Usaha Online Shop Terlaris ditengah Wabah Virus Corona Tahun 2020

Business Idea

usaha online shop terlaris
Sumber gambar: liputan6.com

Wabah virus corona yang terjadi di Wuhan, Republik Rakyat Tiongkok pada awal tahun 2020, telah membuat sebagian bidang usaha terdampak dan merugi. Hal ini disebabkan faktor berhentinya kegiatan perdagangan Tiongkok ke beberapa negara sehingga menyebabkan berhentinya produk-produk yang berasal dari Tiongkok. Akibat wabah ini, banyak negara sudah mengantisipasi dampak-dampak yang akan dialami terutama dari segi kesehatan dan segi ekonomi. Meskipun virus corona yang masuk ke Indonesia belum lama dan baru menjangkit 4 (empat) orang saja, namun upaya-upaya mengantisipasi semakin berkembangnya wabah virus corona di Indonesia harus terus ditingkatkan. 

Dilansir dari wartaekonomi.com, salah seorang perencana keuangan memberi pandangan bahwa wabah virus corona telah banyak membuat bisnis menjadi kurang menguntungkan akibat ketidakpastian global bisa lebih terpuruk di saat bencana melanda. Dalam kondisi ini, jika memang sedang berbisnis dan keuntungan tidak didapatkan, maka kita harus mencari bisnis lain yang lebih dibutuhkan banyak orang. Karena jika kita tidak mencetak keuntungan pada bisnis, maka dampak bencana bisa semakin menyulitkan terutama bagi Anda sangat menggantungkan hidup dari usaha Anda.

Sama halnya dengan bisnis konvensional yang mengalami keterpurukan, bisnis online juga sedang mengalami hal yang sama. Hal ini dirasa menjadikan pelaku bisnis yang membuka bisnis online dan bisnis offline. Namun, hal ini bukan berarti semua produk mengalami penjualan yang menurun. Saat ini banyak pelaku bisni sedang mengamati peluang produk yang dibutuhkan seperti menentukan produk apa yang akan dijual dan target pasar. 

Maka itu, dianjurkan agar melakukan bisnis sesuai dengan kondisi dan lingkungan serta mencari tahu apa yang sedang dibutuhkan masyarakat. Terkait wabah virus corona, terdapat 8 bisnis yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan bisa menambah keuntungan. Berikut jenis bisnis yang menguntungkan saat virus corona:

bisnis masker
Sumber gambar: linetoday.com

1. Bisnis Masker

Akibat wabah virus corona yang meningkat, banyak orang yang membutuhkan masker untuk melindungi diri dari terkena virus corona. Hal ini karena penularan virus corona melalui mata, hidung, dan mulut. Saat ini menjual masker baik masker dengan harga murah atau yang mahal bisa membuat keuntungan tersendiri. Apalagi jenis masker yang memiliki ketahanan lebih rapat seperti masker N95 yang saat ini harganya meningkat pesat akibat pasokan yang terbatas. Harga masker ini sekarang sudah melambung menjadi Rp2 juta per masker.

Menjual masker saat ini bisa menjadi keuntungan karena banyak dicari orang. Apalagi permintaan masker terus meningkat. Produk masker sering banyak dibutuhkan oleh konsumen di semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja, dewasa maupun untuk orang-orang yang lanjut usia. Namun tidak menutup kemungkinan para remaja juga membutuhkan serta mencari produk ini. Agar masker yang dijual terpercaya, pastikan standarisasi yang dipakai produk masker dan sebutkan informasi yang lengkap mengenai harga, jenis masker, dan spesifikasinya.

2. Bisnis Perlengkapan Kesehatan

Membuka bisnis kesehatan saat ini sangat menguntungkan dan menjadi salah satu usaha online shop terlaris saat ini. Di saat wabah virus melanda, peralatan kesehatan sangat banyak dicari orang dimana tidak hanya di dalam negeri juga hingga ke luar negeri. Perlengkapan kesehatan seperti sarung tangan, obat-obatan mencegah flu, dan obat untuk kekebalan tubuh sangat dibutuhkan banyak antisipasi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan ketika menjadi sakit. Oleh sebab itu, produk kesehatan tersebut juga sangat laris dipasarkan di bisnis online shop dengan peminat yang relatif banyak. 

Sebelum menjual perlengkapan kesehatan tersebut, anda harus memastikan produk kesehatan disertai dengan bukti pengesahan atau kehalalan dari badan yang bertanggung jawab dan tanggal kadaluarsa dari produk kesehatan tersebut. Hal ini membantu supaya produk kesehatan yang anda jual dapat dipercaya dan aman. 

3. Ramuan Herbal

Produk jualan usaha online shop terlaris selanjutnya adalah ramuan herbal. Saat ini, banyak pemberitaan bahwa ramuan herbal yaitu empon-empon yang dikenal sebagai obat keluarga dianggap dapat menyembuhkan seseorang dari virus corona karena kemampuan empon-empon untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Memang belum ada penelitian yang menyatakan bahwa empon-empon mampu mengobati seseorang yang terkena virus corona, namun masyarakat Indonesia khususnya masyarakat jawa meyakini bahwa empon-empon memiliki khasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, produk ini sering dikonsumsi sebagai alternatif dalam memulihkan kondisi kesehatan seseorang. 

Oleh sebab itu, penjualan empon-empon baik di pasar maupun bisnis online banyak diburu oleh masyarakat saat ini. Karena itu, menjual ramuan herbal tetap masih menjadi bisnis yang menjanjikan. Bila kamu memutuskan untuk menjual produk herbal secara online, pastikan produk yang kamu jual telah memiliki sertifikat dari BPOM. Selain itu, berikan informasi yang lengkap mengenai tanaman yang dipakai sebagai obat, cara mengolah yang benar, dan aturan penggunaan obat tersebut. 

bisnis barang kebutuhan pokok
Sumber gambar: matamatapolitik.com

4. Barang Kebutuhan Pokok

Barang kebutuhan pokok atau yang biasa disingkat sembako termasuk salah satu produk usaha online shop terlaris di pasaran saat ini. Ditengah wabah virus corona yang sedang berkembang di Tiongkok, banyak pemberitaan bahwa supermarket disana mengalami kehabisan stok barang kebutuhan pokok. Hal ini akibat pembatasan barang dan orang yang masuk dan keluar dari Wuhan. 

Kondisi itu terjadi di Indonesia saat ini ketika virus corona sudah masuk ke Indonesia. Banyak warga berbondong-bondong ke pasar dan membeli barang kebutuhan pokok yang cukup banyak sehingga stok barang kebutuhan pokok di toko mulai berkurang. Alasan yang sering ditemui adalah untuk mengantisipasi bila virus corona semakin meluas dan kebutuhan pokok hanya sedikit tersedia. Produk barang kebutuhan pokok masyarakat seperti beras, gula, minyak goreng, tepung terigu, dan bahan pangan lainnya laris diserbu masyarakat. 

Anda dapat memanfaatkan peluang bisnis tersebut. Misalnya, dengan membuka toko kecil atau terlebih dahulu namun menjual barang kebutuhan pokok secara lengkap. Selain itu, bila anda berminat berjualan di bisnis online, anda dapat menjual barang kebutuhan pokok dalam bentuk paket minimal. Dalam bisnis ini, anda perlu selalu memastikan dengan pemasok terkait stok kebutuhan pokok selalu ada. Bisnis barang kebutuhan pokok ini jika ditekuni dan dikelola dengan baik tidak akan mati karena bisnis ini menyediakan kebutuhan pangan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

 5.  Produk Makanan

Bisnis makanan selalu memiliki target pasar yang luas sehingga menjadi salah satu usaha online shop terlaris. Meskipun tak semua jenis makanan bisa dijual melalui toko online karena umur masa simpannya, peluang keuntungan yang bisa Kamu dapatkan cukup menggiurkan. Beberapa produk makanan yang laris dijual secara online tahun ini adalah makanan kalengan, frozen food, dan makanan pelengkap seperti lauk pauk. 

Dengan berkembangnya virus corona saat ini, permintaan produk makanan juga meningkat seiring meningkatnya permintaan barang kebutuhan pokok. Alasannya juga sama adalah antisipasi kebutuhan makanan tercukup. Dalam menjual produk makanan, anda harus siap dengan kompetitor yang akan kamu hadapi cukup banyak, termasuk mereka yang berjualan di toko kelontong. Karena itu, perhatikan keunikan produk yang akan dijual. Misalnya membuka toko online yang khusus menjual paket produk frozen food dengan harga lebih miring. Selain itu, perhatikan kualitas produknya seperti izin dari BPOM, sertifikat halal dari MUI, maupun tanggal kadaluarsanya.  

6.  Bisnis Emas

Ditengah virus corona yang tengah berkembang di dunia, permintaan emas sedang meningkat. Sebenarnya emas bukanlah barang yang sedang dibutuhkan oleh banyak orang. Namun, permintaan emas meningkat karena didorong oleh motif investasi. Emas batangan atau logam mulia merupakan salah satu instrumen investasi yang diminati banyak orang. Selain karena harganya yang cenderung naik, investasi ini juga dinilai aman karena tidak tergerus oleh inflasi. Karena kestabilan harga terhadap inflasi, emas menjadi barang investasi yang diminati saat ini.  

Apalagi saat ini emas melonjak ke level tertinggi lebih dari dua minggu dipicu masalah virus corona, yang mendorong pembelian aset logam mulia. Harga emas di pasar spot pada Jumat akhir pekan lalu, meningkat 0,15% menjadi USD1.572,6 per ons. Ini merupakan catatan tertinggi sejak November 2019 kemarin. Jadi, emas selalu menjadi bisnis investasi yang dipastikan akan mengalami sedikit kerugian, baik dalam situasi apapun. 

Nah, itulah 6 jenis produk di atas adalah jenis produk yang laku sebagai usaha online shop terlaris saat ini. Laku atau tidaknya produk di pasaran tergantung dari daya beli masyarakat dan tren yang terjadi di masyarakat. Ketika saat ini virus corona menjadi momok bagi masyarakat, maka produk kesehatan dan produk barang kebutuhan pokok merupakan barang yang sedang diburu masyarakat.

Perlu Anda ketahui, jika Anda sebagai konsumen Anda harus bijak dalam membeli barang. Belilah produk kesehatan dan barang kebutuhan pokok secukupnya sebab hal ini akan berpengaruh pada stok kedu produk dalam bulan-bulan depan. Terlebih, sebentar lagi ada bulan puasa dimana barang kebutuhan pokok juga pasti akan kembali diserbu. Bagi Anda sebagai pelaku bisnis, memanfaatkan peluang bisnis yang ada dengan tidak melupakan etika sebagai produsen yang baik. Perhatikan kualitas produk dan jangan gunakan kesempatan ini sebagai ajang cari untung setinggi-tingginya. Ambillah untung secukupnya. Semangat berbisnis.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!