Tak Ketinggalan Zaman, Ini Bisnis Budidaya Unik di Rumah

Business Idea

Bisnis Budidaya Unik
Sumber gambar: 99

Budidaya merupakan kegiatan terencana pemeliharaan sumber daya hayati yang dilakukan pada suatu areal lahan untuk diambil manfaat/hasil panennya. Kegiatan bisnis budidaya unik ini dapat dianggap sebagai inti dari usaha tani.

Meskipun terdengar sederhana, keuntungan yang diperoleh dari bisnis budidaya ini cukup mengejutkan. Bahkan, tak sedikit orang-orang yang memutuskan untuk menjalankan suatu bisnis budidaya ini dari rumah.

Cukup sederhana, bukan?

Anda tak perlu keluar rumah untuk memperoleh keuntungan. Ya, sesekali Anda tentu perlu keluar rumah untuk membeli satu atau dua macam hal. Namun, dengan adanya bisnis budidaya ini, Anda semakin terbantu dalam pengelolaan dan pengaturan bisnis Anda. Tentunya, dari rumah Anda sendiri.

Eits, jangan salah.

Ketika Anda mendengar bisnis budidaya unik, mungkin Anda akan berpikir suatu bisnis yang dilaksanakan di suatu desa terpencil dengan luas lahan yang cukup besar. Hal tersebut tentu tak berlaku lagi di bisnis budidaya ini yang bahkan bisa Anda jalankan dari rumah dan dapat Anda lakukan tanpa tergerus zaman.

Berikut beberapa rekomendasi dan alternatif bisnis budidaya unik yang bisa Anda lakukan di rumah:

1. Ulat hongkong

ulat hongkong
Sumber gambar: Arena Hewan

Ulat hongkong atau mealworm merupakan pakan burung yang banyak mengandung protein dan kalori. Sebagai bisnis budidaya unik, tak hanya burung, ulat hongkong juga digunakan sebagai pakan binatang peliharan lainnya, seperti ikan dan reptil. Bahkan, di Korea, mealworm diolah menjadi makanan yang lazim dikonsumsi manusia seperti pizza, bubur, dan jus.

Tentu, Anda harus mengikuti beberapa tahapan bisnis budidaya ulat hongkong ini, seperti dalam tahap persiapan, tahap pemilihan bibit atau indukan, perawatan dan pemberian makan, dan tahap pemanenan.

2. Budidaya jamur tiram

Bisnis budidaya unik: jamur tiram
Sumber gambar: Agro Media

Bisnis budidaya jamur tiram dikembangkan oleh masyarakat untuk memenuhi permintaan pasar. Terlebih, jamur memang menjadi salah satu makanan yang menyehatkan, salah satunya adalah jamur tiram.

Seperti bisnis budidaya ulat hongkong, Anda perlu mengikuti beberapa tahapan seperti menyiapkan kumbung, menyiapkan baglog, perawatan baglog hingga memanen jamur tiram.

3. Budidaya cacing

cacing
Sumber gambar: Akamaized

Terlepas dari pandangan sebelah mata yang diberikan oleh beberapa masyarakat dari bisnis budidaya cacing, banyak keuntungan yang dapat Anda peroleh.

Keuntungan tersebut seperti modal yang diperlukan tidaklah banyak. Pembelian kandang, bibit, dan pakan yang sederhana menjadi hal yang paling berpengaruh dalam menentukan modal awal Anda. Selain itu, pemeliharaan dan pengolahannya pun cukup mudah. Potensi pasar dari bisnis budidaya unik ini tentu tinggi dengan adanya temuan yang menunjukkan manfaat cacing untuk kesehatan dan kecantikan.

Dengan demikian, Anda pun dapat memperoleh omzet yang besar hanya dari bisnis budidaya cacing.

4. Budidaya jangkrik

Bisnis budidaya unik: jangkrik
Sumber gambar: Kebun

Sebagai salah satu bisnis budidaya unik, jangkrik merupakan salah satu serangga yang sering dijadikan sebagai pakan burung, ikan, dan reptil. Permintaan terhadap jangkrik terus meningkat seiring dengan meningkatnya minat masyarakat untuk memelihara hewan-hewan peliharaan seperti burung, ikan, dan reptil.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk memulai bisnis budidaya jangkrik adalah mempersiapkan kandang atau tempat budidaya jangkrik, mempersiapkan bibit jangkrik, mengerti cara ternak jangkrik, hingga pemeliharaan dan pemanenan jangkrik.

5. Ternak lele

ternak lele
Sumber gambar: Pak Tani Digital

Ikan lele memiliki sifat sanggup hidup dalam kepadatan yang tinggi. Dengan sifat tersebut, bisnis budidaya ternak lele akan sangat menguntungkan bila dilakukan secara insentif.

Terdapat dua segmen bisnis budidaya unik ini, yaitu segmen pembenihan dan segmen pembesaran. Segmen pembenihan betjuan untuk menghasilkan benih ikan lele, sedangkan segmen pembesaran bertujuan untuk menghasilkan ikan lele siap konsumsi.

6. Ikan air tawar lainnya

Bisnis budidaya unik: ikan air tawar lainnya
Sumber gambar: Google User Content

Bisnis budidaya unik ikan air tawar semakin hari semakin menggiurkan. Menurut laporan Badan Pangan PBB, pada tahun 2021 konsumsi ikan perkapita penduduk dunia akan mencapai 19,6 kg per tahun. Meski saat ini konsumsi ikan lebih banyak dipasok oleh ikan laut, namun pada tahun 2018 produksi ikan air tawar akan menyalip produksi perikanan tangkap.

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk yang sangat besar merupakan pasar potensial untuk produk perikanan. Dengan tumbuhnya perekonomian Indonesia, kesadaran masyarakat akan konsumsi ikan semakin tinggi. Ditambah lagi dengan adanya program Gemar Makan Ikan yang dikampanyekan KKP, angka konsumsi akan terus bergerak naik.

Produksi bisnis budidaya unik ikan air tawar dalam kolam didominasi oleh ikan mas, lele, patin, nila dan gurame. Lima jenis ikan tersebut menyumbang lebih dari 80 persen dari total produksi.

7. Ikan hias

ikan hias
Sumber gambar: Sukaikan

Menurut data dari Kementrian Kelautan dan Perikanan, terdapat lebih dari 1.100 jenis ikan hias air tawar yang diperjual belikan dalam skala global. Dari 1.100 jenis ikan hias air tawar tersebut, Indonesia memiliki 400 jenis dan yang dibudidayakan oleh masyarakat mencapai 90%.

Bisnis budidaya unik ikan hias air tawar termasuk lebih mudah dan murah dibanding budidaya ikan hias air laut, karena menggunakan teknologi sederhana sehingga banyak diusahakan dalam skala rumahan. 

Ikan hias air tawar yang terkenal dari Indonesia antara lain adalah cupang dan arwana. Sementara untuk jenis ikan yang berasal dari luar negerti dan banyak dibudidayakan di Indonesia adalah ikan koi, discus, koki, dan guppy.

8. Peternakan unggas

Bisnis budidaya unik: peternakan unggas
Sumber gambar: Duta

Bisnis budidaya unik peternakan unggas adalah usaha membudidayakan unggas seperti ayam, kalkun, bebek, dan angsa dengan tujuan untuk mendapatkan daging dan telur, atau juga bulu dan kotoran. 

Lebih dari 50 miliar ayam dipelihara setiap tahunnya sebagai sumber daging dan telur. Ayam yang dipelihara untuk menghasilkan telur disebut dengan ayam petelur, sedangkan ayam yang dibesarkan untuk menghasilkan daging disebut ayam broiler atau ayam buras.

Pada tahun 2011, total produksi telur ayam dunia mencapai 65181280 metrik ton dengan nilai yang hampir mencapai US$ 54 miliar. Sedangkan produksi daging ayam mencapai 90001779 metrik ton dengan nilai mencapai US$ 128 miliar. Berdasarkan data tersebut, tentu bisnis budidaya unik peternakan unggas menjadi salah satu alternatif Anda dalam membuka usaha di rumah.

Bisnis budidaya unik
Sumber gambar: Mongabay

Nah, cukup banyak alternatifnya, bukan?

Tentu, masih terdapat banyak alternatif lainnya untuk menjalankan bisnis budidaya unik di rumah. Tak ada salahnya Anda mencoba satu per satu hingga Anda menemukan apa yang menjadi minat Anda dalam bisnis budidaya unik.

Kunci keberhasilan dari keberlangsungan bisnis budidaya unik Anda adalah konsistensi.

Konsisten tersebut mencakup mampu menjaga budidaya Anda dengan baik, disiplin dalam perawatannya, melawan rasa malas, dan sebagainya. Dengan demikian, Anda dapat memperoleh omzet yang cukup besar, bahkan hanya dari rumah.

Sekian artikel bisnis budidaya unik dari rumah yang tak tergerus zaman.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!