Tetap Produktif, Berikut 6 Alternatif Usaha Sampingan Karyawan Pabrik yang Cocok

Business Idea

Usaha Sampingan Karyawan Pabrik
Sumber gambar: Pupuk Kaltim

Mencari usaha sampingan karyawan pabrik tentu menjadi salah satu pilihan dan alternatif yang dicari-cari oleh para karyawan pabrik.

Bagaimana tidak?

Gaji yang stabil dan jam kerja yang relatif tetap yang diemban oleh para karyawan pabrik seringkali menyimpan banyak permasalahan, salah satunya adalah kesulitan finansial sehingga membutuhkan penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Terlebih, tak menutup kemungkinan kebutuhan hidup yang semakin meningkat dari hari ke hari.

Bingung mencari-cari referensi usaha sampingan karyawan pabrik?

Berikut kami sajikan 6 alternatif usaha sampingan karyawan pabrik yang cocok dan dapat Anda coba:

1. Ojek online

Usaha Sampingan Karyawan Pabrik
Sumber gambar: Klimg

Ojek online adalah sebuah transportasi umum yang menggunakan internet untuk memesannya. 

Sebelum adanya ojek online kita sulit untuk mendapatkan ojek untuk bepergian. Dengan kemajuannya teknologi, sekarang ojek bisa kita dapatkan dengan mudah melalui smartphone yang kita miliki. 

Anda pun dapat memanfaatkan peluang ini dengan menjadi ojek online. Anda hanya membutuhkan jaringan internet dan smartphone yang kompatibel. Jasa ojek online Anda pun siap dipesan oleh para pelanggan. 

Saat ini saking mudahnya memesan ojek online ini, hampir di setiap tempat kita bisa jumpai ojek-ojek online atau taksi online. Kemana-mana menjadi lebih mudah, praktis, dan murah. 

Penyedia jasa transportasi online ini cukup bervariasi dan beragam, seperti Grab, atau Gojek. Maka untuk memilih menjadi seorang ojek online sebagai usaha sampingan karyawan pabrik yang merupakan pilihan yang tepat.

2. Membuka online shop

Sumber gambar: Amazonaws

Jika kita berbicara mengenai online shop, maka kita juga berbicara mengenai online shopping. Apakah itu?

Online shopping atau belanja daring merupakan kegiatan pembelian barang dan jasa melalui media Internet. Melalui belanja lewat Internet, seorang pembeli bisa melihat terlebih dahulu barang dan jasa yang hendak ia belanjakan melalui web yang dipromosikan oleh penjual.

Kegiatan belanja daring ini merupakan bentuk komunikasi baru yang tidak memerlukan komunikasi tatap muka secara langsung, melainkan dapat dilakukan secara terpisah dari dan ke seluruh dunia melalui media notebook, komputer, ataupun handphone yang tersambung dengan layanan akses Internet.

Hal tersebut tentu menjadikan membuka online shop sebagai usaha sampingan karyawan pabrik yang cocok bagi Anda yang tidak terlalu membutuhkan banyak waktu. Anda pun dapat dengan mudah mengontrol dan mengawasi online shop Anda hanya dari genggaman Anda.

Selain itu, belanja daring di Indonesia semakin hari semakin menunjukkan perkembangan yang signifikan. Melalui teknik e-banking, pelanggan dapat melakukan kegiatan seperti transfer uang, membayar tagihan listrik, air, telepon, Internet, pembelian pulsa, pembayaran uang kuliah dan lain sebagainya.

Kemudahan ini dapat Anda manfaatkan sebagai peluang usaha sampingan karyawan pabrik.

3. Youtuber atau Blogger

Usaha Sampingan Karyawan Pabrik
Sumber gambar: Tstatic

Youtuber dan blogger merupakan istilah yang sama-sama merujuk pada orang-orang yang menggunakan platform tersebut, yakni Youtube dan Blog.

Namun demikian, semakin berkembangnya zaman, Youtuber dan Blogger tak lagi sebatas menjadi pengguna yang hobi mengakses konten, tetapi juga sebagai seorang tokoh yang dikenal karena kemampuannya dalam memproduksi konten kreatif di media terkait.

YouTube merupakan salah satu media alternatif untuk memanjakan mata dan telinga kita dengan berbagai videonya. Berbeda dengan televisi yang kanalnya terbatas, YouTube menyediakan aneka ragam video yang bisa kita pilih sendiri, mengingat model user-generated content yang membuat setiap orang dapat mengunggah video kreasi mereka.

Adapun Blog yang juga tak sedikit peminatnya, menjadi seorang Blogger juga dapat menjadi suatu alternatif usaha sampingan karyawan pabrik.

Bahkan, tak sedikit tokoh-tokoh Youtuber dan Blogger yang kini telah suskes hanya dari hasil keringat mereka dalam menghasilkan konten yang kreatif dan inovatif, lho!

4. Bisnis reseller dan drop shipper

Sumber gambar: Elang Media

Istilah reseller dan drop shipper memang sering digunakan untuk transaksi belanja online

Meskipun demikian, kedua istilah ini memiliki arti yang berbeda. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda, namun demikian, baik reseller maupun drop shipper, keduanya menguntungkan.

Sebagai salah satu alternative usaha sampingan karyawan pabrik yang cocok, reseller adalah orang menjual kembali produk dari pihak supplier kepada konsumen. 

Perlu diingat, reseller bukanlah bagian dari supplier, lho!

Untuk menjadi seorang reseller, Anda harus mengeluarkan modal sendiri, dan membeli produk langsung kepada supplier. Sebagai reseller, Anda harus menyetok barang terlebih dahulu dari supplier.

Sementara itu, drop shipper adalah orang yang menjual suatu produk dari supplier, namun tidak menyetok barang terlebih dahulu. Drop shipper hanya menjual kepada konsumen dengan memperlihatkan gambar produk.

Anda dapat memilih ingin usaha sampingan karyawan pabrik menjadi reseller atau drop shipper, atau bahkan keduanya! Tetaplah ingat untuk tetap mempertimbangkan kondisi finansial Anda dan alokasi waktu Anda untuk mengelola alternative usaha sampingan karyawan pabrik ini, ya!

5. Usaha makanan ringan

Sumber gambar: Siap Usaha

Hmm, siapa yang tak suka makanan ringan?

Makanan ringan, camilan, atau kudapan (bahasa Inggris: snack) adalah istilah bagi makanan yang bukan merupakan menu utama (makan pagi, makan siang atau makan malam). 

Makanan yang dianggap makanan ringan merupakan makanan untuk menghilangkan rasa lapar seseorang sementara waktu, memberi sedikit pasokan tenaga ke tubuh, atau sesuatu yang dimakan untuk dinikmati rasanya.

Dengan jumlah peminat yang tinggi dan modal yang tak banyak, usaha makanan ringan dapat menjadi salah satu alternatif usaha sampingan karyawan pabrik yang cocok untuk Anda.

6. Penulis lepas (freelance writer)

Usaha Sampingan Karyawan Pabrik
Sumber gambar: The Balance Careers

Apakah Anda senang menulis?

Jika ya, maka Anda dapat mencoba menjadi seorang penulis lepas (freelance writer) sebagai alternatif usaha sampingan karyawan pabrik yang menguntungkan, lho!

Penulis lepas adalah seseorang yang bekerja menghasilkan karya tulis, tetapi tidak terikat dengan perusahaan atau entitas mana pun, dan beroperasi layaknya sebuah bisnis kecil atau kontraktor independen.

Terdapat ratusan ribu peluang menulis yang tersedia di luar sana. Seorang penulis lepas tentu tidak akan melewatkan peluang sebesar itu. Barangkali, itulah salah satu daya tarik yang ditawarkan kepada mereka yang ingin menjajal karier sebagai penulis lepas. 

Menekuni karier sebagai penulis lepas purna waktu bisa menjadi sandaran hidup, atau Anda juga bisa melakukannya secara paruh waktu sebagai usaha sampingan dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Nah, sudah tahu kan beberapa alternatif usaha sampingan karyawan pabrik?

Tentu, masih banyak alternatif-alternatif lainnya yang dapat Anda coba di luar dari yang telah dipaparkan di artikel ini. Bahkan tak memungkinkan bagi Anda untuk membuka lapangan pekerjaan baru, lho!

Pilih usaha sampingank yang sesuai dengan kemampuan Anda sehingga Anda pun dapat lebih dimudahkan dalam prosesnya dengan tetap mempertimbangkan profesi utama Anda.

Demikian artikel mengenak 6 alternatif usaha sampingan karyawan pabrik. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba1

1 Comment

  1. Nasir Ali ridho

    Youtube and drop shipper

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!