Tips Sukses Memulai Bisnis Buket Bunga bagi Mahasiswa Pemula.

Business Hack

bisnis untuk mahasiswa pemula
Sumber gambar: hipwee.com

Pernahkah anda menghadiri acara-acara seperti wisuda, pernikahan, dan ulang tahun dari teman, sahabat, keluarga, atau orang terdekat? Ada satu hal menarik yaitu banyak hadiah yang diberikan pada saat momen ini dengan buket bunga. Memberikan hadiah dengan buket bunga saat ini menjadi tren bagi masyarakat perkotaan. Masyarakat di kota-kota besar beranggapan bahwa buket bunga merupakan bentuk rasa simpati yang mereka tunjukkan kepada rekan mereka yang merayakan hal spesial.

Oleh sebab itu, bisnis buket bunga sedang berkembang di kota-kota besar Indonesiam dan diminati sebagai bisnis untuk mahasiswa pemula. Hal ini dikarenakan seringnya masyarakat perkotaan yang mengadakan berbagai acara seperti seminar, wisuda, pernikahan dimana permintaan akan  buket bunga sangat tinggi. Makanya bisnis ini telah menjadi bisnis yang menjanjikan. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis untuk mahasiswa pemula. dimana bisnis dengan mudah serta bisa dijalankan di rumah. 

Walaupun tingkat resiko yang ada pada bisnis buket bunga ini cukup tinggi, dikarenakan bunga merupakan benda hidup yang lama-kelamaan bila didiamkan akan cepat layu dan mati. Namun bila mampu mencoba dan belajar dalam menjalankan usaha bunga ini dengan baik dan benar maka resiko tersebut bisa diminimalkan.

Agar Anda sukses menjalankan bisnis ini, berikut di bawah ini beberapa tips yang bisa diterapkan dalam memulai bisnis buket bunga untuk mahasiswa pemula

1. Tentukan Target Pasar

Target pasar bisnis buket bunga untuk mahasiswa pemula adalah masyarakat perkotaan yang membutuhkan buket bunga untuk mengucapkan rasa selamat atau bela sungkawa, acara-acara pernikahan, seminar, kematian, wisuda dan sebagainya. Rata-rata pembeli buket bunga adalah masyarakat kelas menengah. Contohnya seperti mahasiswa, para pengusaha, eksekutif, pejabat pemerintahan, dan tokoh politik. Kelas menengah tersebut tidak sensitif terhadap harga. 

Apabila anda mampu memproduksi buket bunga yang berkualitas dan menarik serta layanan yang baik, maka konsumen Anda dapat menjadi pelanggan setia. Kemudian. mereka pasti akan menggunakan jasa buket bunga anda. Selain itu, hal utama dari buket bunga adalah menghadirkan rasa menarik dan indah pada buket. Oleh sebab itu, buket bunga harus dibuat sesuai bentuk dan wujud buket yang diketahui oleh target pasar. Bila tidak, tentu buket bunga yang dijual kurang diminati

2. Kerjasama dengan Pemasok Bunga

kerjasama dengan pemasok bunga
Sumber gambar: allessciafarm.com

Kerjasama merupakan hal yang penting dalam menjalankan bisnis, Anda harus menemukan pemasok bunga agar dapat memasok kebutuhan bunga yang dibutuhkan dan usaha dapat berjalan. Hal itu dikarenakan, tidak mungkin untuk menyediakan bunga sendiri dengan menanamnya, Sebelum melakukan kerjasama dengan pemasok bunga, lakukanlah survei terlebih dahulu untuk menentukan pemasok bunga Anda. Jangan asal memilih pemasok, supaya terhindar dari pasokan kualitas bunga yang buruk dimana akan berdampak pada usaha Anda. 

Carilah pemasok yang menyediakan bunga dengan kualitas baik.  Hal ini dapat diketahui dengan bertanya terlebih dahulu kepada pelaku usaha buket bunga yang telah berdiri sebelumnya untuk menemukan pemasok bunga yang berkualitas.Jika telah menemukan pemasok tersebut, jadikanlah mereka sebagai mitra Anda dalam kerjasama. Bukan tidak mungkin anda akan mendapatkan kemudahan berupa berupa antar bunga langsung, memperoleh potongan harga dari bunga,

3. Tentukan Lokasi yang Tepat

Bisnis buket bunga sangat cocok dijalankan di perkotaan. Hal ini karena kota besar terdapat masyarakat kelas menengah yang membutuhkan hadiah buket bunga untuk acara seperti pernikahan, kematian, wisuda dan lain sebagainya. Apabila Anda berencana mendirikan toko buket bunga, pilihlah tempat yang strategis dan mudah diketahui banyak orang. Contohnya seperti  jalan raya, pusat pemberlanjaan, tempat ibadah, krematorium, kuburan, atau kampus. 

Dengan pemilihan lokasi yang strategis, maka usaha buket bunga anda semakin dikenal dan konversi transaksi akan besar terjadi. Selain di lokasi yang mudah dijumpah, lokasi toko buket bunga dapat didirikan ditengah-tengah kota. Hal ini bertujuan untuk memudahkan akses pengantaran. Keuntungan akan anda dapatkan adalah akses yang mudah untuk mengantar buket bunga ke berbagai pelanggan.

penambahan karyawan
Sumber gambar: daulatdesa.com

4. Penambahan Karyawan

Menambah karyawan dapat membantu meringankan beban Anda dalam menjalankan bisnis. Pada usaha buket bunga, terdapat dua posisi pekerjaan yang pasti dibutuhkan yaitu pengantar pesanan dan perangkai buket bunga. Pertama, anda harus merekrut orang yang bertugas mengantarkan pesanan bunga kepada pelanggan Karyawan tersebut harus mampu membawa kendaraan dengan baik yang dibuktikan dengan kepemilikan SIM dan memahami jalan dan peta perkotaan agar mudah mengetahui alamat pengantaran pesanan .

Kedua, Anda membutuhkan karyawan yang dapat merangkai buket bunga. Untuk posisi perangkai bunga, anda harus memilih orang yang memiliki kreativitas yang tinggi. Karyawan yang memiliki kreativitas yang tinggi akan mampu untuk melahirkan karya-karya yang brilian yang akan mendukung perlembangan usaha anda. Kemudian, berikan mereka pelatihan dasar tentang cara merangkai bunga yang baik, latihlah mereka dengan sabar dan tidak terburu-buru. Dikarenakan merangkaiSumber gambar: daulatdesa.com bunga memerlukan keterampilan.

5. Sediakan Jasa Antar Pesanan

Pemilik bisnis bunga dituntut untuk mengantar pesanan buket yang dipesan oleh pelanggan. Jasa pengiriman buket bunga merupakan pelayanan yang harus Anda perhatikan dengan sangat ketat. Jika pengantaran pesanan buket dilakukan oleh karyawan, maka Anda selaku pemilik usaha harus menekankan kepada karyawan pentingnya ketepatan waktu.

Selain itu, selaku pemilik usaha juga sebaiknya mengetahui lalu lintas tempat Anda menjalankan usaha. Pahami jam-jam sibuk yang berpotensi mengalami kemacetan. Sebagai cara alternatif, Anda dapat mencari jalan-jalan lain yang bisa Anda lalui untuk mencapai pelanggan. Kemacetan merupakan salah satu faktor anda telat mengantarkan buket bunga. Lebih bijak jika anda mengantar buket bunga tidak pada jam-jam sibuk perkotaan.

6. Promosi Usaha Buket Bunga Anda melalui Media Sosial

Saat ini, melakukan promosi dapat dilakukan dengan media sosial dan website. Hal ini penting agar usaha buket bunga anda semakin dikenal untuk mendapatkan Gunakan Instagram sebagai media sosial untuk melakukan promosi usaha. Upload foto buket bunga dengan semenarik mungkin agar pelangan tertarik dengan usaha anda. Selain itu, sediakan juga informasi tempat usaha dan kontak anda agar para pelanggan mudah untuk melakukan pemesanan bunga bunga.

Selain itu, gunakanlah pula website sebagai sarana anda dalam mempromosikan usaha buket bunga yang Anda rintis. Jelaskan secara rinci harga sewa paket buket bunga, harga satuan bunga dan contoh buket bunga yang telah anda rangkai. Cara seperti ini efektif agar pelanggan dapat mendapatkan gambaran bentuk buket yang diinginkan.

7. Promosi Usaha Buket Bunga secara Konvensional

Walaupun teknologi bisa mendukung promosi usaha anda, namun jangan pernah melupakan promosi secara konvensional. Manfaatkan brosur dan banner untuk mengenalkan usaha buket bunga anda. Tempatkan banner di setiap sudut kota yang dekat dengan lokasi toko buket bunga anda agar mudah dilihat oleh para pelanggan anda. Selain itu, sediakan brosur untuk memuat informasi mengenai harga paket buket bunga, harga satuan bunga, dan konta toko agar dapat dicatat oleh konsumen

Selain melalui media fisik, Anda bisa juga menawarkan usaha anda melalui mulut ke mulut. Saranya adalah dengan menawarkan jasa kepada teman-teman anda. Teman yang anda kenal akan lebih percaya dengan usaha anda karena adanya hubungan baik yang telah anda bangun dengan mereka. Jika teman anda merasa puas dengan jasa anda, mereka pasti dengan sendirinya merekomendasikan jasa anda kepada orang lain yang mereka kenal. Inilah yang disebut dengan kekuatan promosi dari mulut ke mulut.

Ini lah 7 tips untuk membangun bisnis buket bunga bagi mahasiswa pemula yang dapat anda jadikan motivasi dalam membangun usaha buket bunga. Meski saat ini sudah banyak pelaku usaha yang memiliki bisnis buket bunga oleh mahasiswa pemula. Namun, jangan kuatir mengenai jumlah pembeli, karena pembeli yang membutuhkan pasti selalu ada. Anda hanya perlu memastikan produk buket bunga anda berkualitas dan pelayanan nya baik. 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!