Mudah! Ini Tips Membuat Contoh Proposal Usaha Kerajinan yang Baik

Business Hack, Business Idea

Contoh Proposal Usaha Kerajinan
Sumber gambar: PandaDoc

Contoh proposal usaha kerajinan dapat menjadi salah satu referensi bagi beberapa orang untuk mencoba terjun ke dalam bisnis kerajinan. 

Ya, mungkin Anda salah satunya.

Pada beberapa kasus, memang, Anda tidak memerlukan contoh proposal usaha kerajinan sebagai langkah awal dalam memulai bisnis kerajinan. Meskipun demikian, salah satu wujud ‘penawaran’ tertulis dari penjual ke calon pembeli ini sering kali merupakan langkah kunci dalam proses penjualan kompleks.

Mengapa bisa demikian?

Hal tersebut karena proposal menempatkan persyaratan yang diinginkan pembeli ke dalam konteks produk dan jasa dari penjual, dan mengedukasi pembeli tentang kemampuan penjual dalam memenuhi kebutuhan mereka. Dalam konteks ini adalah contoh proposal usaha kerajinan.

Dengan membuat contoh proposal usaha kerajinan yang hendak Anda dirikan, Anda dapat mengkomunikasikan kepada pembeli Anda mengenai kemampuan yang Anda miliki dalam menghasilkan produk kerajinan sehingga Anda mampu memperoleh kepercayaan yang lebih tinggi dari pembeli Anda.

Contoh Proposal Usaha Kerajinan
Sumber gambar: Imgix

Selain itu, contoh proposal usaha kerajinan juga dapat Anda jadikan referensi sebagai salah satu komponen dalam proses pengajuan proposal ketika harus melibatkan pihak ketiga untuk bekerja sama dalam hal permodalan, bisa berupa investasi, pembagian hasil usaha, dan lain-lain Aspek ini tentu membutuhkan perhitungan yang teliti supaya hubungan kerja sama dapat berjalan dengan baik.

Tak jarang, jika Anda ingin mendirikan usaha kerajinan, Anda akan diminta untuk memberikan contoh proposal usaha kerajinan sebagai syarat izin penggunaan suatu bangunan atau tempat tertentu sebagai lokasi Anda dalam memproduksi produk-produk kerajinan.

Mengetahui pentingnya proposal usaha kerajinan, sudah penasaran kan bagaimana dan apa saja sih tips membuat contoh proposal usaha kerajinan yang baik? Simak penjelasan berikut!

1. Proposal yang ‘menjual’

membuat proposal usaha mudah
Sumber gambar: Lynda

Tujuan dari proposal bisnis adalah untuk menjual, bukan untuk membuat pertemuan pikiran yang yang seharusnya selalu dilakukan dalam tahap pra-proposal atau penawaran. Jumlah pelanggan yang membaca proposal Anda adalah tentu menjadi suatu pertimbangan. Namun, sebagian besar kondisi pada proposal, termasuk harga, harus dibahas sebelum membuat proposal bisnis.

Agar lebih jelas, capai kesepakatan secara lisan sebelum menginvestasikan bahkan satu menit waktu Anda dalam membuat contoh proposal usaha kerajinan. Ketika Anda memiliki perjanjian itu, proposal adalah media untuk membangun profesionalisme Anda dengan menjelaskan dengan jelas bagaimana Anda dan pelanggan Anda akan bekerja bersama.

2. Cantumkan judul dan tanggal

membuat proposal usaha mudah
Sumber gambar: Insider

Judul proposal usaha kerajinan Anda harus meninggalkan keraguan tentang isinya. Anggap ini sebagai judul artikel yang menarik yang ingin dibaca oleh pembeli Anda. 

Jika Anda telah melakukan pekerjaan Anda dengan baik di tahap pra-proposal, pelanggan Anda tidak perlu banyak waktu dalam menerima proposal Anda. Tindak lanjuti mereka dalam seminggu untuk memastikan semuanya seperti yang mereka harapkan, dan untuk menerima proposal.

3. Paparkan tujuan proposal dengan jelas

Tujuan dari contoh proposal usaha kerajinan Anda merupakan ringkasan eksekutif yang harus akurat dan ringkas. 

Jika pemaparan tujuan proposal ini dilakukan dengan baik, banyak pembeli hanya akan memindai isi proposal dan menerimanya. Sebuah konvensi umum di bagian pertama ini adalah untuk menyatakan nama pembeli dan perusahaan Anda secara penuh, sambil membuat versi singkat untuk memudahkan membaca keseimbangan proposal.

4. Analisis situasi sebagai wujud pemahaman

membuat proposal usaha mudah
Sumber gambar: Incimages

Analisis situasi (situation analysis) menjadi kesempatan Anda untuk menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda penuh perhatian dan mencatat dalam pertemuan dan percakapan sebelumnya. Tunjukkan pada contoh proposal usaha kerajinan Anda bahwa Anda memiliki pemahaman menyeluruh tentang pelanggan Anda dan “pain points” mereka atau masalah yang siap dipecahkan oleh perusahaan Anda untuk membawa mereka ke tempat yang lebih baik.

5. Cantumkan daftar objectives dan value

membuat proposal usaha mudah
Sumber gambar: Personnel Today

Objectives menjadi solusi yang akan diberikan perusahaan Anda kepada client. Dengan menguraikan manfaatnya bagi pelanggan Anda pada contoh proposal usaha kerajinan, Anda menetapkan nilai yang akan Anda minta dalam syarat dan ketentuan. Nilai tersebut tidak didefinisikan secara moneter, tetapi dengan kata-kata deskriptif yang membantu pelanggan memahami bagaimana mereka akan membantu bisnis mereka.

6. Buat ukuran kesuksesan

proposal bisnis mudah
Sumber gambar: Guava Box

Ukuran kesuksesan adalah bagaimana Anda dan pelanggan Anda mengharapkan untuk menilai kinerja Anda. Contohnya termasuk mengurangi biaya, meningkatkan pendapatan, dan menghemat waktu. Banyak bisnis berjanji untuk meningkatkan laba dan membantu pelanggan mereka “menghasilkan uang” – tetapi hanya sedikit yang mau dimintai pertanggungjawabannya. Profesional sejati yang bersedia bertanggung jawab dengan mudah menonjol – dan proposal mereka diterima, termasuk proposal usaha kerajinan Anda.

7. Sediakan opsi tambahan

proposal bisnis mudah
Sumber gambar: Lancs

Ketika Anda memberikan beberapa opsi, Anda mencegah overselling dan underselling.

Cara termudah untuk melakukan ini adalah dengan memberikan opsi pertama yang memenuhi standar minimum untuk menyelesaikan pekerjaan pada contoh proposal usaha kerajinan Anda. Opsi kedua menyediakan semua itu dan lebih banyak. Bahkan, tidak memungkinkan adanya opsi lainnya yaitu opsi ketiga. Apa yang akan Anda temukan adalah pilihan kedua yang paling sering dipilih.

8. Akuntabilitas bersama

proposal bisnis mudah
Sumber gambar: Smart Company

Yap, menjalin kerja sama dengan pihak ketiga tentu menimbulkan banyak keuntungan, namun tidak menutup kemungkinan adanya risiko yang muncul.

Anda bisa gagal jika pelanggan Anda gagal. Lebih sering daripada tidak sama sekali, alasan untuk ini adalah kurangnya komunikasi. Pastikan untuk meminta tanggapan 24 jam untuk komunikasi Anda mengenai apa pun yang secara material dapat mempengaruhi keberhasilan usaha atau proyek Anda. Juga, jika Anda membutuhkan pembayaran progres untuk melanjutkan pekerjaan Anda, pastikan itu jelas pada proposal usaha kerajinan Anda.

9. Syarat dan ketentuan yang singkat dan jelas

proposal bisnis mudah
Sumber gambar: Cloudinary

Syarat dan ketentuan harus sesingkat mungkin. 

Tentu, baik Anda maupun pihak ketiga tidak ada yang ingin pergi ke pengadilan karena suatu perkara yang belum jelas penyelesaiannya, kan? Jadi, pastikan untuk bekerja dengan pengacara Anda untuk meninggalkan sebanyak mungkin kesepakatan. Ketika Anda melakukan ini, Anda sedang mengkomunikasikan pesan kerjasama yang kuat kepada pelanggan Anda di contoh proposal usaha kerajinan Anda.

Nah, sudah tahu kan tips membuat proposal usaha kerajinan yang baik?

Mempelajari cara menulis contoh proposal usaha kerajinan adalah langkah awal yang penting bagi siapa pun yang memulai bisnis. Tentu saja, setiap bisnis dilengkapi dengan tantangan dan persyaratannya sendiri.

Misalnya, jenis proposal bisnis yang Anda buat untuk memulai usaha kerajinan kecil akan sangat berbeda dari proposal bisnis kerajinan menengah atau perusahaan besar.

Apa pun jenis bisnis yang ingin Anda jalankan, bagaimanapun, contoh proposal usaha kerajinan yang dipikirkan dengan matang adalah upaya perlindungan yang baik untuk dilakukan, dan penelitian menunjukkan bahwa menciptakan bisnis dapat membantu Anda mulai dari mendapatkan pendanaan hingga mengembangkan bisnis Anda.

Demikian artikel mengenai tips membuat proposal usaha kerajinan yang baik. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berbisnis!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!