Tips Sukses Gabung Bisnis Online Fashion

Business Hack

gabung bisnis online fashion
Sumber gambar: Pinterest

Dewasa ini, ada banyak hal yang dapat dijadikan peluang usaha. Mulai dari bisnis makanan, perabot rumah tangga, sampai dengan kebutuhan tersier, termasuk di antaranya fashion. Berbicara mengenai bisnis fashion tentu saja tidak akan ada habisnya. Sebab fashion adalah bidang usaha yang tidak ada matinya.

Setiap tahunnya, mode fashion terus mengalami perubahan. Inovasi-inovasi mengenai fashion terus diciptakan, sehingga perubahan itu terus terjadi mengikuti apa yang saat ini sedang digemari oleh masyarakat. Apalagi di dunia tanpa batas sekarang, mode fashion di belahan dunia lain bisa diikuti oleh banyak negara-negara lainnya karena cepatnya akses informasi yang ada.

Seperti halnya, mode fashion yang mengikuti trend Hallyu Wave” atau biasa disebut dengan demam Kpop yang sedang merajai anak-anak muda tanah air. Selain menikmati musik-musik yang dilantunkan boys group dan girls group asal negeri ginseng tersebut, anak-anak muda khususnya para kaum hawa juga turut mengikuti trend fashion yang berkembang di Korea Selatan. Jadi tidak mengherankan apabila muncul bisnis-bisnis online fashion yang memiliki konsep ala Korea Selatan.

Tidak hanya sampai disitu saja, baju-baju batik yang merupakan asli warisan nenek moyang Indonesia pun turut mengalami perkembangan pesat. Ada banyak inovasi yang dilakukan agar batik tidak lagi dikenal sebagai produk  fashion yang kaku. Akan tetapi, dapat dipakai dalam keseharian bahkan di acara santai sekalipun.

Berkaca dari perkembangan fashion yang tidak ada habisnya tersebut, maka tidak salah bagi anda untuk mencoba peluang dengan gabung bisnis online fashion dengan mengikuti tips sukses berikut ini.

1. Menentukan Target Pemasaran

Tips sukses gabung bisnis online fashion yang pertama adalah menentukan target pemasaran. Target pemasaran di sini berarti adalah menentukan pelanggan yang akan anda tuju. Hal ini penting untuk selanjutnya menentukan produk apa yang kira-kira akan anda jual.

Bila anda tertarik untuk merintis bisnis online fashion dengan sasaran anak-anak muda, anda bisa menjual produk-produk fashion dengan konsep yang fresh. Tujuannya agar menyesuaikan karakter anak-anak muda yang memiliki jiwa-jiwa petualang.

Dengan demikian, bisnis online fashion yang anda rintis memiliki jalur yang terarah. Hal tersebut juga akan mempermudah anda dalam memasarkan produk karena anda memiliki target pemasaran yang jelas.

2. Mengikuti Trend di Masyarakat

Bisnis fashion tidak akan berhasil apabila anda ketinggalan zaman. Hal tersebutlah yang membedakan bisnis fashion dengan bisnis-bisnis yang lainnya. Anda tidak bisa konsisten pada produk fashion yang anda minati saja, tetapi anda perlu mencari tahu apa yang saat ini sedang trend di masyarakat.

Contohnya saja, apabila anda menggeluti bisnis pakaian, anda perlu mencari tahu model pakaian seperti apa yang saat ini sedang dicari oleh masyarakat. Apakah pakaian dengan model yang simple atau yang memiliki banyak hiasan. Hal itu juga berlaku bila anda menggeluti bisnis sepatu.

Anda juga harus jeli mencari tahu model sepatu seperti apa yang saat ini sedang diminati oleh masyarakat. Apakah sepatu dengan model ramping atau besar dengan model daddy shoes.

Tujuan dari mengikuti trend di masyarakat tentu saja jelas agar bisnis yang anda rintis dapat terus bersaing dengan bisnis fashion yang lain. Jika anda selalu mengikuti trend yang ada, online shop anda akan terus memiliki pelanggan.

3. Melakukan Strategi Pemasaran yang Tepat

melakukan strategi pemasaran yang tepat
Sumber gambar: Pinterest

Tips sukses gabung bisnis online fashion selanjutnya adalah melakukan strategi pemasaran yang tepat. Tips ini tidak kalah pentingnya dengan tips-tips yang sebelumnya telah diberikan karena melalui strategi pemasaran yang tepat anda akan dapat menjaring pelanggan sebanyak mungkin.

Jika anda melakukan strategi pemasaran yang salah, besar kemungkinan bisnis yang anda rintis akan gagal. Bisa disebabkan karena anda salah sasaran dalam memasarkan produk fashion yang anda jual. Bisa juga disebabkan karena anda kurang gencar dalam mempromosikan online shop anda, sehingga online shop anda kurang diketahui oleh masyarakat luas.

Oleh sebab itu, anda perlu untuk mengikuti langkah strategi pemasaran yang tepat untuk mensukseskan bisnis fashion yang anda rintis. Anda bisa memulai dengan memasarkannya melalui teman-teman terdekat anda dengan memperkenalkan produk-produk yang anda jual kepada teman-teman anda.

Anda juga bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada dengan gencar mempromosikan online shop anda melalui sosial media, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan sebagainya. Caranya dengan melakukan iklan atau dengan konsisten men-update online shop anda.

Semakin banyak masyarakat yang mengetahui mengenai online shop anda, semakin besar pula kemungkinan anda memiliki banyak pelanggan. Akan tetapi, anda juga harus menawarkan produk-produk yang menarik serta memberikan pelayanan yang baik agar calon pelanggan tertatik dan senang berbelanja di online shop anda. Mudah untuk dilakukan bukan?

4. Melakukan Kerja Sama dengan Influencer

Pernahkah anda merasa tertarik dengan produk yang ditawarkan oleh influencer yang anda ikuti di sosial media? Ataukah anda pernah mendengar sebuah produk bisa laku keras di pasaran setelah ditawarkan oleh influencer terkenal?

Nah, cara tersebut juga bisa anda lakukan untuk meningkatkan angka penjualan bisnis online shop fashion anda. Maka dari itu, tips sukses gabung bisnis online fashion selanjutnya adalah melakukan kerja sama dengan influencer.

Cara ini bisa terbukti efektif untuk mempromosikan produk yang anda jual. Melalui influencer yang memiliki ratusan ribu bahkan jutaan pengikut, produk fashion anda yang mereka promosikan bisa diketahui oleh para pengikut influencer yang anda pilih untuk  bekerja sama.

Di samping itu, pengaruh dari influencer ini juga akan sangat berpengaruh pada tingkat penjualan online shop anda. Sebab jika dikenalkan oleh influencer terkenal, orang-orang cenderung memiliki kepercayaan bahwa produk yang mereka tawarkan adalah produk yang bagus. Dengan begitu, orang-orang akan ingin untuk membeli produk fashion yang anda jual.

5. Memberikan Diskon untuk Produk Fashion Anda

memberikan diskon produk
Sumber gambar: Pinterest

Diskon adalah hal yang paling dinanti oleh setiap calon pembeli. Sebab mereka dapat menghemat pengeluaran yang mereka keluarkan untuk membeli produk yang mereka butuhkan atau inginkan.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk rutin memberikan diskon. Alasannya untuk menarik minat pelanggan untuk membeli produk fashion yang anda jual dengan iming-iming harga yang ditawarkan lebih murah dari sebelumnya.

Anda bisa memberikan diskon pada saat-saat spesial, seperti ulang tahun online shop anda, atau hari-hari raya di mana orang-orang membutuhkan produk fashion. Hari-hari raya itu bisa saat hari raya lebaran atau hari raya natal. Momen akhir tahun juga bisa menjadi saat pilihan anda untuk memberikan diskon pada produk yang anda jual.

Dengan rutin memberi diskon, tingkat minat calon pembeli untuk membeli produk fashion yang anda tawarkan akan menjadi lebih besar. Target penjualan pun bisa dengan tercapai dengan mudah.

Tips-tips di atas akan sangat berguna untuk membantu anda sukses saat gabung bisnis online fashion. Sebab gabung bisnis online fashion memerlukan strategi yang tepat agar bisnis fashion yang anda rintis dapat berhasil dan menghasilkan keuntungan yang besar. 

Klik di sini untuk membaca mengenai cara gabung bisnis online fashion dengan merek sendiri!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!