiat – kiatnya!:

1. WFH adalah cara baru untuk sehat

Jangan salah, meski WFH,  kamu juga harus tetap berolahraga dan menjaga kebugaran tubuh. Untuk mendapatkan mood yang baik selama WFH, mulailah harimu dengan berolahraga dengan enerjik. Bergeraklah dan berkeringatlah meski sebentar. 

Jika kondisi tubuh kamu fit dan sehat tidak menjadi ODP atau dalam keadaan sakit, cobalah untuk berjoging di area rumah, atau sekedar jalan kaki.

2. Mandi dan jangan lupa ganti baju meski hanya di rumah

Banyak ditemukan selama masa pandemi ini, banyak orang yang lebih jarang mandi daripada biasanya, mereka beranggapan mereka tidak pergi keluar dan tidak berkeringat.

Jika kamu mengalami penurunan mood atau kurang semangat dalam menjalani hari, maka “get dressed!”

Ya, mungkin ini terdengar seperti kiat yang sederhana, tetapi ini penting. Memang sangat menggoda untuk mengenakan piyama setiap hari atau baju santai setiap saat, tapi yakinlah mood mu akan tergantung pada pakaian yang kamu kenakan.

tips kerja dari rumah
Sumber gambar: Skills Portal

Saat menggunakan piyama atau baju santai daster misalnya selama WFH, kamu akan merasa jauh lebih santai yang mengarah ke malas dan rasa tidak semangat. Nyatanya hal ini menyebabkan aktivitas kamu menjadi lambat dan akhirnya secara keseluruhan tidak produktif.

Namun bukan berarti harus berpakaian sangat formal, yang penting gunakan pakaian yang rapih dan berganti pakaian secara teratur. 

Berganti pakaian secara teratur merupakan bentuk yang sederhana sebagai pengingat dan alarm bahwa sudah waktunya untuk menyelesaikan sesuatu, tidak terus bermalas – malasan.

“Jangan meremehkan kekuatan mengenakan pakaian yang cocok pergi keluar. berpakaian membuat Anda merasa menjadi manusia dan percaya diri. Serta hal ini dapat membantu menarik batas antara berada di tempat kerja dan berada di rumah, ” ujar Heather Yurovsky seorang jurnalis di Amerika Serikat.

3. Dengarkan Podcast atau dengarkan Radio

Tanpa keriuhan dari teman kerja di sekitar , suasana kerja di rumah menjadi lebih hening, maka jadikan penyiar radio dan host podcast menjadi teman yang bisa membawa kembali mood seperti di tempat kerja.

4. Meski di Rumah, jangan lupa untuk tetap bersosialisasi

manfaat kerja dari rumah
Sumber gambar: Canadian HR Reporter

Terasa aneh memang pada mulanya, ketika banyak kantor tiba – tiba mulai untuk WFH bekerja dari rumah. Lalu tanpa kamu sadari, ada saat di mana kamu memutuskan banyak interaksi sosial yang biasa kamu lakukan sepanjang hari.

Oleh karena itu, cobalah luangkan waktu dan janjian dengan teman – teman untuk kerja bersama atau makan siang bersama melalui video call. Bisa via zoom, line group call, skype, atau whatsapp dan lain – lain yang bisa membantu kamu untuk menghilangkan rasa tidak terlalu kesepian.

Selain memecah kesepian, bersosialisasi dengan teman – teman mampu memecah kesuntukan pekerjaan yang monoton. 

“Orang-orang lupa bahwa mereka perlu berada di dekat orang lain karena itu adalah obrolan ringan dan alarm kebakaran acak yang membuat hari-hari Anda terasa unik dan mencegah perasaan hamster-wheel. Ketika Anda bekerja dari rumah, Anda tidak memilikinya” -Yurovsky.

5. Jangan melalaikan tugas – tugas rumah

Ya, menghabiskan sepanjang hari di rumah dengan bekerja, nyatanya bisa membuat kamu kadang tak menyadari betapa banyak tugas – tugas rumah yang menunggu.

Seperti lantai yang kotor tidak disapu, tumpukan cucian piring yang tidak tersentuh,  kamar yang berantakan. Maka sebelum tugas – tugas rumah ini semakin menggunun, maka jangan biarkan terlalu banyak pekerjaan rumah menumpuk yang pada akhirnya akan mengganggu pekerjaan.

WFH Adalah
Sumber gambar: Commercial Real Estate

6. Hati – hati dengan ngemil yang tidak terasa tiba – tiba sudah habis banyak

Tidak bisa dipungkiri, saat kita bekerja dalam rumah suasana santai yang menyelimuti, makan snack terlalu banyak dengan ukuran jumbo memang tidak terasa dan begitu menyenangkan. 

Bisa dikatakan WFH adalah cara kita juga untuk semakin melebar.

Ngemil tentu tidak dilarang, namun hindari ngemil dalam setiap waktu setiap jam. Memang  sangat sulit untuk menghindari godaan selama delapan jam berturut-turut. 

Sehingga untuk menghindari snacking yang berlebihan, simpanlah camilan – camilan sehat seperti sayuran cincang, buah – buahan seperti buah naga, jeruk, apel, dan lain sebagainya. 

7. Tentukan Workspace atau Home Office

Ya, memang tak bisa dipungkiri,

WFH Adalah
Sumber gambar: women love tech

Salah satu tantangan besar ketika bekerja jauh adalah menjaga pekerjaan dan kehidupan rumah untuk terpisah. Bahkan bagi sebagian orang itu menjadi sangat kabur.

Apalagi jika kamu merupakan orang yang tidak pernah benar – benar terputus dari pekerjaan, produktivitas pekerjaan kamu akan menurun dan kehidupan rumah juga dapat terkena dampaknya.

Memang, meski WFH adalah bekerja dari rumah namun membuat batasan fisik antara kerja dan rumah itu penting. Jika sudah terbiasa pergi ke kantor setiap hari, maka pemisahan antara pekerjaan dan rumah adalah hal yang fisik maka kita bisa membedakan aktivitas kita.

Maka cobalah untuk membuat ruang kerja yang kamu nyaman saat bekerja di dalamnya, yang terpenting buatlah suasana yang berbeda dengan suasana rumah sehari – hari.

Usahakan ada kursi yang bisa kamu duduki selama kurang lebih delapan jam sehari dan beberapa dekorasi. Temukan area dengan pencahayaan alami yang baik jika memungkinkan. Hal ini untuk menjaga dan mengontrol agar kamu dapat bekerja tetap secara produktif.

Saat memasuki ruang kerja yang nyaman, ternyata hal ini akan membantu kamu untuk menemukan ide baru di awal hari dan saat mulai bekerja. Hal ini juga terbukti saat keluar meninggalkan dari ruang kerja, maka suasana kerja dalam otak juga ikut “keluar”.

8. Tetap Komunikasikan Segala Sesuatu dengan Atasan

WFH Adalah
Sumber gambar: Redwigwam

Tak dipungkiri, karena suasana WFH yang terasa seperti tidak bekerja, kita bisa saja diberi tugas dan bekerja di luar jam kerja kita. Bahkan saat malam hari, terkadang pekerja tetap bekerja diluar yang seharusnya, alasannya karena ini suasana WFH.

Acap kali, karena kondisi yang saling berjauhan pun menyebabkan kita mudah overthinking dan stress. Maka, kunci untuk mengendalikan perasaan ini adalah dengan berkomunikasi dengan atasan kamu. 

Jika perlu, buatlah rencana dan negosiasi yang menguntungkan kedua belah pihak.

Nah itulah delapan tips yang bisa menjaga diri kita tetap sane saat kita melakukan kegiatan work from home. 

Tidak dapat dipungkiri, WFH adalah bagian baru dalam hidup kita.

Tetap semangat ya, semoga pandemi ini cepat berlalu dan kita bisa beraktivitas seperti sedia kala. 

Bagi Anda yang ingin mencoba memperdalam skill memasak, yuk klik di sini untuk mencari tahu resep mudah yang dapat Anda terapkan saat WFH!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!