Mudah, Ini Tips dan Trik Prosedur Cara Jualan di Lazada Agar Laku

Business Hack, Marketing

Sumber gambar: Blogspot

Sebagai salah satu e-commerce yang menjadi andalan banyak masyarakat Indonesia, wajar apabila tak sedikit orang-orang ingin memanfaatkan peluang ini dengan mencari tahu cara jualan di Lazada.

Sebelum memasuki topik lebih dalam mengenai cara jualan di Lazada, tahukah Anda mengenai seluk beluk Lazada?

Lazada Group adalah sebuah perusahaan e-commerce Asia Tenggara yang didirikan oleh Rocket Internet dan Pierre Poignant pada 2012, dan dimiliki oleh Alibaba Group.

Pada 2014, Lazada Group mengoperasikan situs-situs di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam dan meraih sekitar US$647 juta dari beberapa putaran investasi dari para investornya seperti Tesco, Temasek Holdings, Summit Partners, JPMorgan Chase, Investment AB Kinnevik dan Rocket Internet.

Lazada Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan beroperasi hingga kini. Perkembangan e-commerce ini tak lagi diragukan.

Bahkan, Lazada mencatat ada ada 50 juta pengguna aktif tahunan di Asia Tenggara per Agustus 2019. Order melalui platform mereka pun meningkat tiga kali lipat dibanding tahun lalu (year on year/yoy). Chief Executive Officer (CEO) Lazada Indonesia Chun Li mengatakan, pertumbuhan jumlah pengguna aktif tahunan di Indonesia merupakan yang tercepat.

Tentu, dengan beragam fitur dan layanan untuk meningkatkan pesanan yang disediakan oleh Lazada, tak sedikit orang yang ingin mengetahu cara jualan di Lazada agar produk yang dijual lebih laku, mulai dari produk yang diproduksi secara individu, kelompok, dalam bentuk UMKM, hingga toko-toko besar.

Lalu, bagaimana cara jualan di Lazada? Anda dapat memulainya dengan melakukan beberapa langkah dasar berikut.

1. Melakukan pendaftaran di Lazada

Sumber gambar: Labyrinth Inc

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk berjualan di Lazada adalah mendaftar terlebih dahulu sebagai anggota. Berikut ini langkah-langkah mendaftarkan akun di Lazada adalah:

a. Kunjungi situs resmi (website) Lazada

b. Klik menu “Jual di Lazada”, yang terdapat pada bagian bawah halaman utama

c. Klik “Daftar Sekarang”

d. Isi kolom pendaftaran dengan benar sesuai petunjuk, mulai dari tipe toko, lokasi toko, nomor telepon, nama toko, e-mail, kata sandi, dan validasi (dengan menggeser kolom slider ke arah kanan)

e. Lakukan aktivasi akun sesuai instruksi yang diminta

f. Unggah (upload) kartu identitas diri, berupa KTP dan halaman depan buku rekening tabungan yang masih aktif

2. Kontrak perjanjian

Cara Jualan di Lazada
Sumber gambar: Go Legal

Untuk melengkapi proses pendaftaran, Anda juga akan diminta menandatangani kontrak perjanjian dengan pihak Lazada. 

Poin ini sangat penting untuk dibaca dan dicermati dengan detail, agar kelak tidak ada salah paham atau bahkan salah penafsiran yang berujung pada kerugian.

Setelah Anda yakin dan membaca dengan baik isi kontrak ini kerjasama ini, maka Anda sebagai calon penjual bisa menandatanganinya dan mengunggah kembali dokumen tersebut sesuai dengan instruksi yang diminta.

3. Unggah foto produk

Cara Jualan di Lazada
Sumber gambar: Kinsta

Jika proses pendaftaran telah selesai dan terverifikasi, maka status akun tersebut sudah aktif dan bisa Anda gunakan untuk berjualan, yay!

Nah, untuk memulai proses ini, tentu Anda harus melengkapi toko online Anda di Lazada ini dengan produk-produk yang akan Anda jual. Bagaimana cara meng-upload foto produk yang dijual melalui Lazada?

Berikut cara upload atau mengunggah foto produk yang akan Anda jual di Lazada:

  • Siapkan foto produk yang berkualitas dan layak untuk dipajang
  • Upload foto tersebut sesuai dengan instruksi yang diberikan. Pastikan foto memenuhi kriteria sehigga dapat terunggah dengan sempurna
  • Jangan lupa memberikan keterangan produk dengan jelas dan tepat, sehingga pembeli bisa dengan mudah mengerti dan memahami keterangan produk tersebut secara baik

4. Mulai berjualan

Sumber gambar: Enrich Jobs

Jika semua tahap di atas telah Anda selesaikan dengan baik, maka akun Anda tersebut sudah benar-benar siap untuk digunakan dan transaksi bisa berjalan lancer!

Keseluruhan proses ini tidak akan membutuhkan waktu lama, terutama jika sejak awal segala syarat yang diperlukan telah disiapkan dengan baik, termasuk foto produk beserta keterangannya.

Upayakan untuk selalui menjual produk yang berkualitas baik, sehingga lebih mudah menarik perhatian dan laku terjual. Hal ini akan membbuat bisnis online Anda menjadi lancar dan tentunya lebih menguntungkan.

Eits, tunggu dulu. Belum lengkap rasanya apabila kita hanya ekadar mengetahui cara jualan di Lazada yang tentu saja tidak cukup, lho!

Anda memerlukan beberapa strategi dan tips dan trik cara jualan di Lazada agar produk Anda laku dan dapat membawa keuntungan bagi toko online Anda.

1. Spesialisasi barang untuk Lazada dengan marketplace lainnya

Sumber gambar: Stocksy

Penting namun sering dilupakan, Anda harus menyediakan rak atau tempat khusus untuk barang di Lazada untuk memudahkan Anda dalam memantau dan melakukan kontrol stok yang Anda cantumkan di platform Lazada.

Menurut aturan yang berlaku, kehabisan stok dapat mengakibatkan Anda terkena penalty oleh Lazada, lho!

2. Pastikan kualitas barang

Cara Jualan di Lazada
Sumber gambar: Tellus Kimya

Salah satu peraturan yang tak boleh dilewatkan adalah memastikan kualitas barang yang dipesan sebelum dikirimkan ke pembeli.

Mengingat kepuasan pembeli adalah nomor satu bagi Lazada, tentunya kualitas produk yang diiklankan di Lazada menjadi suatu prioritas. Anda wajib menyediakan barang sesuai dengan yang Anda deskripsikan dan memeriksa kualitasnya sebelum mengirimkan produk tersebut kepada pembeli.

Ingat, penmbeli memiliki opsi untuk mengajukan retur pembelian!

Kesalahan dalam pemberian barang dan kecacatan akibat kualitas yang tak diperhatikan secara saksama oleh seller dapat mendorong pembeli untuk mengajukan retur pembelian.

3. Selesaikan pengiriman dengan cepat dan tepat waktu

Sumber gambar: Vector Stock

Bak dikejar waktu, tenggang pengemasan barang oleh penjual di Lazada bisa dibilang cepat karena pesanan masuk yang diterima oleh penjual harus segera diselesaikan oleh seller dalam waktu 1×24 jam!

Lagi-lagi, Anda dapat terkena penalty apabila terlalu lama dalam melakukan proses pengiriman, dalam artian memberikan produk yang dipesan kepada kurir ekspedisi terkait.

Selain itu, ketidakmampuan seller dalam menyelesaikan pesanan dalam waktu 1×24 jam atau kurang akan berimbas pada poin limit pesanan atau batas pesanan per hari yang dapat didapatkan oleh seller.

Jadi, penting untuk diperhatikan, ya!

4. Hindari pembatalan pesanan oleh Anda

Cara Jualan di Lazada
Sumber gambar: Daily Evergreen

Saat berjualan online di Lazada, Anda harus menyelesaikan semua pesanan yang telah Anda terima dan menghindari pembatalan pesanan karena alasan tertentu, terutama jika pada kasus ini, Anda sebagai seller yang membatalkan pesanan.

Pembatalan pesanan oleh seller akan menurunkan rating toko dan juga seller lagi-lagi akan dikenakan biaya penalty!

Hal ini penting karena dapat mempengaruhi pembeli potensial yang ingin bertransaksi di toko online Anda.

Demikian artikel mengenai tips dan trik prosedur cara jualan di Lazada agar laku. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berjualan online!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!