Ramai Peminat, Berikut 8 Rekomendasi Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar

Business Idea

Tak terbendung zaman, bisnis jajanan anak sekolah dasar masih menjadi pilihan bagi beberapa pengusaha, mungkin Anda salah satunya.

Meskipun terlihat sederhana dan mudah untuk dibuat, bisnis jajanan anak sekolah dasar dapat meraih keuntungan besar, lho!

Justru, dengan kemudahannya tersebut, bisnis jajanan anak sekolah dasar menjadi salah satu alternatif dan rekomendasi bagi para pengusaha yang ingin memulai bisnis mereka dari modal yang bisa dibilang tak terlalu besar. Meminimalisasi risiko dengan tetap memperoleh keuntungan menjadi suatu keunggulan bisnis jajanan anak sekolah dasar.

Selain itu, bisnis jajanan anak sekolah dasar cukup digemari oleh semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sehingga tak sulit untuk menemukan konsumen.

Lalu, apa saja rekomendasi bisnis jajanan anak sekolah dasar? Simak daftar berikut!

1. Telur gulung

Sumber gambar: Craftlog

Telur gulung adalah variasi dari telur goreng yang di mana sebuah telur akan digoreng dan kemudian digulung menggunakan sebuah tusukan yang biasanya dibuat dari kayu pohon Bambu. Makanan ini sering dihidangkan dan dijual di beberapa sekolah, terutama di tingkat sekolah dasar (SD).

Cara membuat telur gulung ini relatif mudah karena hampir mirip dengan membuat telur dadar pada biasanya. Yang menjadikan makanan ini seringkali gagal dibuat adalah teknik membuat sebaran telur di minyak panas dan teknik menggulung dengan benar karena kedua hal tersebut yang menjadikan telur ini jarang dibuat oleh banyak orang.

Diperlukan sebutir telur dengan seperempat sendok teh garam untuk membuatnya. Setelah bahan tersebut ada, pecahkan telur di atas wadah dan taburkan garam tadi di atasnya, kemudian kocok telur tersebut sampai merata. Jangan lupa, panaskan minyak di wajan penggorengan. Minyak tersebut harus banyak karena minyak tersebutlah yang dapat membuat telur ini tersebar. Setelah minyak panas, ambil dua atau tiga sendok makan adonan telur tersebut dari wadah kemudian sebarkan adonan telur itu dengan merata di seluruh minyak panas yang ada di wajan. Setelah telur matang, ambil tusukan kemudian gulung telur tersebut sampai rapat ke pinggir tusukan. Telur gulung pun bisa siap disajikan.

2. Cilok

Sumber gambar: Resep Mami

Cilok adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi.

Tidak hanya sebagai makanan ringan yang enak, cilok juga dapat menjadi sebuah peluang usaha. Rata-rata pedagang cilok adalah pedagang kaki lima yang sering berpindah-pindah, dan rata-rata berjualan di sekitar sekolah, kampus, dan pabrik.

Bahan bakunya antara lain tepung kanji, bumbu bawang, dan beberapa bahan lainnya. Lalu campurkan dengan daging ayam atau sapi dengan menggunakan air. Kemudian direbus dan dibentuk bulat-bulat kecil seperti pentol bakso.

3. Bisnis jajanan anak sekolah dasar: Bakso

Sumber gambar: Klimg

Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau. 

Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mie, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar. Berbagai jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mal-mal. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mie goreng, nasi goreng, atau capcay.

4. Bisnis jajanan anak sekolah dasar: Batagor

bisnis jajanan anak sekolah dasar
Sumber gambar: Akamaized

Batagor (akronim dari bakso tahu goreng) merupakan jajanan khas Bandung yang mengadaptasi gaya Tionghoa-Indonesia dan kini sudah dikenal hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Secara umum, batagor dibuat dari tahu yang dilembutkan dan diisi dengan adonan berbahan Ikan tenggiri dan tepung tapioka lalu dibentuk menyerupai bola yang digoreng dalam minyak panas selama beberapa menit hingga matang. Variasi lainnya yaitu siomay, digoreng dan dihidangkan bersama batagor dan dikombinasikan dengan bumbu kacang, kecap manis, sambal, dan air perasan jeruk nipis sebagai pelengkap.

5. Sosis bakar

bisnis jajanan anak sekolah dasar
Sumber gambar: CPCDN

Sosis adalah suatu makanan yang terbuat dari daging cincang, lemak hewan, ternak dan rempah, serta bahan-bahan lain. Sosis umumnya dibungkus dalam suatu pembungkus yang secara tradisional menggunakan usus hewan, tetapi sekarang sering kali menggunakan bahan sintetis, serta diawetkan dengan suatu cara, misalnya dengan pengasapan.

Salah satu pengolahan sosis yang sering dijual di sekolah-sekolah adalah sosis bakar.

6. Telur ping pong

bisnis jajanan anak sekolah dasar
Sumber gambar: WordPress

Telur ping pong merupakan makanan cukup lawas dan sudah dikenal sejak 1990-an. Kuliner ini terbuat dari telur ayam yang sudah dikocok dan dicampur dengan berbagai bumbu.

Bumbunya seperti saat kita akan menggoreng telur pada umumnya. Uniknya, telur ini digoreng menggunakan cetakan bulat kecil seukuran bola ping pong. Telur yang menggelembung saat digoreng, membuat bentuknya menyerupai bola pingpong. Hal ini membuat telur pingpong menjadi nama yang tepat untuk disematkan.

Telur ini biasanya ditemui di jalanan sekitar sekolah yang ramai. Tak tanggung-tanggung, peminat dari telur ping pong ini pun cukup banyak, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

7. Leker

bisnis jajanan anak sekolah dasar
Sumber gambar: CPCDN

Leker atau kue pisang Surabaya adalah salah satu makanan khas kota Surabaya yang mudah ditemui sebagai salah satu bisnis jajanan anak sekolah dasar. Makanan kecil ini berbeda dengan leker yang dikenal di Jakarta dan kota lainnya. Untuk kulitnya, adonannya kemungkinan adalah telur, tepung terigu, susu, gula dan air. 

Adonan ini kemudian dituangkan di atas wajan mini yang telah panas (biasanya dipanaskan di atas bara arang) untuk membuat kulit leker berbentuk lingkaran. Setelah cukup matang, penjual kemudian menaburkan potongan-potongan kecil pisang, coklat tabur, gula pasir dan susu kaleng. Penjual lalu melipatnya menjadi setengah lingkaran dan menyajikannya kepada pembeli.

8. Cilor

bisnis jajanan anak sekolah dasar
Sumber gambar: IDN Times

Cilor merupakan jajanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung kanji atau yang biasa disebut “aci” dalam bahasa sunda. Cilor sendiri merupakan singkatan dari aci dan telur yang dimasak dengan cara aci dibalut dengan telur. Anda bisa dengan mudah mendapatkan jajanan ini di pinggir jalan dengan harga yang murah, tetapi jika anda ingin membuatnya sendiri sangatlah mudah.

Nah, demikian 8 rekomendasi bisnis jajanan anak sekolah dasar yang dapat Anda coba. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berbisnis!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!