Ulasan Razer Opus X, latensi minimal dan cocok untuk multimedia

Razer Opus X memiliki fitur latensi minimum hingga 60ms. Belum lagi fungsi Active Noise Cancellation yang mampu memblokir kebisingan sekitar.

Ulasan Razer Opus X, latensi minimal dan cocok untuk multimedia

Kualitas suara yang bagus saat bermain game adalah salah satu faktor penting untuk kemenangan. Selain itu, performa suara yang andal akan meningkatkan pengalaman bermain game lebih optimal lagi. Salah satu perangkat audio yang digunakan untuk bermain game adalah headphone, sehingga hanya kita yang dapat mendengar suara game tersebut tanpa mengganggu orang lain.

Headphone nirkabel membantu bermain game di ponsel Anda lebih bebas karena tidak terganggu oleh kabel. Namun, perlu diingat bahwa headphone gaming nirkabel memerlukan latensi rendah sehingga Anda dapat mendengar audio dalam game secara real-time tanpa jeda.

Razer Opus X adalah headphone dengan latensi minimal hingga 60ms. Belum lagi fungsi Active Noise Cancellation yang mampu memblokir kebisingan sekitar. Selain digunakan untuk bermain game, Razer Opus X juga didesain untuk mendengarkan musik. Berikut adalah hasil review saya.

Bentuk ergonomis

Berat total Opus X adalah 270 gram, yang tidak terlalu berat untuk penggunaan jangka panjang. Bantalan kepala di bawah ikat kepala menawarkan kenyamanan saat dipakai. Walaupun busa bantal ini tidak terlalu tebal, tapi bisa membuat kepala saya nyaman. Lapisan tambahan bantal ini terbuat dari kulit imitasi, sehingga tidak licin.

Sedangkan bantalan setiap cup telinga sedikit lebih tebal dari bantalan kepala. Busa di dalamnya juga lebih lembut, yang lebih nyaman bagi pemakai kacamata karena tidak terlalu menekan mereka. Sayangnya, bahan yang digunakan untuk melapisi busa earcup tidak ringan untuk menyerap keringat.

Namun, saya menyukai desain yang ditawarkan oleh headphone Razer baru ini. Hal ini karena kedua driver case (kiri dan kanan) beserta engselnya cukup fleksibel untuk mengakomodasi bentuk pelipis wajah dan tulang di sekitar telinga. FYI, headphone Opus X memiliki desain over-ear. Cangkang drivernya menutupi telinga, dan desain ini juga secara andal melindungi secara pasif dari kebisingan eksternal.

Perbesar gambar

Razer telah memasang kedua rumah pengemudi dengan engsel yang memungkinkannya berputar ke kiri dan ke kanan sekitar 90 derajat. Ada juga engsel yang memungkinkan tubuh pengemudi dapat digerakkan ke atas dan ke bawah dengan sudut sekitar 10 hingga 15 derajat. Juga, Anda dapat menyesuaikan panjang ikat kepala agar sesuai dengan ukuran kepala Anda. Semua mekanisme ini memungkinkan kenyamanan dan penyesuaian ukuran.

Perbesar gambar

Hampir seluruh bodi Opus X terbuat dari plastik. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah plastik yang digunakan berkualitas tinggi, sehingga terasa sangat kokoh. Engsel untuk memperpanjang (atau memperpendek) ikat kepala adalah logam. Padahal, seluruh mekanisme engsel sudah banyak digunakan pada headphone di kelasnya. Intinya, bagaimanapun, Razer tetap ingin menawarkan kenyamanan optimal kepada penggunanya

Sumber :