Terungkap, Ini Faktor yang Mempengaruhi Cara Kerja Bisnis Online

Business Hack, Business Idea, Marketing

cara kerja bisnis online
Sumber gambar: Canny Creative

Beberapa tahun yang lalu, e-commerce berada di mana-mana sebagai cara kerja bisnis online untuk negara-negara maju, tetapi tidak dengan negara-negara berkembang yang belum mengejar ketinggalannya. Seiring berjalannya waktu, banyak hal telah datang seiring e-commerce telah mulai tumbuh dengan pesat di seluruh Asia, terutama di Cina. 

Smartphone telah menjadi hal terbesar dalam cara kerja bisnis online e-commerce saat ini. Perubahan ‘pasar’ online yang menjadi lebih kompetitif daripada sebelumnya dapat terjadi karena bisnis terus menemukan cara kerja bisnis online baru untuk mendapatkan keunggulan. 

Sebagai seorang wirausahawan, masuk ke e-commerce adalah langkah penting menuju pengembangan cara kerja bisnis online dan peningkatan laba. Jika Anda berencana memulai bisnis, e-commerce berpotensi menjadi fondasi perusahaan yang menguntungkan. 

Di mana pun Anda berada, ketahuilah bahwa e-commerce tidak hanya memasang produk Anda secara online dan berharap yang terbaik. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi cara kerja bisnis online. Memahami faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi bisnis Anda agar meraih kesuksesan. 

1. Aturan dalam product pricing

Wajar bagi pelanggan untuk membandingkan harga antar merek. Para pengusaha juga diharapkan untuk mengetahui berapa banyak pesaing yang mengenakan biaya untuk barang-barang mereka. Berbagai strategi penetapan harga digunakan untuk mendapatkan sweet spot dalam daya tarik dan pendapatan, tergantung pada pasar dan jenis produk yang dihargai. 

Pertimbangkan pula faktor-faktor tambahan sehingga harganya pas, tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Begitu pun dengan harga diskon, harga psikologis, harga kompetitif, harga berbasis nilai, dan sebagainya.

2. First impression

Pengguna tahu apakah mereka menyukai situs web atau tidak hanya dengan sekali pandang, dan kesan pertama itu biasanya bertahan lama. Membuat kesan pertama yang baik sangat penting dalam mendapatkan lebih banyak pelanggan di toko online Anda. Jadikan desain terbaik dan menarik, untuk menarik orang agar datang dan memanfaatkan situs web e-commerce Anda. 

Desain web yang bagus memiliki prinsip-prinsip yang dapat Anda ikuti yang akan membantu Anda meyakinkan orang untuk melihat apa yang Anda miliki. Semua yang ada di dalamnya harus mudah dipahami dengan tetap mempertahankan kepribadiannya sendiri.

3. Keamanan pengiriman produk

Salah satu masalah utama dengan e-commerce bagi pengusaha dan konsumen adalah masalah keamanan. Dengan informasi pribadi dan keuangan ditangani secara online, selalu ada potensi untuk situs web dikompromikan dan data pelanggan dicuri untuk tujuan jahat. 

Ini terutama berlaku untuk informasi kartu kredit yang dimasukkan secara online setiap hari. Two factors authentication juga merupakan cara yang baik untuk lebih mengamankan toko online Anda, dan menambahkan metode verifikasi lainnya (tanpa mempersulit pelanggan Anda) juga akan membantu.

4. Mempertahankan produk high quality

produk high quality
Sumber gambar: cluckva dari vectorstock

Untuk waktu yang lama, orang berpendapat bahwa produk dari situs e-commerce lebih rendah kualitasnya dibandingkan dengan produk dari toko fisik. Oleh sebab itu, masih ada banyak yang harus Anda lakukan untuk meyakinkan pelanggan bahwa produk Anda sebanding kualitasnya seperti yang ditemukan di mal dan toko lainnya. 

Pastikan Anda membeli produk Anda dari pemasok barang-barang berkualitas tinggi yang terkenal dan terpercaya. Anda harus menjunjung tinggi standar Anda secara konsisten. Jika Anda pernah mengirimkan produk di bawah standar ke pelanggan, itu pasti akan menjadi pukulan bagi bisnis Anda, bahkan jika Anda memiliki kebijakan pengembalian/penggantian. 

Secara keseluruhan, kepuasan pelanggan sangat penting untuk kelangsungan hidup bisnis, dan kualitas produk yang buruk dapat menghancurkan bisnis Anda. Usahakan umpan balik sistem transparan terhadap perubahan input, dan tindakan korektif harus diambil sesegera mungkin. Ini adalah proses yang berkelanjutan karena selalu ada cara lain untuk meningkatkan kinerja.

5. Penggunaan media sosial

Memang, profil media sosial yang sehat sangat penting untuk menarik pengunjung,. Namun, itu bukan satu-satunya hal yang harus selalu ditargetkan. Jika Anda terus memperbarui profil media sosial Anda dan menginvestasikan seluruh waktu Anda untuk mempertahankan halaman-halaman itu, Anda mungkin pada akhirnya kehilangan fokus Anda dari peningkatan dan pembaruan situs web biasa. 

Pada akhirnya, jika pengguna meng-klik situs web Anda dan menganggap situs web Anda tidak menarik, maka tidak ada gunanya mempertahankan halaman situs web yang sama. Oleh sebab itu, pertama-tama pastikan bahwa situs web Anda cukup baik dan SEO Anda sesuai dengan standar sebelum menginvestasikan terlalu banyak waktu Anda di media sosial atau mempertahankan halaman media sosial, ya!

6. Peningkatan aksesibilitas ‘toko’

Desain situs web e-commerce Anda (toko online) harus mengakomodasi semua jenis pelanggan. Toko online adalah alat utama Anda untuk berkomunikasi dan bertransaksi dengan mereka. Toko Anda harus dapat menyampaikan informasi dengan cepat dan singkat untuk membangkitkan kepercayaan bisnis Anda kepada pelanggan Anda. 

Aksesibilitas sangat penting karena membantu bisnis Anda dapat dijangkau oleh semua jenis pelanggan, misalnya orang-orang dari budaya yang berbeda, penyandang cacat, dll. Kemampuan mengatur toko online Anda ke bahasa lain dapat berpotensi memperluas basis pelanggan Anda, selama mereka adalah bagian penting dari audiens Anda. 

Ini juga dapat diakses oleh orang-orang cacat visual seperti kebutaan warna dan gangguan penglihatan, dengan menggunakan tema visual kontras tinggi dan ukuran font yang lebih besar untuk teks. 

Ada juga hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat toko online dilihat lebih baik oleh perangkat seluler, seperti menggunakan desain responsif dan mengoptimalkan gambar Anda sehingga dapat memuat lebih cepat. Semakin Anda meningkatkan aksesibilitas situs web Anda, semakin banyak orang yang berpotensi melihatnya.

7. Updates and strategies

Orang pemasaran yang cerdas selalu datang dengan beberapa ide unik. Saat melakukan promosi online, Anda harus menggunakan strategi yang menuntut dan kontemporer untuk memastikan traffic maksimum ke situs web Anda. Anda mungkin memiliki semua informasi bisnis yang tersedia di situs web dan juga memiliki situs web yang dirancang dengan sempurna. Namun, jika Anda tidak terus-menerus memperbarui situs web Anda dan terus mem-posting di blog Anda, Anda mungkin tidak dapat melibatkan orang menuju situs Anda. Oleh karena itu, jika Anda memiliki situs web bisnis di internet, pastikan Anda memperbaruinya secara teratur dengan konten yang menarik dan Anda memiliki SEO on-page dan off-page Anda, ya!

updates and strategies
Sumber gambar: Pinimg

Jika Anda ingin masuk ke e-commerce, tidak ada waktu yang lebih baik dari sekarang. Dengan publik yang semakin terbiasa dengan penggunaan e-commerce untuk memanfaatkan berbagai produk dan layanan, Anda akan melihat lebih banyak hal menakjubkan melalui e-commerce untuk pengusaha dan konsumen. 

Jika bisnis Anda hadir secara online, maka ada banyak peluang yang dapat Anda manfaatkan. Meskipun demikian, tetaplah ingat bahwa saat ini, hampir semua bisnis online mencoba segala yang mereka bisa untuk mengubah prospek menjadi pelanggan. Namun, berapa banyak dari mereka yang berada di halaman pertama Google? hanya sepersepuluh dari mereka. 

Hanya ada satu hal yang mereka ingat ketika menargetkan audiens online dan itu adalah “Think Out of the Box.” yang berarti mencoba untuk tidak melakukan, apa yang dilakukan orang lain. Oleh karena itu, inilah saatnya bagi Anda untuk menghasilkan sesuatu yang unik dan menarik untuk memastikan bahwa cara kerja bisnis online Anda mendapatkan lebih banyak traffic ke situs Anda hingga pada akhirnya bisnis Anda berkembang. Semoga bermanfaat dan selamat berbisnis!

Yuk klik link berikut ini untuk membaca lebih dalam mengenai tantangan bisnis oline saat ini!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!