Penting, Ini 7 Tipe Leadership Training yang Paling Ampuh

Business Hack

leadership training
Sumber: Shoosmiths

Sebelum masuk ke pembahasan leadership training, tahukah Anda bahwa manager (manajer) dan leader (pemimpin) merupakan dua istilah yang berbeda? Meskipun terdengar sama, apabila Anda memahami kedua istilah tersebut, rupanya arti dan makna yang sangat berbeda. 

Ya, keduanya sama-sama memimpin. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (daring), manajer adalah orang yang mengatur pekerjaan atau cara kerja sama di antara berbagai kelompok atau sejumlah orang untuk mencapai sasaran. Sementara itu, pemimpin adalah orang yang memimpin.

 Eits, jangan salah. Meskipun arti dari seorang pemimpin pada KBBI hanya singkat, namun dampak yang dihasilkan cukup signifikan. Selain perbedaan dalam bentuk istilah, cara yang ditempuh pun berbeda. Ketika manajer membangun tujuan, pemimpin membangun visi. Hubungan antara manajer dengan karyawan hanyalah berdasarkan otoritas, sementara bagi pemimpin, hubungannya didasarkan atas pengaruh satu sama lain. 

Manajer cenderung menghasilkan sesuatu dalam bentuk suatu penyelesaian, sementara pemimpin memberikan arah dalam tindakan, sikap, serta melibatkan visi dan penilaian. Terakhir, banyak yang menganggap bahwa manajer adalah orang-orang yang melakukan hal dengan benar, sementara pemimpin adalah orang-orang yang melakukan hal-hal yang benar. 

Memang, perbedaan tersebut tak terlalu kentara. Namun, ada kalanya, seseorang memerlukan sosok pemimpin yang tidak hanya memiliki keterampilan negosiasi yang kuat dan mengelola operasi bisnis sehari-hari, tetapi juga pemimpin yang mampu menginspirasi karyawan untuk menghayati nilai-nilai perusahaan untuk melangkah lebih jauh.

Kita tak selalu cukup beruntung untuk menemukan pemimpin yang lahir alami. Namun, kita dapat melatih manajer kita untuk menjadi seorang pemimpin, melalui leadership training. Berikut opsi untuk Anda dan para pemilik bisnis untuk melaksanakan leadership training yang paling ampuh:

1. Aktivitas team building

Melalui aktivitas team building, atribut kepemimpinan pada diri seseorang dapat dikembangkan. Bagaimana bisa? Keterampilan bekerja dengan tim dan semua orang di sekitar mereka adalah sesuatu yang dapat membuat seseorang menjadi seorang pemimpin yang hebat. 

Guna mengasah keterampilan kepemimpinan manajemen tersebut, kegiatan team building menawarkan berbagai kesempatan pelatihan untuk membangun hubungan dan belajar tentang orang lain. Hal tersebut membentuk lingkungan baru bagi para manajer untuk membangun kepercayaan, menyelesaikan konflik, dan bekerja bersama. 

Anda dapat mencoba berbagai jenis kegiatan team building. Ketika manajer mengenal tim mereka dengan lebih baik, mereka akan meningkatkan manajemen leadership training secara keseluruhan pada tingkat pribadi, tak hanya di level perusahaan saja.

2. Dale Carnegie training

Opsi untuk program leadership training lainnya adalah Dale Carnegie training. Program leadership training ini mendorong manajer untuk belajar cara membangun teknik pelatihan yang efektif, analisis masalah utama dan pengambilan keputusan, cara mengkomunikasikan perubahan secara efektif, memperkuat keterampilan mendengarkan, serta mengenali keberhasilan tim dengan penuh antusias. 

Selain itu, program ini juga mengajarkan proses delegasi delapan langkah untuk manajer yang sangat membantu manajer untuk meningkatkan keterampilan manajemen seluruh keseluruhan. Opsi ini sangat berharga untuk dipertimbangkan, ya!

3. In-house training

Faktanya, sebagian besar pelatihan manajer dilakukan di tempat kerja dalam bentuk in-house training. Pendekatan top-down ini merupakan opsi yang banyak diterima untuk leadership training. Hal tersebut memungkinkan pemilik bisnis untuk menyelesaikan pelatihan untuk peran, industri, dan orang yang terlibat secara spesifik. Investasi keuangan pada pelatihan ini pun minimal. 

Namun, bentuk leadership training ini membutuhkan seorang pemimpin yang bersedia meluangkan waktu untuk meluangkannya. Namun, jika Anda ingin mengikuti pola pelatihan tradisional dan mempertimbangkan kualitas kepemimpinan tertentu, in-house training dapat menjadi salah satu opsi untuk leadership training.

4. Konsultasi

konsultasi pelatihan
Sumber: Fardalaw

Hire seorang konsultan adalah cara untuk mengkombinasikan in-house training dengan seminar langsung untuk leadership training. Konsultan tersebut selanjutnya dipertemukan dengan pemilik bisnis atau tim kepemimpinan eksekutif. Dalam pertemuan tatap muka ini, Anda dapat merinci dengan tepat apa yang Anda cari dari tim Anda dan menyesuaikan sesi-sesi pelatihannya. Hire konsultan bisa saja menjadi costly, tetapi hal ini merupakan bentuk leadership training yang sangat baik secara menyeluruh. 

Hal tersebut juga didukung oleh keterlibatan semua tingkatan bisnis. Jika Anda mampu membeli opsi ini, pertimbangkan untuk menggunakan opsi ini sebagai salah satu cara leadership training Anda. Terlebih, jika Anda memiliki masalah kepemimpinan yang signifikan dan membutuhkan pelatihan langsung dari sumber eksternal.

5. Pelatihan + teknologi

Teknologi informasi dan komunikasi, khususnya internet, telah membuat banyak aspek pekerjaan lebih sederhana. Bahkan, berbagai macam bentuk pelatihan telah memasukkan CD audio, DVD, dan video online di perusahaan. Terdapat pula webinar yang merupakan forum dimana para pemimpin dapat secara langsung berbicara dengan manajer mereka satu per satu atau dalam suatu kelompok. 

Dibutuhkan persiapkan dari manajer training untuk mengembangkan sarana dan prasarana yang diperlukan. Tak memakan banyak waktu, Anda juga dapat menjangkau banyak orang dalam waktu yang singkat.

6. Pelatihan akademik formal

Akhir-akhir ini, sekolah-sekolah bisnis menawarkan leadership training dalam lingkungan akademik formal. Jenis leadership training ini dapat berupa lokakarya di perguruan tinggi setempat atau gelar pascasarjana secara penuh. 

Program-program ini cukup memakan waktu dan membutuhkan investasi yang signifikan dari para pemilik bisnis. Meskipun demikian, program ini melibatkan semua bagian terbaik dari setiap metode lainnya. Hal tersebut karena terdapat pengawasan yang signifikan untuk memastikan semua pihak belajar dengan benar. 

Jika bisnis Anda cenderung terspesialisasi dan Anda mampu membeli opsi ini, pertimbangkan untuk menggunakan pelatihan akademik formal sebagai salah satu opsi leadership training Anda.

7. Workshops dan seminar langsung

Opsi lain dalam leadership training dengan mengirim manajer Anda ke luar dari kantor adalah workshops dan seminar langsung. Acara ini sering diselenggarakan oleh para profesional terkemuka dari berbagai industri. Bahkan, Anda dapat memesan sesuatu (request) dengan berkinerja baik di bidang Anda. Namun, banyak pula yang menawarkan workshop dalam harga yang cukup mahal. 

Meskipun demikian, manfaat yang diperoleh dengan mengikuti leadership training pada metode ini sangat banyak. Workshops dan seminar langsung memberi para manajer kesempatan untuk keluar dari lingkungan kerja dan mempelajari lingkungan baru yang dapat berguna pada performa kerja sehari-hari.

Workshop training
Sumber gambar: WordPress

Demikian 7 tipe leadership training yang dapat Anda laksanakan untuk menciptakan pemimpin-pemimpin yang berdedikasi. Ingatlah untuk tetap memperhatikan ukuran bisnis Anda dan juga industri tempat Anda terlibat. Hal tersebut karena tidak semua tipe leadership training dapat diterapkan di semua lini bisnis. 

Misalnya, jika Anda adalah pemilik sebuah bisnis atau perusahaan kecil yang menghasilkan uang, mungkin Anda lebih mempertimbangkan untuk mengirim manajer Anda ke seminar untuk leadership training. Sebaliknya, jika Anda adalah pemilik sebuah perusahaan besar, mungkin memerlukan kombinasi dari semua pelatihan dan teknologi in-house

Semua metode tentu berhasil dalam berbagai bisnis, tetapi tidak semua opsi tersebut sama. Pastikan untuk mempertimbangkan opsi-opsi tersebut ketika melihat jenis-jenis leadership training yang tersedia untuk Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!