Ssst, Cek 5 Syarat-Syarat Memiliki Bisnis Online Terlaris

Business Hack, Marketing

bisnis online ternaries
Sumber gambar: Give and Take Inc

Saat ini, kita berada di dunia yang serba terhubung. Internet, bersama dengan ponsel pintar, telah mengubah cara berbisnis, beberapa diantaranya mampu mengubah suatu bisnis menjadi bisnis online terlaris. Beberapa orang memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan pukul 9 pagi hingga 5 sore mereka untuk memulai bisnis blogging, situs web e-commerce, atau akhirnya menulis dan menerbitkan buku. 

Tentu, mereka selalu berniat untuk menciptakan suatu bisnis online terlaris sehingga mampu memenuhi kebutuhan mereka, tetapi mungkin terdapat beberapa orang yang tidak memiliki pemahaman yang benar tentang apa yang diperlukan untuk menjadi sukses dalam bisnis. 

Tentu saja, itu baik untuk menetapkan tujuan yang besar dan bermimpi besar, tetapi cukup mengejutkan, rupanya banyak pengusaha dan pengusaha baru di berbagai tahap pengembangan bisnis tidak dapat memahami apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan mereka menjadi bisnis online terlaris. 

Menghasilkan ratusan juta rupiah atau lebih dalam waktu lima tahun sejak memulai bisnis online adalah tujuan yang mengagumkan. Namun, apakah Anda tahu apa yang harus Anda lakukan untuk sampai ke sana dan memastikan bahwa Anda tidak menjadi ‘flash in the pan’ atau tidak berkelanjutan? 

Dengan mengingat hal itu, berikut adalah syarat-syarat memiliki bisnis online terlaris yang akan membuat Anda dan bisnis Anda menonjol serta membantu Anda mencapai tujuan Anda:

1. Attitude of gratitude

Sangat mudah untuk melupakan orang-orang yang memberi Anda saran, memperkenalkan Anda kepada pemasok utama, atau hanya bertindak sebagai papan suara untuk ide-ide gila Anda. Sejujurnya, banyak dari mereka tidak akan tersinggung bahwa Anda tidak menghubungi mereka lagi. 

Mereka tahu bahwa Anda sibuk dan memiliki kewajiban yang memakan waktu. Namun, bagian dari apa yang membuat kisah sukses bisnis online terlaris menonjol adalah memperhatikan detail kecil, bahkan sekadar mengucapkan kata ‘terima kasih’. Orang-orang yang telah membantu mengantarkan Anda hingga ke tititk saat ini akan lebih menghargai gratitude Anda. 

Hal tersebut akan mengingatkan mereka bahwa mereka membantu seseorang mencapai tujuan mereka. Ini juga dapat menyebabkan peluang bagi mereka untuk menampilkan Anda kepada audiens mereka, menggunakan kesuksesan Anda sebagai studi kasus, dan berpotensi mendorong lebih banyak lalu lintas dan penjualan ke dalam bisnis Anda. 

Pada catatan yang lebih praktis, menjaga kontak dengan circle Anda akan memberi mereka alasan untuk terus mengikuti kemajuan Anda dan membantu Anda lebih banyak lagi di masa depan.

2. Be yourself!

Benar, bisnis Anda merupakan cerminan dari diri Anda, tidak peduli seberapa besar atau kecil bisnis tersebut saat ini. Bisnis online terlaris sekalipun akan berhasil atau gagal dengan cara orang lain memandang merek Anda, dan pada akhirnya bagaimana perasaan mereka ketika berbisnis dengan Anda. 

Semua aspek bisnis Anda (seperti layanan pelanggan, kreasi produk, back office) harus menghormati nilai-nilai yang Anda anut. Pepatah lama mengatakan bahwa orang suka berbisnis dengan orang yang mereka “kenal, sukai, dan percayai” bahkan, pernyataan tersebut sudah lebih benar dan relevan saat ini. Untuk perusahaan besar sekalipun, orang ingin melihat CEO keluar untuk mewakili perusahaan dan berbicara atas nama perusahaan. Keaslian adalah kuncinya.

 Anda harus menjadi diri Anda sendiri, baik itu tipe yang halus, canggih, maupun orang dengan ujung yang kasar dan sikap yang cocok. Hanya Anda yang tahu apa yang cocok untuk Anda dan audiens target Anda, tetapi satu hal yang dapat menjamin kegagalan tidaklah otentik.

3. Fokus pada pelayanan

Fokus pada pelayanan
Sumber gambar: Amazonaws

Kutipan yang terkenal dari Zig Ziglar yang legendaris (1926-2012) adalah “Anda akan mendapatkan semua yang Anda inginkan dalam hidup, jika Anda cukup membantu orang lain mendapatkan apa yang mereka inginkan.”. Kutipan tersebut lebih dari sekadar ungkapan singkat dan sering Anda dengar. 

Dahulu, pengajaran dan pelatihan dikenal sebagai profesi “memberi”, tetapi pada abad ke-21, lebih banyak bisnis online terlaris harus mengadaptasi teknik mereka untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan hingga akhirnya memperoleh penjualan. Pelajari cara mengidentifikasi masalah, kekhawatiran, dan masalah pasar target Anda untuk menciptakan dan memposisikan penawaran Anda dengan lebih baik sebagai solusi terbaik di pasar. 

Semakin baik Anda berhubungan dan berbicara dengan mereka dengan copywriting yang efektif, semakin mereka akan menyadari bahwa Anda benar-benar solusi untuk masalah mereka. Sebagai pelaku bisnis, uang nyata selalu mengikuti dari menunjukkan manfaat layanan dan produk Anda kepada pelanggan yang ideal.

4. ‘Temui’ konsumen Anda

Berkat sebagian besar media sosial, dunia beralih dari ekonomi berbasis penjualan yang didominasi perusahaan ke ekonomi berbasis kepercayaan. Pada masa lalu, perusahaan dominan dapat mengandalkan loyalitas merek “buta” dari pelanggan untuk menjamin keuntungan tetap, bahkan jika produk dan layanan purnajual mereka sangat kurang. 

Tapi, hal tersebut tak lagi berlaku. Saat ini, benar-benar ada persaingan global di banyak industri, dan kesalahan atau kelemahan terkecil yang ditunjukkan oleh perusahaan dengan cepat terungkap, disebarluaskan oleh konsumen melalui internet, dan dieksploitasi oleh pesaing yang kejam. 

Industri otomotif adalah contoh yang bagus. Tidak peduli seberapa besar perusahaan, konsumen memiliki kekuatan untuk membuat mereka jatuh berlutut jika gagal melakukan pengiriman. Media sosial umumnya tidak bersahabat dengan industri penerbangan juga, tetapi bahayanya lebih buruk bagi bisnis kecil yang tidak punya waktu atau uang untuk berinvestasi dalam manajemen reputasi online

Di sisi positifnya, ketika digunakan dengan benar, pemasaran media sosial dan Facebook memberikan peluang besar bagi pengusaha dan pemilik usaha kecil karena ini merupakan cara yang hebat bagi pelanggan paling loyal dan antusias Anda untuk berbagi cinta dan kegembiraan mereka untuk perusahaan dan merek Anda.

5. Totalitas, siapa takut?

Tetapkan tolok ukur untuk diri Anda dengan produk dan layanan Anda, dan cobalah untuk melampauinya, sesederhana itu! Hal tersebut sangat penting untuk penawaran awal Anda, karena kesan pertama yang kuat dapat berarti banyak pelanggan seumur hidup. 

Bayangkan saja kegembiraan di wajah orang-orang karena mereka merasa bahwa mereka telah mendapatkan hasil akhir yang lebih baik! Ini hadiah Anda karena telah memberikan begitu banyak nilai dengan biaya rendah (atau cukup rendah). Dalam beberapa kasus, bersaing dalam harga bukanlah cara terbaik untuk bersaing; sebaliknya, persepsi harga harus dianggap sebagai nilai yang besar dari sudut pandang pelanggan dan klien Anda; bahkan jika Anda membebankan harga premium. Totalitas berarti melampaui panggilan tugas setiap saat untuk menjadi tidak hanya bisnis online terlaris yang layak tetapi juga pemimpin pasar yang semua orang kagumi dan iri.

bisnis laris
Sumber gambar: Iamava

Demikian syarat-syarat memiliki bisnis online terlaris. Menjalankan bisnis pada dasarnya berisiko. Meluangkan waktu untuk belajar dan berkembang adalah salah satu investasi terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko ini. Ingatlah bahwa tujuan pelanggan bukan untuk melakukan penjualan, melainkan tujuan penjualan adalah untuk mendapatkan pelanggan. 

Buat pengalaman pembelian pertama mereka dengan Anda yang luar biasa dan mereka akan terus membeli produk Anda berulang-ulang meningkatkan nilai seumur hidup pelanggan Anda dan memaksimalkan pendapatan Anda. Semoga bermanfaat dan selamat berbisnis online!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!