Tips Sukses Belajar Bisnis dengan Mudah dan Sederhana

Business Hack

belajar bisnis
Photo by Andrew Neel on Unsplash

Banyak orang yang punya keinginan untuk memiliki bisnis sendiri, tapi merasa bingung dari mana harus memulai dan dari siapa harus belajar bisnis. Banyak juga yang ingin mencoba berbisnis lalu menjadi ragu-ragu karena membayangkan membuka usaha yang terlihat rumit. Ya, memang kenyataan membangun sebuah bisnis tak semudah membalikkan telapak tangan. Tidak sedikit orang yang jatuh bangun serta dengan mudahnya gulung tikar saat mencoba peruntungan dari bisnis. Tapi tidak sedikit juga yang konsisten melakukan perbaikan dan membuahkan hasil yang memuaskan.

Untuk berbisnis, memang dibutuhkan nyali yang kuat dan sikap pantang menyerah agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Sayangnya, yang terjadi kerap kali berbanding terbalik dengan apa yang diinginkan. Banyak batu sandungan yang tidak bisa dihindari oleh pebisnis, dan itulah yang akan membuat bisnis tersebut menjadi kuat. Tetapi, ternyata tak semua bisnis itu sulit dijalankan lho! Ada banyak jenis bisnis yang sebenarnya mudah untuk dijalankan, bahkan hanya membutuhkan modal yang relatif murah, kemauan untuk terus belajar bisnis, dan waktu yang memang disediakan untuk mendalami bisnis tersebut.

Jika Anda benar-benar ingin terjun di dunia usaha, jangan ragu, mantapkan niat dan lakukan. Aksi akan sangat dibutuhkan disini, bukan hanya sekedar kata-kata atau rencana. Meskipun berbisnis pada dasarnya tidak mudah, tetapi hal itu bisa dipelajari dengan adanya niat yang kuat karena ternyata bisnis juga ada ilmunya. Proses belajar akan jauh lebih mudah dan menyenangkan dengan adanya niat yang sungguh-sungguh dan semangat yang terus membara. Temukan suatu hal yang sangat memotivasi Anda sehingga tak mudah bagi Anda untuk menyerah saat terganjal rintangan di tengah jalan.

Jika Anda semangat dan terus bergerak menuju perbaikan yang terus menerus, apa yang Anda inginkan tidak akan tertunda-tunda. Semua bisa terwujud dengan cepat dengan tekad yang kuat. Berikut tips belajar bisnis dengan mudah dan sederhana yang bisa Anda jadikan langkah awal untuk mewujudkannya dan meraih sukses. Tips ini bisa disesuaikan dengan kondisi dan jenis bisnis yang akan Anda jalani. Selamat belajar dan semangat berbisnis!

Ubah pola pikir menjadi seperti pebisnis sukses

Hal yang pertama kali harus Anda perhatikan adalah pola pikir atau mindset. Memiliki pola pikir atau mindset seperti para pebisnis sukses akan membantu Anda untuk menggapai kesuksesan yang diimpikan. Pola pikir ini akan menjadi dasar dari segala keputusan dan tindakan yang akan Anda lakukan dalam menjalankan sebuah bisnis. Pola pikir ini akan mengubah cara pandang Anda mengenai bisnis, sehingga Anda lebih bisa menikmati proses dan mau belajar dari kesalahan yang dialami untuk menjadi lebih baik. Mengubah pola pikir dapat dilakukan dengan cara berhenti mempercayai mitos yang mengatakan kalau bisnis itu terlalu berisiko, bisnis itu hanya membuat orang bangkrut, dan lainnya. Jauhkan pemikiran negatif ini dan fokus pada hal-hal positif yang akan mengantarkan Anda kepada kesuksesan yang Anda impikan.

Jangan malu memulai bisnis dari level yang rendah

Banyak orang yang merasa ragu atau malu saat awal-awal merintis bisnis mereka. Padahal tak semua hal bisa langsung menjadi besar lho di awal-awal. Kita harus sabar untuk berproses sedikit demi sedikit menuju ke sesuatu yang besar. Hidup saja ada tingkatannya, sama seperti ketika menjalankan bisnis. Ada level bawah, menengah, dan level atas. Sebelum membangun bisnis yang besar, Anda harus memulai bisnis yang kecil terlebih dahulu. Karena hal yang besar pasti diawali dengan sesuatu yang lebih kecil. Dengan begitu kita akan mengerti lebih dalam mengenai bisnis yang akan kita jalani. Misalnya dalam bisnis online, Anda bisa memulai dari reseller. Setelah itu Anda lama-kelamaan akan menjadi produsen. Ingat, kesuksesan tidak diperoleh dalam semalam, tapi membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun karena semuanya butuh proses yang amat panjang. Jaga semangat dan kerja keras Anda agar bisnis menuai kesuksesan. Konsistensi dan perbaikan berkelanjutan sangat dibutuhkan disini. Anda akan diuji pada saat-saat yang sulit. Yakinlah, karena dibalik setiap kesulitan pasti selalu ada kemudahan dan akan membuat diri kita menjadi naik kelas.

Banyak baca buku seputar bisnis

Buku adalah jendela dunia, pepatah ini memang benar adanya. Meskipun internet sudah menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan, termasuk informasi seputar bisnis, tapi nyatanya Anda masih harus meluangkan waktu untuk membaca buku. Kenapa? Karena buku bisa memperkaya otak kita dengan berbagai ide dan solusi. Informasi yang tertuang di buku jauh lebih lengkap dan mendalam. Salah satu buku seputar bisnis yang bisa Anda jadikan referensi dalam belajar bisnis adalah Think Rich and Grow Rich karya Napoleon Hill. Buku ini berisi tips-tips seputar bisnis yang tertulis secara detail. Dengan membaca buku ini, pola pikir Anda mengenai bisnis pun akan ikut berubah. Selain itu juga banyak pengusaha-pengusaha sukses di Indonesia yang menuliskan kiat-kiat membangun bisnis mereka dari nol. Misalnya buku Scale Up karya Alfan Robbani dan Afrig Wasiso. Semua tentang scale up bisnis dibahas disana dengan terperinci dan related dengan pengusaha-pengusaha di Indonesia. Perbanyaklah membaca buku, karena investasi untuk “leher ke atas” tidak akan sia-sia.

Berkumpul dengan para pebisnis dan orang sukses

Berkumpullah dengan orang-orang yang bisa membawa Anda ke “atas”. Jika kita ingin sukses, coba perhatikan siapa yang ada di lingkaran pertemanan kita. Percaya atau tidak, bergaul dengan orang yang itu-itu saja tidak akan membuatmu berkembang. Ibaratkan api unggun, kalau tidak diperciki minyak tambahan, nyala apinya tetap sama dan perlahan-lahan mengecil lalu mati. Padahal dengan memperluas pergaulan, ada banyak pelajaran dan pengalaman yang akan didapat. Pelajaran dan pengalaman inilah yang bisa Anda terapkan untuk membangun bisnis yang kuat. Pertanyaannya, bagaimana menjalin relasi dengan para pebisnis? Mudah saja. Saat ini, ada berbagai macam forum atau grup yang diisi oleh pebisnis sukses. Jika Anda memiliki teman yang berprofesi sebagai pebisnis, mintalah bantuannya untuk memasukkan Anda ke dalam forum tersebut. Alhasil informasi yang didapat menjadi lebih banyak dan up to date. Ruang Bisnis ini juga didesain untuk menghubungkan Anda ke orang-orang sukses untuk berbagi pengalaman mereka. Ingat, Anda akan menjadi seperti orang-orang yang ada di sekitar Anda. Jadi pilihlah dengan bijak.

Bermimpilah setinggi langit

Coba renungkan, sudah setinggi apa mimpi Anda? Kalimat “jangan mimpi terlalu tinggi, akan sakit kalau terjatuh dan tidak kesampaian” tidak berlaku bagi para pebisnis. Karena bagaimanapun juga, sebuah kesuksesan bermula dari sebuah mimpi. Tanpa mimpi, bisnis akan begitu-begitu dan tidak berkembang. Dengan bermimpi Anda akan memiliki gambaran yang jelas sehingga Anda mampu merancang tahapan-tahapan bisnis terbaik agar gambaran tersebut menjadi kenyataan. Namun ingat, dibalik mimpi yang tinggi Anda harus memiliki mental seperti baja karena dunia bisnis itu kejam. Tidak semua hal berjalan mulus seperti yang sudah direncanakan. Ada saat dimana Anda akan menghadapi banyak masalah yang berujung pada kegagalan. Tapi dengan mental baja, Anda mampu bangkit dari kegagalan, melakukan perbaikan terus-menerus dan mengubahnya menjadi kesuksesan. Ingat, mimpi Anda memang harus tinggi. Tapi eksekusi harus tetap jalan dengan proses yang terperinci.

Meluangkan waktu untuk riset

Kalau bisa dibilang, banyak pebisnis yang nekat membuka bisnisnya tanpa melakukan riset terlebih dahulu sebelumnya. Riset ini tidak perlu terlalu ribet dan memakan waktu yang sangat lama. Tentukan saja tujuan Anda dan lakukan riset seefisien mungkin. Ingat, apa yang Anda sukai belum tentu disukai orang lain. Untuk inilah riset diperlukan untuk mengetahui selera konsumen agar produk yang akan ditawarkan laku di pasaran. Begitu juga dengan cara pemasaran produk Anda yang harus disesuaikan dengan target pasar Anda. Untungnya era sudah semakin canggih, Anda dapat mengandalkan internet agar pelaksanaan riset lebih mudah, efektif, dan efisien. Jika penelitian dari internet belum memuaskan, Anda bisa terjun langsung ke lapangan seperti melakukan sesi wawancara, mengambil sampel data, atau mengamati pola kebiasaan masyarakat agar informasi yang didapat lebih detail dan akurat. Riset yang matang akan mempermudah Anda dalam pengambilan keputusan karena semua sudah berdasarkan data yang ada di lapangan. Jangan hanya di awal, Anda bisa melakukan riset sesuai dengan perkembangan pasar yang terus berubah-ubah.

Ikuti seminar kewirausahaan

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengikuti berbagai seminar-seminar bisnis sebagai sarana belajar bisnis lainnya. Saat ini banyak sekali yang menawarkan seminar-seminar kewirausahaan, mulai dari yang gratis sampai dengan yang berbayar tinggi. Dengan mengikuti seminar, Anda pun akan memperoleh banyak pengetahuan dan pengalaman dari pakar atau pelaku usaha yang lebih dahulu sukses. Banyak juga seminar berkualitas yang tidak hanya mendengarkan, tapi kita juga akan diajak praktek bisnis atau pengembangan diri. Ada berbagai jenis seminar yang bisa bermanfaat untuk Anda dan bisnis Anda misalnya tentang membangun mindset sukses, bagaimana membangun tim yang handal, bagaimana menjadi pemimpin perusahaan yang sukses, sampai seminar-seminar yang membahas mendetail mengenai teknis bisnis itu sendiri. Di tempat seminar ini pula Anda bisa menambah jaringan pergaulan Anda dengan para pebisnis lain. Bisa dibilang seminar-seminar ini adalah tempat yang ideal untuk melakukan networking bisnis Anda. Salah satu manfaat yang juga besar adalah Anda bisa belajar dari kesalahan-kesalahan pebisnis lain tanpa harus melaluinya sendiri. Tapi ingat, pilih seminar dan pemateri yang berkualitas serta sudah terbukti usahanya.

Itulah 7 tips sukses untuk Anda yang ingin belajar bisnis. Jangan lupa untuk melakukan perencanaan untuk bisnis Anda. Tapi ingat, perencanaan tersebut harus dilakukan seefisien mungkin. Yang paling penting dalam membangun sebuah bisnis adalah eksekusi dan konsisten melakukan perbaikan terus-menerus. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat bagi Anda. Semangat berbisnis, see you on top!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!