Usaha Persewaan yang Layak Jadi Usaha Paling Sukses di Desa

Business Idea

Usaha Paling Sukses di Desa
Sumber gambar: Liputan6.com

Dalam kehidupan bermasyarakat di desa, kita ketahui banyaknya acara sosial yang diadakan oleh masyarakat desa contohnya seperti pengajian bersama, tahlilan, yasinan, musyawarah, dan lain-lain. Banyak nya kegiatan-kegiatan di desa dapat jadi peluang usaha paling sukses di desa yang menarik.

Peluang usaha tersebut berupa usaha pendukung dari kegiatan-kegiatan tersebut. Peluang usaha ini berpeluang besar dibutuhkan banyak orang dan mampu menghasilkan pendapatan dengan cepat. Oleh karena itu, persewaan sangat menjanjikan bagi masyarakat desa. Selain itu, usaha persewaan tak melulu hanya seputar pendukung kegiatan atau acara saja.  

Bagi masyarakat desa dengan mata pencaharian mayoritas penduduk yaitu pertanian, maka usaha persewaan alat pertanian juga punya peluang usaha paling sukses di desa. Alat pertanian seperti traktor, penggilingan padi, pompa air, dan lain-lain, tidak semua masyarakat desa memiliki nya. Peluang semacam ini berpotensi memiliki pendapatan yang terus meningkat dan akan selalu dibutuhkan.

Terlepas dari jenis persewaan, ide peluang usaha persewaan di desa akan terus berkembang jadi bisnis menguntungkan jika dijalankan dan ditekuni dengan baik dan kerja kerja keras. Tanpa perlu berlama-lama, berikut merupakan beberapa usaha paling sukses di desa.

penyewaan alat pertanian
Sumber gambar: Kementerian Pertanian

1. Penyewaan Alat Pertanian

Persewaan peralatan dan perlengkapan pertanian pasti sangat dibutuhkan di desa terutama di desa yang mayoritas bekerja sebagai petani. Di mana areal sawah atau ladang masih terbentang luas.

Serta sektor pertanian menjadi andalan sumber penghasilan utama. Penyewaan alat tani kian dibutuhkan oleh para petani untuk membantu pekerjaan menggarap sawah dan ladang perkebunan di tengah jumlah buruh tani yang saat ini sedikit. Selain itu, tidak semua petani memiliki peralatan tersebut guna mengolah kebun, ladang dan sawah garapan mereka.

Kelebihan rental penyewaan alat pertanian di desa adalah tidak perlu repot promosi. Orang sekampung akan tahu kita punya bisnis dari mulut ke mulut secara cepat. Peralatan pertanian apa saja yang pasti disewa oleh petani? Ini dia jenis alat pertanian yang cocok disewakan dan memiliki peluang menghasilkan keuntungan melimpah ruah.

a. Penyewaan traktor

Alat traktor biasa digunakan untuk membajak sawah saat masa tanam padi. Sistem usaha sewa alat ini adalah perhitungan sewa perhari atau per luas sawah yang dibajak.

b. Penyewaan mesin pompa air

Alat pompa air digunakan untuk memompa air guna mengairi persawahan. Cocok untuk daerah sawah tadah hujan. Sistem usaha sewa alat ini adalah tarif sewanya dihitung perjam.

c. Penyewaan alat penanam padi

Alat ini digunakan untuk menanam padi secara otomatis. Sistem sewa yang berlaku biasanya adalah Ongkos sewanya berdasar luas lahan tanah

d. Jasa penggilingan padi atau selepan padi keliling

Jasa ini biasanya ada pada saat musim panen untuk membantu petani menggiling padi. Sistem sewa yang berlaku adalah Tarifnya per-kilogram gabah atau beras yang diselep.

e. Alat penyemprot hama

Alat ini berguna untuk membantu menyemprotkan obat secara merata. Sistem sewa yang berlaku yaitu  Hitungan biaya sewanya per hari

2. Truk dan Pick Up Sewaan – Carteran

Usaha rental persewaan armada angkutan barang ini selain marak di kota juga sangat diminati sebagai usaha paling sukses di desa. Usaha ini sudah memiliki pangsa pasar yang jelas. Pelanggan tetapnya adalah para petani yang membutuhkan truk dan pick up untuk mengangkut hasil pertanian, peternakan dan perkebunan.

Selain itu, alat transportasi ini juga disewa konsumen untuk keperluan lain seperti kebutuhan carteran. Kebutuhan carteran biasanya seperti rombongan ke acara mantenan, kendurian, khitanan, piknik.

Cara menentukan biaya sewa atau carteran truk-pickup biasanya sih berdasarkan jarak tempuh kalau sekalian menggunakan jasa sopir. Jika lepas kunci, hitungan tarifnya per hari. Kelebihan rental kendaraan di desa dibanding di kota adalah resiko kehilangan relatif kecil. Biasanya penyewanya adalah tetangga sekampung yang sudah saling kenal.

3. Sewa Tenda dan Peralatan Hajatan

Sama halnya dengan persewaan carteran, usaha penyewaan alat pesta sama-sama merupakan usaha paling sukses di desa yang laris dan pasti selalu dibutuhkan. Baik masyarakat desa atau kota, masyarakat Indonesia memiliki tradisi hajatan yang cukup banyak mulai dari mengadakan resepsi perkawinan, sunatan, dan lain-lain. 

Apalagi di kampung, hajatan nikah kalau belum setel lagu dangdut (meski hanya menyetel kaset lewat suara sound system), belum lengkap. Orang kampung biasa mengasumsikan sewa tenda itu identik dengan paket keseluruhan perlengkapan pesta yaitu Sewa tenda terop, Sound system, diesel dan lampu, panggung pengantin plus dekorasi, piring, gelas dan peralatan masak, meja, kursi, dan Jasa Foto / video. 

Oleh karena itu, jika ingin melakukan bisnis ini, semua perlengkapan dan peralatan harus lengkap. Sebab, banyak orang menyewa secara borongan atau satu paket. Harga biaya sewanya juga meliputi paket semuanya. Soal untung rugi bisnis persewaan alat pesta di desa, pasti untung dong.

4. Usaha Rental Genset

Usaha rental genset masih menjadi usaha yang berkembang pesat. Genset merupakan suatu alat untuk membangkitkan listrik menggunakan tenaga diesel. Genset akan sangat dibutuhkan untuk acara-acara pernikahan, acara konser musik, dan acara-acara lainnya. Harga sewa genset yang ditawarkan kepada calon pelanggan cukup beragam. Harga rental biasanya tergantung seberapa ukuran genset tersebut dapat menghasilkan tenaga dan jenis genset yang dibutuhkan

Memulai bisnis ini memerlukan modal yang cukup untuk membeli genset  dan perlengkapannya. Tidak hanya membeli alatnya, tetapi juga wajib mengerti tentang seluk beluk genset baik penggunaanya maupun perawatannya. Agar usaha sewa genset dapat terus berjalan, sebaiknya lakukan kerjasama  pemilik event organizer atau pemilik usaha dekorasi pernikahan. Dengan begitu, kegiatan bisnis akan meningkat dan akan sangat menguntungkan buat kedua belah pihak.

5. Usaha Rental Playstation

Meskipun perkembangan dunia game terus berkembang, namun playstation masih terus diminati oleh konsumen setianya. Salah satu pangsa pasar rental playstation adalah anak remaja yang masih sekolah smp atau sma. Pada pangsa pasar inilah, masih banyak peminat playstation yang ingin bermain game seperti permainan sepak bola Pro Evolution Soccer dan FIFA. Kedua permainan ini masih diminati sebab perkembangan dunia bola yang terus menarik perhatian.

Anda dapat membuka usaha rental playstation mulai dari playstation 2, playstation 3,maupun playstation 4 .Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha rental PS yang pasti adalah ruangan, Televisi, alat playstation, dan tegangan listrik yang cukup. Ruangan yang akan anda gunakan haruslah senyaman mungkin dan bersih, Bisa juga memasang kipas angin agar ruangan tidak panas. Selain itu kamu juga dapat menjual makanan ataupun minuman di tempat rental playstation.

6. Usaha Rental Pakaian/Kostum

Pakaian yang tidak biasa dijual di toko-toko lain ini bisa menjadi salah satu prospek bisnis yang menjanjikan berupa usaha persewaan pakaian. Salah satu keuntungan yang didapat dari peluang usaha penyewaan baju ini adalah mempermudah orang yang sedang membutuhkan baju yang mana hanya digunakan sesekali. Contohnya saja pakaian untuk acara karnaval, acara wisuda, untuk drama, bahkan baju mewah untuk acara pesta .

Bagi beberapa toko persewaan baju ini biasanya hanya fokus pada beberapa jenis pakaian seperti pakaian pengantin, pakaian adat, dan sewa kostum unik. Untuk memulai usaha ini, modal awal peluang usaha sewa baju ini memang merogoh kocek untuk membuat desain baju yang biasanya diminati untuk menghadiri acara. 

Bagi bisnis sewa baju pengantin, kita harus update setiap kali ada model terbaru, begitu juga dengan kebaya yang saat ini sudah banyak model atau trend kebaya yang sedang naik daun.

Masih banyak jenis-jenis usaha penyewaan di kampung yang menguntungkan. Serta bisnis bidang jasa maupun dagang lain yang cocok dijalankan di daerah pedesaan. Jika usaha persewaan ini dikelola dengan sistem manajemen baik, hasil yang diraih sangat menjanjikan.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!