Sukses Jualan Online Tanpa Modal Dengan 6 Tips Ini

Business Hack

jualan online tanpa modal
Sumber gambar: Touchdynamic

Dalam menerapkan cara jualan online tanpa modal yang efektif, diperlukan beberapa pengetahuan dan juga tindakan yang perlu diimplementasikan pada aktivitas tersebut guna meraih hasil yang maksimal. 

Terutama mengingat banyaknya persaingan yang bertebaran di beragam platform media, baik itu pada website marketplace, media sosial, maupun pada website masing-masing penjual, strategi yang tepat sangat perlu untuk Anda terapkan agar dapat mengungguli para kompetitor. Rahasia untuk menjual produk secara online terletak pada komunikasi yang efektif dengan pelanggan potensial Anda. 

Ya, meskipun terjadi secara online, komunikasi tetap menjadi kunci dari segala transaksi yang akan Anda lakukan dengan pelanggan Anda, termasuk jualan online tanpa modal. Anda harus meyakinkan pelanggan Anda bahwa mereka perlu membeli produk yang Anda jual. 

Kedengarannya sederhana, bukan? Namun itu tidak sederhana sama sekali. Terutama ketika pelanggan tidak menyadari bahwa mereka bahkan membutuhkan produk Anda. Para pengusaha jualan online tanpa modal tahu bagaimana membantu pelanggan menemukan bahwa mereka membutuhkan produk mereka.

1. Berpikirlah seperti konsumen Anda

Sebelum Anda mendeskripsikan daftar produk-produk yang Anda jual kepada konsumen, cobalah menempatkan diri Anda pada posisi pelanggan dan berpikirlah seperti itu. Perhatikan, jika pelanggan potensial Anda mencari produk yang tepat, mereka tidak akan menemukannya jika judul daftar untuk produk-produk itu tidak termasuk kata-kata yang diketikkan oleh pelanggan Anda ke jendela pencarian. 

Jika Anda mendeskripsikan produk Anda menggunakan kata-kata yang mungkin tidak dikenal oleh pelanggan Anda, hal itu akan mengurangi kemungkinan produk tersebut ditemukan. Dengan mengingat hal tersebut, ingatlah bahwa pelanggan tidak mencari barang dengan memasukkan kata-kata seperti “wow“, “hebat”, “luar biasa”, dan lain-lain. 

Namun, mereka mencari nama merek tertentu atau bahkan Manufacturer’s Part Number (MPN). Untuk meningkatkan peluang produk Anda ditemukan, Anda mungkin juga mempertimbangkan untuk menambahkan pengidentifikasi unik seperti Universal Product Codes (UPCs) atau International Standard Book Numbers (ISBN) ke deskripsi produk. Jika Anda tidak yakin bagaimana melakukan ini, intip di daftar pesaing Anda. 

eBay menyarankan agar penjual memilih hingga lima kata kunci yang terkait erat dengan item Anda yang terdaftar dan kemudian menggunakannya dengan tepat dalam judul daftar Anda dan deskripsi barang.

2. Layanan konsumen yang baik

Ketika konsumen mempertimbangkan untuk membeli barang dari situs web, mereka mencari jaminan sebelum membeli. Oleh sebab itu, bantu pelanggan Anda untuk berbelanja dengan percaya diri, salah satunya dengan memberikan layanan konsumen yang baik. Hal tersebut penting karena ‘wajah’ toko Anda terlihat dari bagaimana cara Anda memperlakukan konsumen Anda. 

Bahkan, dilansir dari Helpscout.com, 33% orang Amerika mengatakan bahwa mereka akan berpikir untuk beralih dari suatu perusahaan setelah memperoleh hanya satu pengalaman pelayanan yang buruk. Salah satu teknik untuk menjual, terlepas dari apakah bisnisnya online atau offline adalah menawarkan jaminan bahwa jika pelanggan tidak puas, Anda akan mengembalikan uang pelanggan tanpa ada pertanyaan lebih lanjut. 

Cara lain adalah menunjukkan bahwa situs Anda aman dan diverifikasi oleh pihak ketiga yang terpercaya seperti Symantec atau McAfee. Jika Anda berencana menangani informasi kartu kredit, situs web atau blog Anda harus berada di server yang aman dan memenuhi PCI. 

Tentu, hal tersebut melibatkan investasi yang cukup banyak mulai dari pekerjaan, waktu, hingga uang. Alternatif yang lebih baik adalah membangun toko Anda melalui platform e-commerce.

3. Permudah pembeli

permudah pembeli dalam jualan
Sumber gambar: Politics Central

Pengunjung ke situs web atau blog Anda cenderung memiliki rentang perhatian yang pendek, sehingga Anda umumnya memiliki sekitar 10 detik untuk menarik perhatian mereka ketika mereka pertama kali mendarat di halaman Anda. Jangan menghalangi mereka. Banyak pengunjung akan meninggalkan situs Anda saat mereka mengalami kesulitan. 

Dilansir dari Selz, terdapat tiga aturan emas dalam mempermudah pembeli dalam berselancar di toko online Anda:

  • Jangan memaksa pengunjung untuk mendaftar ketika mereka pertama kali mengunjungi situs web Anda
  • Jangan membuat navigasi yang rumit di situ web atau blog Anda
  • Jangan membuat proses pembelian lama dan bahkan mencoba mengumpulkan banyak informasi dari pembeli. Semakin banyak langkah dan informasi yang diminta, maka akan semakin banyak Anda kehilangan penjualan karena pembeli meninggalkan format pembelian mereka.

4. Pilih niche yang tepat

Ketika pertama kali memulai bisnis baru, maka pertanyaan pertama yang akan terbesit pada pikiran sebagian besar orang atau pengusaha adalah menanyakan produk apa yang dijual. Pada dasarnya, tak produk yang benar atau salah untuk dijual, semua menyesuaikan dengan preferensi dan target pasar Anda, dan inilah yang terpenting. 

Niche market yang Anda targetkan sangat penting untuk keberhasilan bisnis Anda. Target yang lebih kecil tentu akan memiliki kompetisi yang lebih sedikit, memberi Anda kesempatan lebih baik untuk terhubung dengan pembeli potensial. Nah, meskipun demikian, kelompok pelanggan Anda pun akan lebih kecil. 

Luangkan waktu untuk memikirkan secara matang-matang niche market Anda dan menyeimbangkan tingkat persaingan dengan ukuran pasar.

5. Promosikan toko

Anda boleh saja memiliki situs web atau blog yang hebat. Namun, memiliki situs web atau blog yang hebat saja tidaklah cukup untuk mendatangkan traffic dan penjualan. Anda perlu menarik orang ke toko online Anda dan membantu mereka mengambil langkah melakukan pembelian, Tentu, Anda perlu menginvestasikan banyak waktu dan energi setiap minggu untuk mempromosikan toko online Anda. 

Anda juga dapat mencoba cara lain dengan menulis artikel atau posting blog yang relevan di situs Anda. Fokuslah untuk mendapatkan calon pelanggan yang mengunjungi blog atau situs web Anda.

6. Work the work

Menjual produk secara online adalah hal yang unik karena banyaknya pelanggan yang dapat Anda jangkau. Dalam beberapa hal, dunia online adalah lapangan permainan, tetapi ingat, jutaan pelanggan potensial yang dapat Anda jangkau juga mungkin memiliki ribuan situs web pesaing yang memperebutkan perhatian mereka. 

Anda harus mengarahkan lalu lintas ke situs Anda, kemudian memberikan layanan hebat dan produk hebat. Hal-hal yang Anda jalani mungkin akan bergerak lambat saat Anda pertama kali memulai, tetapi semakin banyak waktu dan upaya yang Anda lakukan untuk menciptakan dan mempromosikan toko online Anda, semakin banyak penjualan yang akan Anda lihat. 

Ingatlah bahwa Anda perlu membangun beberapa saluran untuk memasarkan produk Anda. Media sosial, konten, SEO, dan iklan berbayar semua membutuhkan waktu, penyesuaian, dan sedikit pekerjaan setiap hari. Konsisten adalah kuncinya.

work the work
Sumber gambar: Huffpost

Demikian artikel “Sukses Jualan Online Tanpa Modal Dengan 6 Tips Ini”. Tentu, masih banyak cara-cara dan tips-tips lain yang dapat Anda implementasikan pada bisnis online Anda. Jangan lupa untuk senantiasa menyesuaikan ukuran dan industri jualan online tanpa modal Anda sehingga Anda dapat menerapkan cara-cara yang sesuai dan pas untuk kebutuhan bisnis Anda. 

Mendorong pelanggan Anda untuk membagikan satu atau dua tautan di akun media sosial mereka dapat menjadi alternatif lain agar jualan online tanpa modal Anda pun sukses. Ingat, Anda tidak hanya meminta mereka untuk melakukan pembelian, Anda juga meminta mereka untuk berbagi toko online Anda dengan jaringan mereka – rekomendasi dan dukungan pribadi bisa sangat berharga dan akan dikonversi dengan baik sebagai sumber pelanggan baru.

Bersabar juga menjadi kunci dari jualan online tanpa modal yang sukses. Dibutuhkan banyak waktu dan upaya untuk membangun audiens dan membangun bisnis. Meskipun demikian, jangan menyerah. Hal tersebut memang menantang, tetapi bermanfaat, dan Anda akan mendapatkan kembali apa yang Anda masukkan. Semoga bermanfaat dan selamat berjualan online!

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ide Jualan Apa yang Laku di Kampung dan Perkotaan? - Ruang Bisnis - […] Bagi Anda yang ingin membuka usaha tanpa modal, simak tips-tipsnya melalui artikel di sini. […]

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!