Tips Cara Buka Toko Online untuk Pemula

Business Hack, Marketing

cara buka toko online
Sumber gambar: Pinterest

Bergelut dalam dunia usaha memang sangat menjanjikan. Ada banyak keuntungan yang bisa diraih jika anda memilih untuk tidak bekerja kantoran dan membuka usaha anda sendiri. Keuntungan yang sangat tampak adalah pada kelola waktu operasional usaha anda yang bisa anda sesuaikan dengan kegiatan anda yang lain. Dengan begitu, anda jauh lebih leluasa karena tidak terikat dengan jam kantor. 

Di samping itu, membuka usaha sendiri berarti anda bebas menentukan mau seperti apa usaha anda akan berkembang dan berapa target yang ingin anda capai. Dengan kata lain, anda bisa menentukan kesuksesan anda sendiri dan tidak bergantung pada perintah atasan. Beban pikiran anda pun tidak akan terlalu berat karena segalanya dapat disesuaikan dengan kemampuan anda. 

Membuka usaha juga sudah tidak serumit dulu. Dengan kemudahan teknologi, anda bisa untuk memulai usaha anda sendiri cukup dari rumah saja. Kemudahan melalui teknologi tersebut tersaji dalam inovasi toko online. 

Sejak kemunculannya beberapa tahun lalu, inovasi transaksi jual beli melalui toko online ini memang sudah banyak menarik minat masyarakat yang ingin memulai usaha. Khususnya bagi usaha produksi rumahan. Sebab tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar, anda bisa memasarkan produk anda ke seluruh pelosok negeri dengan mudah dan cepat. 

Tidak hanya disitu saja, anda pun bisa memulai usaha tanpa perlu menyediakan tempat khusus seperti ruko, sehingga anda bisa lebih menghemat modal. Dengan demikian, anda bisa memulai usaha bahkan dengan modal kecil sekali pun. Apalagi, usaha membuka toko online sudah terbilang cukup menjanjikan karena keuntungan yang dapat dihasilkan dari membuka toko online bisa jauh melebihi ekspektasi.

Oleh karena itu, bagi anda yang tertarik untuk memulai memulai usaha dengan membuka toko online, tetapi tidak tahu caranya dapat menyimak tips cara buka toko online berikut ini. 

1. Riset Konsumen Toko Online Itu Penting

Riset konsumen
Sumber: Nano.or.id

Sebagai seseorang yang baru pertama kali ingin membuka toko online, cara buka toko online satu ini tidak boleh dilewatkan. Melakukan riset adalah hal dasar yang harus anda lakukan sebelum membuka toko online. Sebab dari situlah anda mulai merencanakan dan mengatur akan bagaimana nantinya toko online anda berjalan. 

Riset yang dilakukan untuk menentukan pasar yang akan dituju dan produk apa yang akan anda jual. Kedua hal tersebut adalah hal krusial dalam dunia usaha yang harus anda pikirkan matang-matang sebelum benar-benar membuka toko online. 

Menentukan pasar  di sini berkaitan pada usia berapa dan kalangan mana yang nantinya akan anda tuju untuk menawarkan produk yang anda jual. Bisa diambil dari usia anak-anak, remaja, dewasa, atau orang tua. Bahkan anda bisa menjual produk yang tidak memandang usia, seperti makanan,  untuk menjaring lebih banyak pembeli. 

Untuk kalangan yang nantinya akan anda tuju berkaitan dengan harga jual yang akan anda berikan pada produk anda. Jika anda ingin menawarkan produk pada kalangan ekonomi bawah sampai menengah, maka harga produk yang nanti anda berikan harus memiliki harga yang terjangkau atau setidaknya mampu bersaing dengan harga-harga yang ditawarkan di pasaran. 

Kemudian berbicara tentang produk. Ada banyak hal yang bisa menjadi faktor untuk anda menentukan produk apa yang nantinya akan anda jual. Bisa dari kebutuhan di masyarakat atau dari minat anda sendiri. Semua kembali lagi pada keinginan anda untuk membawa toko online anda menjadi seperti apa.  

2. Sesuaikan Tempat Berjualan

Tempat yang dimaksud di sini bukan lah tempat dalam definisi fisik seperti toko atau ruko. Akan tetapi, tempat anda membuka toko online. Ada banyak pilihan tempat yang bisa anda pilih untuk membuka toko online. 

Anda bisa bergabung dengan marketplace, seperti Tokopedia, Shopee, dan Lazada. Keuntungan dari membuka toko online dengan bergabung dengan marketplace adalah toko anda akan lebih mudah untuk diketahui. Sebab toko online anda akan otomatis tampil bersamaan dengan toko online yang lain saat ada seseorang yang mencari barang sesuai dengan kategori produk yang anda jual. Hal tersebut akan memperbesar kemungkinan toko anda untuk dikunjungi oleh orang-orang. 

Di samping melalui marketplace, anda bisa membuka toko online cukup dari sosial media saja. Caranya dengan membuat akun khusus untuk toko online anda. Kemudian anda bisa mempromosikannya melalui iklan berbayar di sosial media. Jangan lupa juga untuk aktif mengunggah foto mengenai produk anda, ya.

Selain dua cara di atas, masih ada cara satu lagi, yaitu dengan membuka website. Cara ini bisa kamu lakukan jika ingin membuka toko online dengan skala yang lebih besar dan profesional. 

3. Wajib Melakukan Pemasaran

pemasaran produk
Sumber gambar: Paprika ads

Tips cara buka toko online selanjutnya adalah melakukan pemasaran digital. Perlu diingat, ketika anda membuka toko online, promosi adalah salah satu kunci utama yang menentukan keberhasilan usaha anda. Sebab sebagus apa pun produk yang anda jual, jika tidak ada seorang pun yang tahu, maka segalanya akan percuma.

Oleh sebab itu, anda perlu untuk mempelajari cara pemasaran digital agar produk yang anda jual dapat diketahui oleh banyak orang. Jika pemasaran yang anda lakukan baik, kemungkinan besar toko online anda dapat berkembang dengan pesat. 

Cara yang umumnya ditempuh adalah dengan memanfaatkan sosial media. Saat ini banyak toko online yang memanfaatkan sosial media sebagai sarana mereka untuk mempromosikan produk. Mulai dari memasang iklan pada iklan berbayar sampai dengan bekerja sama dengan melakukan endorsement dengan mengajak salah satu selebgram. 

Selain sosial media, anda pun bisa menggunakan media lainnya seperti blog, tumblr , atau laman lainnya yang kerap dikunjungi oleh banyak orang. Dengan begitu, produk anda akan banyak dikenal oleh masyarakat. 

4. Mencari Peluang Produk Lain untuk Dijual Online

Jika anda sudah sukses dengan produk awal yang anda tawarkan, anda bisa memulai untuk mengembangkan toko online anda dengan menjual produk lain. Fungsinya adalah untuk menambah variasi produk yang anda jual. 

Misalkan pada awal anda menjual produk tas, anda bisa mengembangkan dengan mulai untuk menjual produk sepatu. Jika produk sepatu juga sukses terjual anda bisa terus mengembangkan dengan menjual produk-produk lain.

Tindakan tersebut akan berdampak baik untuk toko online anda karena dengan bertambahnya variasi produk yang anda jual, pengunjung pun bisa bertambah semakin banyak. Sebab anda menyediakan banyak pilihan produk. 

Nah, mudah diterapkan bukan cara buka toko online di atas? Selain cara buka toko online yang kami sebutkan di atas, anda bisa menggali lebih dalam lagi mengenai toko online untuk menambah wawasan anda. Anda bisa mencari wawasan terkait cara buka toko online yang sesuai dengan produk yang nantinya akan anda jual. 

Semakin banyak cara yang anda ketahui, anda akan sangat terbantu untuk dapat memulai membuka toko online dengan baik. Jadi jangan malas untuk mencari dan mempelajarinya, ya. 

Bagi Anda yang ingin membuka toko online di instagram, klik di sini untuk membaca artikel Ruang Bisnis terkait cara buka toko online di platform tersebut!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!