5 Teknologi yang Sudah Tidak Dibutuhkan Lagi, Meski Dulu Idola

Ada banyak teknologi unik yang menjadi viral saat itu. Sayangnya, beberapa dari teknologi ini tampaknya tidak lagi diperlukan karena digantikan oleh yang lebih canggih.

Teknologi merupakan aspek kehidupan manusia yang terus berubah. Tak terelakkan, perubahan/perkembangan dunia teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat. Tidak membuat orang sadar bahwa “zaman telah berubah”.

Sejujurnya, artikel ini mungkin sedikit menarik. Mengapa? Karena saya akan membawa Anda dalam perjalanan melalui waktu ke beberapa dekade yang lalu, ketika berbagai teknologi jadul sedang booming.

Sayangnya, kabar buruknya adalah meskipun teknologi ini dulunya benar-benar idola, seiring dengan kemajuan teknologi, keberadaan beberapa teknologi ini tidak lagi penting dan telah digantikan oleh perangkat yang lebih canggih.

Lalu apa saja teknologi canggih yang sudah tidak dibutuhkan lagi? Yuk simak ulasannya bersama-sama!
mesin tik

Anak-anak “zaman Doeloe” pasti sangat familiar dengan perangkat yang satu ini. Ya, mesin tik adalah keyboard antik yang bisa mencetak langsung ke atas kertas. Sebelum mesin ini ada, semua dokumen dan surat ditulis tangan/dicetak secara manual pada mesin cetak yang mahal.

Diciptakan oleh Christopher Latham Sholes pada tahun 1868, mesin tik menjadi alternatif yang terjangkau. Mesin tik memiliki kunci mekanis yang menempel pada permukaan logam seperti tuas, dengan tombol huruf dan karakter yang dirancang berukuran super besar. Saat Anda menekan tombol, pita antara kertas dan permukaan logam akan mencetak teks di atas kertas.

Sayangnya, sejak munculnya komputer, penggunaan mesin ketik mulai menurun. Pasalnya, keyboard pada komputer dinilai lebih praktis dan efisien. Jika terjadi kesalahan ketik, pengguna dapat langsung menghapus pengetikan tersebut sebelum dokumen dicetak. Di sisi lain, jika Anda menggunakan mesin tik dan salah mengejanya sekali, suka atau tidak, pengguna harus mengetiknya lagi.
telepon umum

Sebelum ponsel mengambil alih dunia, komunikasi telepon umum adalah hal yang lumrah. Orang dapat melakukan panggilan di telepon umum dengan membayar sejumlah koin atau menggunakan kartu. Biasanya, telepon umum dipasang di bilik untuk memberikan privasi bagi pengguna

Sumber :