Penting, Pastikan Usaha Anda Memenuhi Syarat Mendirikan CV 2019

Business Hack, Marketing

Syarat Mendirikan CV 2019
Sumber gambar: WP

Jika Anda ingin mendirikan CV, tentu usaha Anda harus memenuhi syarat mendirikan CV 2019, dong!

Namun demikian, sebelum Anda memutuskan untuk membuat usaha Anda menjadi usaha berbentuk CV dan memenuhi syarat mendirikan CV 2019, tentu Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai seluk beluk serta kelebihan dan kelemahan CV.

Dilansir dari GuruAkuntansi, CV adalah bentuk badan usaha kemitraan yang didirikan oleh dua orang atau lebih di mana beberapa anggota memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas dan beberapa anggota lainnya memiliki tanggung jawab yang terbatas.

CV merupakan singkatan dari Commanditaire Vennootschap yang merupakan jenis entitas bisnis kemitraan yang belum memiliki badan hukum. Pemilik modal dalam CV atau dibagi menjadi dua jenis, yaitu sekutu aktif dan sekutu pasif.

  1. Sekutu Aktif (Komplementer), yaitu sekutu yang menjalankan perusahaan dan memiliki hak untuk mengadakan perjanjian dengan pihak ketiga.
  2. Sekutu Pasif (komanditer), yaitu sekutu yang hanya menyerahkan modal dalam kemitraan dan tidak ikut campur dalam manajemen, atau kegiatan perusahaan.

Nah, keberadaan dua sekutu tersebut merupakan salah satu ciri-ciri dari CV. Sebelum mengetahui syarat mendirikan CV 2019, sebaiknya Anda mengetahui apa tujuan pendirian CV beserta dengan ciri-cirinya.

Syarat Mendirikan CV 2019
Sumber gambar: Akamaized

Setiap CV memiliki tujuan di setiap yayasannya, salah satunya adalah untuk dapat melakukan kegiatan bisnis yang serupa dengan perusahaan lain atau berbeda, yang bersifat khusus atau umum sesuai dengan keinginan pendiri para pendiri perusahaan. Selain itu, tujuan mendirikan CV adalah untuk entitas bisnis sehingga bisnis memiliki tempat resmi dan legal untuk memfasilitasi pergerakan entitas bisnis itu sendiri.

Misalnya “pengadaan barang”, diperlukan sarana kerja sama, selain itu biasanya mengisyaratkan bahwa kerjasama dengan pemerintah lembaga atau masalah lain pendirian badan usaha.

Lalu, apa saja ciri-ciri CV?

  • Terdapat dua jenis keanggotaan dalam CV yakni sekutu aktif dan sekutu pasif
  • Sekutu aktif adalah anggota yang berperan menjalankan perusahaan
  • Sekutu pasif adalah anggota yang hanya menginvestasikan modal bisnis tanpa berpartisipasi dalam menjalankan perusahaan
  • Sekutu aktif memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas
  • Sekutu pasif memiliki tanggung jawab hanya sebanyak modal yang diinvestasikan dalam perusahaan
Sumber gambar: Amazonaws

Pada dasarnya, CV merupakan permitraan yang terdiri dari satu atau lebih mitra biasa dan satu atau lebih mitra diam (Komanditer), yang secara pribadi bertanggung jawab untuk semua utang permitraan, dan bertanggung jawab hanya sebesar kontribusinya. Kehadiran mitra diam adalah ciri utama dari CV atau permitraan terbatas.

Sebelum memutuskan untuk mendirikan CV dengan memenuhi beberapa syarat mendirikan CV 2019, Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan beserta risiko dalam pendirian CV sebagaimana dilansir dari lama artonang.

Kelebihan CV antara lain:

  1. Modal yang dikumpulkan lebih besar;
  2. Mudah proses pendiriannya;
  3. Kemampuan untuk berkembang lebih besar;
  4. Persekutuan komanditer cenderung lebih mudah memperoleh kredit;
  5. Kesempatan ekspansi lebih banyak;
  6. Dari segi kepemimpinan, persekutuan komanditer relatif lebih baik ataupun kemampuan manajemennya lebih besar;
  7. Kebutuhan akan modal dapat lebih dipenuhi;
  8. Manajemen dapat didiversifikasikan; dan
  9. Sebagai tempat untuk menanamkan modal, persekutuan komanditer cenderung lebih baik, karena bagi sekutu diam akan lebih mudah untuk menginvestasikan maupun mencairkan kembali modalnya.

Kekurangan CV antara lain:

  1. Sebagian anggota/sekutu memiliki tanggung jawab tidak terbatas karena ada sekutu yang aktif dan sekutu yang pasif;
  2. Kelangsungan hidup CV tidak menentu, karena banyak tergantung dari sekutu aktif yang bertindak sebagai pemimpin persekutuan;
  3. Sulit untuk menarik kembali investasinya (terutama untuk sekutu pimpinan);
  4. Kekuasaan dan pengawasan kompleks;
  5. Tanggung jawab para sekutu komanditer yang terbatas mengendorkan semangat mereka untuk memajukan perusahaan jika dibandingkan dengan sekutu-sekutu pada persekutuan firma; dan
  6. Apabila perusahaan berutang/merugi, maka semua sekutu bertanggung jawab secara bersama-sama.

Mengetahui pengertian, ciri-ciri, tujuan pendirian, segala macam kelebihan dan kekurangan CV beserta risikonya, apakah Anda sudah siap untuk mengetahui syarat mendirikan CV 2019?

Berikut syarat mendirikan CV 2019:

  • Copy atau scan e-KTP dengan format terbaru dari pengurus perusahaan, baik untuk persero aktif maupun pasif
  • Copy atau scan KK dengan format terbaru dari pengurus perusahaan, baik untuk persero aktif maupun pasif
  • Copy atau scan NPWP dengan format terbaru dari pengurus perusahaan, baik untuk persero aktif maupun pasif
  • Copy PBB tahun terakhir sesuai domisili perusahaan
  • Copy bukti bayar PBB tahun terakhir sesuai domisili perusahaan
  • Surat Keterangan Domisili dari pengelola Gedung/Ruko
  • Foto kantor tampak dalam dan luar
  • Kantor berada di zonasi perkantoran atau zonasi komersial atau zonasi campuran
Syarat Mendirikan CV 2019
Sumber gambar: Akseleran

Nah, jika Anda sudah memenuhi syarat mendirikan CV 2019, Anda dapat langsung mendaftarkan usaha Anda menjadi sebuah CV dengan langkah-langkah syarat mendirikan CV 2019 berikut!

1. Pengecekan nama oleh notaris

Karena sekarang nama CV harus dicek dan di book oleh notaris, Anda harus memulai dengan memilih nama perusahaan yang Anda ingin daftarkan. Nama CV sekarang tidak bisa lagi sama dengan nama CV lain.

2. Pembuatan draft akta

Notaris akan segera membuat draft akta perusahaan yang berisi anggaran dasar dan anggaran rumah tangga perusahaan setelah nama dinyatakan bisa digunakan.

3. Finalisasi dan tanda tangan akta di hadapan notaris

Setelah draft akta sudah final, maka Akta akan ditandatangani oleh para persero di hadapan notaris. Kemudian, notaris akan membuat Salinan Akta dan mendaftarkan akta tersebut di Kemenkumham untuk mendapatkan Surat Keterangan Terdaftar yang mengesahkan Akta tersebut.

4. Pengambilan NPWP perusahaan

Setelah NPWP Perusahaan sudah didaftarkan, Kartu NPWP dan SKT akan dikeluarkan oleh KPP dengan persyaratan dokumen yang harus dilengkapi sebelumnya.

KPP akan melakukan pengecekan dahulu apakah data penanggung jawab pada NPWP Perusahaan tersebut sudah benar, memiliki format NPWP pribadi terbaru dan tidak terdapat tunggakan pajak.

5. Pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB)

NIB atau Nomor Induk Berusaha adalah nomor pengenal bagi pelaku usaha. NIB berfungsi untuk menggantikan TDP dan API, Akses Kepabeanan serta RPTKA jika diperlukan oleh si pelaku Usaha.

Pendaftaran NIB dilakukan melalui sistem OSS (Online Single Submission). Pengajuan API tidak wajib dan hanya perlu diajukan apabila dibutuhkan. Bila tidak langsung didaftarkan, API masih bisa didaftarkan setelah NIB sudah keluar ketika pelaku usaha sudah membutuhkan izin tersebut.

6. Pengajuan izin usaha dan izin komersial

Sama seperti NIB, Izin Usaha diterbitkan setelah NIB sudah keluar. Izin Usaha menggantikan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang sebelumnya menjadi salah satu dokumen perizinan wajib untuk perusahaan. Izin usaha diajukan terlebih dahulu sebelum izin komersial. Izin Komersial berfungsi untuk pelaku usaha atau badan usaha yang dengan bidang yang kegiatan operasionalnya membutuhkan izin khusus. Contohnya adalah perusahaan yang melakukan produksi makanan atau obat-obatan.

Demikian artikel mengenai syarat mendirikan CV 2019 beserta dengan informasi-informasi mengenai CV yang sebaiknya Anda ketahui.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berbisnis!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!