Samsung Galaxy S21: Model Exynos & Snapdragon akhirnya sama kuatnya

Dengan SoC andalan baru Exynos 2100, Samsung akhirnya dapat menutup celah dengan SoC Snapdragon terkuat Qualcomm. Ini adalah kabar baik bagi pembeli di Asia dan Eropa untuk seri Samsung Galaxy S21 mendatang.

Geekbench baru-baru ini merilis hasil benchmark Samsung Exynos 2100 yang menunjukkan bahwa smartphone seri Galaxy S21 pabrikan Korea Selatan ini akan tampil serupa di Asia dan Eropa dengan model platform Qualcomm Snapdragon yang tersedia di AS dan negara lain tersebut.
Hasil benchmark menunjukkan kinerja CPU yang hampir sama

Secara khusus, Geekbench berbicara tentang Samsung Galaxy S21 Plus (SM-G996B) yang dilengkapi Exynos 2100 untuk pasar Eropa dengan skor multi-core 3963 Rubber Points. Menurut tes, skor single-core adalah 1089 poin. Jika Anda membandingkan hasil Geekbench untuk Qualcomm Snapdragon 888 5G yang baru saja dirilis Xiaomi, Anda tidak akan melihat banyak perbedaan.

Secara khusus, Xiaomi menyebutkan skor multi-core 3818 poin untuk Mi11, yang diharapkan akan diluncurkan pada bulan Desember, sedangkan skor single-core adalah 1135 poin. Pabrikan Cina dengan demikian mengkonfirmasi bahwa hasil tes, yang juga dapat dilihat langsung di database Geekbench selama beberapa hari, adalah hasil yang dicapai dengan Xiaomi Mi 11 yang sudah jadi.

Baca Juga: Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy S21: Lebih Murah Dari S20?

Melihat lebih dekat hasil Geekbench untuk Samsung Exynos 2100 pada Galaxy S21+ Eropa dan Snapdragon 888 5G pada Mi 11, chip Samsung tampaknya memiliki sedikit keunggulan dalam pengujian multi-core. Sejauh ini, SoC Exynos generasi terbaru dan Snadragon kelas atas selalu berbeda secara signifikan dalam hal kinerja, itulah sebabnya Samsung harus menerima banyak kritik.

Misalnya, SoC Exynos yang digunakan di Asia dan Eropa sering dikritik karena kurang bertenaga dan kurang hemat daya, membuat beberapa pelanggan kesulitan untuk mendapatkan model berbasis Snapdragon. Setidaknya dari segi performa, model-model seri Galaxy S21 kini sepertinya sudah mencapai level yang sama. Akankah chip Snapdragon atau Exynos nanti berada di level yang sama? Kita tunggu saja kehadiran seri Samsung Galaxy S21.

Sumber :