Penting, Ini 5 Pengaruh Cara Kerja Bisnis Online Terhadap Anak Muda

Business Hack, Business Idea

cara kerja bisnis online
Sumber gambar: Amazonaws

Cara kerja bisnis online hampir sama dengan bisnis lainnya, kecuali alih-alih memiliki lokasi fisik bagi konsumen/klien untuk berinteraksi dengan produk dan layanan Anda, transaksi biasanya dilakukan secara online dan eksklusif. Di antara semua cara kerja bisnis online, e-commerce adalah jenis yang semakin umum yang mungkin sudah Anda ketahui sebelumnya. 

Jika Anda ingin membeli sepasang headset, Anda bisa pergi ke toko terdekat, menemukan sepasang headset yang Anda inginkan, dan membelinya. Ini adalah cara kerja ritel tradisional. Namun, Anda juga dapat mengunjungi situs web suatu toko dan membeli sepasang headset yang sama di sana. Ini adalah cara kerja bisnis online e-commerce

Keuntungan dari e-commerce dari perspektif pemilik bisnis adalah bahwa lapangan permainannya jauh lebih tinggi. Melalui cara kerja bisnis online, banyak uang yang dapat Anda hemat daripada untuk membeli etalase toko dan membuka toko baru secara fisik. Biayanya ratusan kali lebih sedikit cenderung digunakan sebagai uang per bulan untuk meng-host nama domain. 

Penggunaan layanan seperti Shopify atau WooCommerce, menjadi tuan rumah toko online Anda sendiri. Pelanggan mengunjungi toko online Anda dengan cara yang sama seperti mereka mengunjungi toko offline, dan mereka dapat membeli produk Anda secara langsung.

Di luar e-commerce, cara kerja bisnis online sangat umum saat ini. Layanan konsultasi online, perangkat lunak sebagai layanan, aplikasi seluler – semua ini sebenarnya adalah bisnis. Bisnis ini menghasilkan uang dengan menagih pelanggan untuk memiliki akses ke layanan. 

Saat ini, Anda juga dapat menggambarkan hampir semua jenis bisnis, dan Anda dapat menganggapnya dapat dijalankan secara online. Namun tahukah Anda bahwa cara kerja bisnis online saat ini rupanya mempengaruhi kinerja anak muda?

Orang-orang muda mengubah dunia. Dan mereka membuktikan bahwa setiap upaya – besar atau kecil – diperhitungkan, termasuk cara kerja bisnis online. Berikut 5 pengaruh cara kerja bisnis online terhadap anak muda beserta kontribusi yang dapat Anda lakukan atas itu:

1. Bergerak menutup celah teknologi

Salah satu tantangan terbesar bagi kaum muda perkotaan adalah akses ke teknologi. Menurut sebuah survei oleh Pew Internet & American Life Project, 50 persen guru siswa berpendapatan tinggi mengatakan bahwa siswa mereka memiliki akses ke alat digital yang mereka butuhkan di rumah, sementara hanya 3 persen guru siswa termiskin di negara itu mengatakan sama. 

Ini sangat mengkhawatirkan, karena 70 persen guru mengatakan murid-murid mereka mengandalkan internet untuk menyelesaikan tugas mereka. Perbedaan yang begitu lebar pasti akan memperbesar celah kesempatan: Ketika teknologi menjadi lebih relevan dalam kehidupan kita sehari-hari, mereka yang tidak memiliki akses pasti akan tertinggal. 

Banyak perusahaan sudah menemukan ini: Texas Instruments, HP, Microsoft dan Apple, antara lain, sedang berupaya membawa teknologi ke dalam kelas. Anda dapat melakukan hal yang sama: Hubungkan perusahaan Anda ke salah satu dari banyak organisasi lain yang mendorong pendidikan melalui teknologi. 

Atau, terhubung dengan sekolah dasar dan menengah perkotaan setempat untuk memahami bagaimana Anda dapat membantu dengan kebutuhan teknologi mereka.

2. Menginspirasi kaum muda

Anak muda saat ini membutuhkan pemberdayaan yang memunculkan motivasi bagi mereka untuk berhasil dalam angkatan kerja dan Anda bisa memberikannya kepada mereka. Biasanya, anak muda cenderung lebih mudah menerima informasi melalui cerita-cerita atau kisah hidup seseorang yang sukses melalui cara kerja bisnis online, tak lagi sebatas coretan tinta di atas kertas. 

Jangkau sekolah menengah di daerah Anda untuk menjadwalkan pembicaraan; relawan perusahaan Anda dengan program bimbingan untuk anak muda; tahan satu hari di mana anak-anak dapat datang ke kantor Anda dan lihat bagaimana rasanya. Tetapi yang paling penting, bagikan kisah Anda dengan mereka. Biarkan mereka tahu bahwa kesuksesan itu mungkin bagi mereka, apa pun keadaan mereka.

3. Memberikan kesempatan

memberikan kesempatan
Sumber gambar: WP

Menurut Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Modul Sosial Budaya dan Pendidikan 2018, rerata total biaya pendidikan nasional tingkat Perguruan Tinggi tahun ajaran 2017/2018 mencapai Rp 15,33 juta. Angka ini lebih dari dua kali lipat biaya pendidikan tingkat SMA/SMK yang mencapai Rp 6,5 juta. Adapun biaya kuliah di Banten tercatat paling mahal dibandingkan dengan Jakarta maupun provinsi lainnya. 

Biaya pendidikan tingkat PT di Banten mencapai Rp 22,26 juta atau 45% lebih tinggi dibandingkan rerata nasional dan tiga kali lipat lebih besar dari biaya kuliah di Sulawesi Barat. Bahkan dengan bantuan keuangan, banyak siswa masih memerlukan dana tambahan untuk menghadiri program pendidikan tinggi. Meskipun mengambil pinjaman siswa cukup sederhana, banyak lulusan perguruan tinggi merasa lebih sulit untuk melunasi hutang mereka ketika masih menjadi mahasiswa. 

Melalui cara kerja bisnis online, anak muda tak lagi terpaku pada bisnis-bisnis konvensional. Anda dapat berkontribusi atas masa depan anak-anak muda ini dengan meminta perusahaan Anda untuk mencocokkan sumbangan karyawan dan membantu anak-anak di komunitas Anda mencapai impian mereka.

4. Komunitas kaum muda terlibat

Blog populer Humans of New York pernah membuat berita untuk mengumpulkan lebih dari $ 1 juta melalui situs crowdfunding Indiegogo.com untuk mengirim anak-anak dari Mott Hall Bridges Academy di Brownsville, Brooklyn, dalam perjalanan kelas ke Universitas Harvard. 

Perjalanan semacam itu dapat membantu menginspirasi kaum muda perkotaan untuk menetapkan pandangan mereka lebih tinggi daripada lingkungan terdekat mereka. Dengan memulai inisiatif untuk mendukung kaum muda perkotaan di perusahaan Anda, Anda dapat membuat komunitas terlibat untuk melangkah lebih jauh.

5. Support satu sama lain

Maraknya cara kerja bisnis online membuat guru-guru sering kali menjadi advokat yang paling tidak dikenal oleh kaum muda. Mereka mungkin merasa seperti sedang berjuang melawan arus, tetapi pekerjaan yang para guru lakukan sangat berharga. 

Berikan guru dukungan yang mereka butuhkan dengan menjadi sukarelawan di kelas, mengumpulkan uang untuk mendanai program-program setelah sekolah dan perkemahan musim panas dan menulis profil tentang para guru yang membuat perbedaan di daerah Anda. Perlakukan guru dengan rasa hormat yang layak mereka terima, dan anak-anak akan mengikuti teladan Anda.

support satu sama lain antara kaum muda
Sumber gambar: Petersons

Perlu diingat bahwa bisnis Anda, serta beragam alat online yang tersedia, terus berubah dan berkembang. Meskipun Anda mungkin tidak berencana untuk memiliki situs web segera ketika Anda mulai beroperasi, itu masih merupakan ide yang baik untuk memikirkan apakah Anda akan membutuhkannya di kemudian hari dan untuk apa Anda menggunakannya. 

Orang muda tidak takut, berani, cepat, dinamis dan percaya diri. Kaum muda memiliki ide, kreativitas, dan energi besar untuk membentuk dunia yang lebih baik. Orang-orang muda penuh harapan dan melalui inovasi dan imajinasi, mereka adalah pemecah masalah dan memiliki potensi besar untuk menghasilkan perubahan sosial yang positif di dunia. 

Orang-orang muda terus mencari transendensi yang menghasilkan keinginan untuk membantu lingkungan, negara, komunitas dan keluarga. Dengan globalisasi dan teknologi dunia bahkan menjadi lebih kecil, dengan kemungkinan koneksi tanpa batas, ada peluang unik bagi kaum muda untuk bersatu dalam solidaritas dan berempati pada persahabatan sejati. Semoga bermanfaat dan selamat berbisnis online!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!