Sudah Siap? Berikut 6 Persiapan Pelatihan Kewirausahaan

Business Hack

pelatihan kewirausahaan
Sumber gambar: Forbes Img

Bobby Unser pernah berkata, “Sukses adalah tempat persiapan dan peluang bertemu.” Ya, pernyataan itu benar adanya. Dalam berbagai upaya, baik itu di tempat kerja, di sekolah, maupun dalam bisnis, penting untuk kita mempersiapkan hal-hal yang ingin kita lakukan secara memadai, termasuk dalam pelatihan kewirausahaan. 

Pertanyakan pada diri sendiri: Bagaimana persiapan Anda untuk kursus pelatihan kewirausahaan yang ingin Anda ambil? Progres produk baru yang ingin Anda luncurkan? Bisnis yang ingin Anda mulai? dll. Demikian pula, penting untuk mempersiapkan hal-hal yang kita harapkan. Hal tersebut mencakup seberapa jauh Anda telah mempersiapkan hal-hal yang Anda harapkan untuk tahun depan? 

Seberapa jauh Anda telah mempersiapkan tujuan, impian, dan rencana Anda? dan sebagainya. Selain itu, penting bagi Anda untuk bertanya pada diri sendiri apakah Anda memiliki sesuatu untuk tujuan yang ingin Anda capai dalam katakanlah waktu 3 hingga 4 bulan. 

Persiapan sebelum mengikuti pelatihan kewirausahaan kadang-kadang diabaikan, dan ini seharusnya tidak terjadi, karena persiapan adalah salah satu hal penting yang perlu kita lakukan ketika merencanakan atau menantikan sesuatu.

Masih ragu dengan besarnya pengaruh persiapan pelatihan kewirausahaan? Ada banyak manfaat persiapan, beberapa di antaranya:

  1. Membantu Anda memulai usaha dengan baik: ketika Anda mempersiapkan dengan baik, memulai dengan baik itu mudah, karena Anda telah menerapkan beberapa langkah sebelum memulai.
  2. Membantu Anda memahami hal-hal yang perlu Anda lakukan: ketika Anda mempersiapkan diri dengan baik, Anda memiliki pemahaman tentang beberapa hal yang diperlukan untuk tujuan atau tindakan tertentu. Dengan ini, Anda dapat mengidentifikasi beberapa hal penting untuk dimodifikasi atau diganti.
  3. Membantu Anda mengetahui kekuatan dan kelemahan dari usaha Anda: ketika Anda mempersiapkan diri dengan baik untuk sesuatu, Anda memiliki pemahaman tentang beberapa kekuatan dan kelemahan dari hal yang sedang Anda persiapkan. Selain itu, Anda memiliki gagasan tentang bagaimana Anda dapat menggunakan kekuatan untuk keuntungan Anda, serta kelemahan.

Lalu, apa sajakah persiapan-persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum mengikuti pelatihan kewirausahaan? Cek persiapan-persiapannya di list berikut:

1. Riset itu penting

Lebih dari 42% bisnis gagal karena tidak ada kebutuhan pasar untuk apa pun yang mereka jual atau tawakan. Gunakan pekerjaan dari pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore (9-ke-5) Anda untuk mengidentifikasi niche Anda (mungkin Anda sudah bekerja di dalamnya), dan periksa bagaimana kinerjanya di pasar konsumen. Ini akan memastikan bisnis Anda tidak berakhir di 42%. 

Minta akses ke laporan pemasaran di tempat kerja, dan pelajarilah dengan cermat. Terlibat dengan pelanggan yang kembali dan menyalurkan mitra untuk melihat apa yang memotivasi, menginspirasi, dan menantang mereka. Akhirnya, Anda akan mengidentifikasi target pasar dan mengetahui titik pedihnya. 

Yang terpenting, bersabarlah dan manfaatkan stabilitas Anda saat ini karena pasti akan ada masa-masa sulit secara finansial di masa depan.

2. Bangun keterampilan

Kewirausahaan bukan hanya tentang menggunakan kompetensi teknis inti Anda. Ini juga melibatkan pemasaran, keuangan, perekrutan, pemecatan, operasi dan banyak lagi. Pertajam kompetensi inti Anda dengan meminta untuk berpartisipasi dalam kursus pelatihan kewirausahaan atau menunjukkan keinginan untuk mengembangkan keterampilan Anda. 

Amati orang-orang di sekitar Anda untuk mempelajari tentang berbagai aspek dalam menjalankan bisnis, dan cari mentor jika Anda belum memilikinya. Pertajam keterampilan komunikasi Anda juga. Komunikasi yang efektif adalah ciri khas para pengusaha sukses. 

Pengusaha-pengusaha sukses menggunakannya untuk meyakinkan para pemangku kepentingan, karyawan, investor, pelanggan, dan media untuk mengikuti visi mereka.

3. Networking

pelatihan networking
Sumber gambar: DBN Institute

Networking dianggap sulit bagi kebanyakan orang. Banyak yang lebih suka berjalan di atas bara api daripada berbasa-basi. Networking memang penting untuk kesuksesan dalam bisnis dan Anda akan menemukan bahwa influencer terkemuka sekalipun terus berjejaring dengan orang lain. 

Menjadi bagian dari organisasi dan pelatihan kewirausahaan mampu menawarkan peluang luar biasa untuk terhubung dengan orang lain. Manfaatkan ini untuk terlibat dengan para pemimpin industri. Bangunlah hubungan dengan para ahli, dan yang lebih penting, belajarlah untuk terlibat tanpa promosi diri dan penjualan. Asah seni menciptakan nilai. 

Jika dilakukan dengan baik, jaringan akan memberikan hasil yang baik ketika Anda membutuhkan umpan balik yang membangun ketika menayangkan penawaran Anda. Ini juga akan membawa Anda banyak visibilitas ketika para ahli menyebarkan berita tentang Anda atau memberi Anda testimonial.

4. Mulai perencanaan

Jangan menunggu untuk merencanakan sampai Anda mulai. Sisihkan kekhawatiran tentang penilaian, model bisnis, dan uang untuk saat ini, tetapi kerjakan model bisnis Anda saat bepergian. Pengalaman adalah guru terbaik. 

Anda dapat mengumpulkannya sebanyak yang Anda butuhkan dalam pekerjaan 9-ke-5. Seperti yang dikatakan Richard Carlton, mantan presiden 3M Corporation, “Kami sangat beruntung pada waktu-waktu tertentu. Beberapa produk kami adalah hal-hal yang mungkin Anda katakan telah kami temukan. Tetapi Anda tidak dapat tersandung jika Anda tidak bergerak.”

5. Bangun resilience Anda

Kewirausahaan itu mengasyikkan, tetapi juga sangat melelahkan. Hanya wirausahawan yang tangguh yang bertahan selama lebih dari dua tahun. Pekerjaan Anda saat ini dapat mengajarkan Anda ketahanan – sesuatu yang Anda perlukan dengan berlimpah. 

Tetaplah dalam pekerjaan 9-ke-5 Anda sampai Anda merasa cukup siap untuk terjun dan melihat ini sendiri sebagai latihan dalam mengembangkan ketahanan. Bangun kekuatan mental untuk menghadapi hari-hari sulit yang tak terhindarkan. Pergilah ke gym, berolahraga dan makan sehat secara teratur. Tundalah waktu Anda dan pikirkan gambaran besarnya.

6. SMART goals

Tetapkan SMART goals untuk mengikuti pelatihan kewirausahaan. SMART adalah akronim yang dapat Anda gunakan untuk memandu penetapan tujuan Anda. Kriteria umumnya dikaitkan dengan konsep Management by Objectives milik Peter Drucker. Penggunaan istilah ini pertama kali muncul dalam edisi bulan November Management Review oleh George T. Doran. Sejak itu, Profesor Robert S. Rubin yang menulis tentang SMART dalam sebuah artikel untuk The Society for Industrial and Organizational Psychology

Robert menyatakan bahwa SMART memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda, seperti ditunjukkan di bawah ini. Untuk memastikan tujuan Anda jelas dan dapat dijangkau, masing-masing harus:

  1. Specific (sederhana, masuk akal, signifikan)
  2. Measurable (bermakna, memotivasi)
  3. Achievable (disepakati, dapat dicapai)
  4. Relevant (masuk akal, realistis dan berbasis sumber daya)
  5. Time bound (berbasis waktu, waktu terbatas, waktu/biaya terbatas, tepat waktu, sensitif terhadap waktu)

Profesor Rubin juga mencatat bahwa definisi akronim SMART mungkin perlu diperbarui untuk mencerminkan pentingnya kemanjuran dan umpan balik. Namun, beberapa penulis telah memperluasnya untuk memasukkan area fokus ekstra; SMARTER, misalnya, termasuk Evaluated dan Reviewed.

manfaat pelatihan
Sumber gambar: Digital Beauty

Kewirausahaan menawarkan hasil terbaik ketika Anda sudah tahu seluk-beluk dalam bisnis melalui pelatihan kewirausahaan. Tentu saja, Anda akan belajar langsung. Tetapi kesuksesan jangka panjang datang dengan persiapan. Berusaha memahami proses. Catat apa yang berhasil dan apa yang tidak, serta apa yang mungkin Anda lakukan secara berbeda. Tapi simpan itu untuk diri Anda sendiri! 

Buat tujuan utama Anda, seperti menjadi pengusaha sukses yang menciptakan nilai, atau Anda mungkin gagal sebelum memulai. Jika Anda membutuhkan motivasi untuk terus berjalan, ingatlah bahwa impian Anda sedang menunggu Anda untuk meletakkan dasar untuk mencapainya. Semoga daftar persiapan pelatihan kewirausahaan ini bermanfaat dan selamat berwirausaha!

Bagi Anda yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai pelatihan kewirausahaan, simak artikel di sini.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!