Ssst, Ini 5 Tips dan Trik Cara Berjualan di Bukalapak

Business Hack

cara berjualan di bukalapak
Sumber gambar: Suara Merdeka

Cara berjualan di Bukalapak ─ Bukalapak merupakan perusahaan e-commerce atau online marketplace di Indonesia (biasa dikenal juga dengan jaringan toko daring) yang dioperasikan oleh PT. Bukalapak.com sejak tahun 2010. Bukalapak menjadi salah satu dari 4 perusahaan rintisan yang nilai valuasinya lebih dari $1 miliar asal Indonesia pada tahun 2017.

Bukalapak mengklaim mencatatkan nilai transaksi harian di tahun 2016 mencapai Rp50 miliar. Meningkat pesat dari tahun sebelumnya yang hanya Rp7 miliar pada 2015 dan Rp500 juta pada 2014. Di semester awal 2019, annualized run rate paid GMV Bukalapak diumumkan sebesar US$5 miliar dengan lebih dari 2 juta transaksi per harinya. Laba bruto per bulan Bukalapak di 2019 ini diumumkan Achmad Zaky sebanyak dua kali lipat lebih tinggi dari angka Desember 2018.

Tak mengeherankan jika banyak orang ingin mencoba cara berjualan di Bukalapak, bukan?

Pada tahun 2015, Bukalapak mencatatkan jumlah penjual atau merchant sebanyak 163.000 penjual. Sementara pada akhir tahun 2016 jumlah penjual di platform mereka menembus angka 1,3 juta. Jumlahnya meningkat drastis hingga mencapai 4 juta penjual sampai akhir tahun 2018. Sejak tahun 2017, perusahaan ini memiliki program Mitra Bukalapak, penjual offline atau mitra warung beberapa produk yang ada di Bukalapak. Hingga Oktober 2019, mitra warung Bukalapak mencapai 2 juta mitra warung dan individu.

Baik pengguna baru maupun pengguna lama aplikasi Bukalapak, tentu sebagai seorang penjual, kita menginginkan adanya penghasilan yang konstan dari penjualan produk kita di Bukalapak. Tentu, cara berjualan di Bukalapak yang biasa saja tidaklah cukup.

Ya, Anda memerlukan strategi pemasaran dan penjualan yang baik. Terlebih dengan banyaknya pengguna Bukalapak yang tidak menutup kemungkinan semakin tinggi pula kompetisi antara penjual satu dengan penjual lainnya.

Berikut beberapa tips dan trik cara berjualan di Bukalapak yang harus Anda ketahui:

1. Tingkatkan kegunaan pencarian Bukalapak

tingkatkan kegunaan pencarian bukalapak
Sumber gambar: Free Design File

Pelanggan yang tahu persis apa yang mereka cari dan mereka ingin menemukan informasi yang tepat secepat mungkin. Salah satu cara berjualan di Bukalapak adalah dengan merancang pengalaman pencarian berkinerja tinggi sebagai fitur utama bagi pengguna Anda.

Hal tersebut penting, karena jika pengguna tidak dapat menemukan apa yang mereka cari di toko Anda, mereka akan membelinya dari toko lain.

Tak hanya pelanggan yang ingin membeli, tetapi pelanggan potensial yang hanya ingin menelusuri toko online juga turut membandingkan item toko. Mereka akan menggunakan menu navigasi dan pindah ke kategori dan halaman produk. Cara berjualan di Bukalapak ini mengharuskan Anda untuk mengatur bilah menu dan kategori di bagian intuitif yang mudah digunakan.

2. Deskripsi produk yang baik

deskripsi produk bukalapak yang baik
Sumber gambar: Edu Birdie

Jika Anda menjual segala jenis pakaian atau aksesori, cara berjualan di Bukalapak yang perlu Anda penuhi adalah dengan memberikan panduan ukuran. Hal tersebut tidak hanya akan membantu pelanggan tetapi juga mengurangi retur untuk bisnis Anda. 

Anda mungkin ingin memasukkan ulasan atau testimonial pelanggan juga. Cara berjualan di Bukalapak lainnya adalah denagn memastikan bahwa Anda memiliki suatu tempat tersendiri yang didedikasikan untuk pertanyaan umum. Ini juga dapat bermanfaat bagi SEO Anda jika Anda menulis deskripsi berkualitas yang menyertakan kata kunci. 

Dengan mengoptimalkan deskripsi, Anda akan membantu Anda naik peringkat pencarian yang berarti lebih banyak visibilitas untuk lapak Anda yang dapat menyebabkan lebih banyak penjualan.

Setiap deskripsi bermanfaat untuk pelanggan dan termasuk kata kunci untuk mesin pencari. Rincian ini memberi tahu pelanggan apa produk terbuat dari, ukuran, pas dan kain, cara membersihkannya dan bahkan memberi tahu pelanggan tinggi model dalam foto. 

Sebagai salah satu cara berjualan di Bukalapak, semakin banyak upaya yang Anda berikan pada deskripsi Anda, semakin mudah bagi pelanggan Anda. Tidak hanya mereka akan dapat dengan mudah menemukan produk Anda, tetapi juga akan lebih mudah bagi mereka untuk membuat keputusan pembelian.

3. Gunakan foto berkualitas tinggi

gunakan foto berkualitas tinggi
Sumber gambar: WordPress

Menyertakan gambar produk yang indah dan foto untuk menarik perhatian pelanggan potensial menjadi salah satu cara berjualan di Bukalapak lainnya.

Ingatlah bahwa pelanggan tidak dapat menyentuh produk dan membuat keputusan pembelian mereka sepenuhnya bergantung pada citra dan umpan balik produk.

Menampilkan thumbnail yang dapat dilihat baik di halaman hasil pencarian akan membantu pengguna menemukan produk yang diinginkan dalam satu klik dan mendapatkan ide yang lebih baik tentang apa yang Anda tawarkan.

Jangan hanya menggambarkan produk – cara berjualan di Bukalapak ini dapat menjadi perhatian Anda untuk membuat daftar fitur dan manfaat yang komprehensif. Pelanggan target Anda ingin mengetahui segala sesuatu tentang pembelian potensial dan bagaimana produk ini akan membantu mereka dan meningkatkan kehidupan sehari-hari mereka.

4. Update

update
Sumber gambar: Wp-Feed

Jika lapak Anda telah ada untuk sementara waktu, Anda mungkin ingin mempertimbangkan pembaruan lapak sebagai salah satu cara berjualan di Bukalapak. Lapak yang lebih lama cenderung terlihat sebagai suatu spam. Orang-orang mempercayai hal-hal yang umum sehingga jika situs Anda mirip dengan situs lain dalam hal desain, pelanggan Anda akan merasa aman dan nyaman.

Minimal, cobalah mengubah tampilan logo lapak Anda. Bisa berupa perubahan tata letak, warna, bahkan perubahan logo secara keseluruhan.

Desain terus berubah, jadi pastikan Anda mengetahui tren terkini. Buat desain lapak yang mampu membangun kepercayaan pelanggan dan meningkatkan penjualan!

5. Social media advertising

cara berjualan di bukalapak: social media advertising
Sumber gambar: Imgix

Media sosial adalah salah satu platform paling hemat biaya untuk beriklan! 

Jika Anda sudah memiliki akun di semua platform media sosial utama seperti Facebook, Instagram dan Twitter, Anda telah mengambil langkah pertama dalam cara berjualan di Bukalapk! Memiliki akun dan mem-posting sesuatu sering kali tidak cukup untuk menumbuhkan lapak Anda terutama di pasar yang kompetitif saat ini. Anda perlu membangun kampanye pemasaran media sosial.

Setelah Anda memiliki strategi, Anda dapat mulai beriklan. Titik awal yang bagus adalah Facebook. Anda dapat menargetkan audiens tertentu dan menautkan ke halaman tertentu di situs Anda. Salah satu strategi pemasaran terbaik yang dapat Anda gunakan dengan iklan Facebook adalah membuat halaman arahan.

cara berjualan di bukalapak
Sumber gambar: Success

Nah, sudah semakin memperoleh inspirasi mengenai cara berjualan di Bukalapak, kan?

Benar sekali. Jika Anda merupakan seorang penjual, maka berjualan tak hanya sekadar kegiatan menjualkan produk Anda kepada konsumen Anda, tetapi juga menjual ‘citra’ lapak Anda ke konsumen.

Untuk memperoleh citra yang baik, tentu Anda harus mampu menarik perhatian konsumen. Dengan mengikuti tips dan trik ini, tentu disertai dengan ketekunan dan sikap pantang menyerah, Anda mampu memperoleh omzet yang tinggi.

Demikian artikel mengenai tips dan trik cara berjualan di Bukalapak. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berlapak!

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Buka Toko di Bukalapak ini Super Gampang Lho! - Ruang Bisnis - […] klik di sini untuk menyimak tips dalam berjualan di […]

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!