Mudah dan Menarik, Berikut Fakta Unik dan Cara Buka Toko di Tokopedia

Business Hack

Cara Buka Toko di Tokopedia
Sumber gambar: Tokopedia

Saat ini berbisnis seperti berdagang dan membuka toko bukan suatu hal yang sulit di zaman sekarang. Tidak perlu membayar sewa toko hingga belasan juta, pedagang atau penjual bisa membuka tokonya secara daring atau online secara hemat, aman, dan mudah. 

Salah satu marketplace online yang memiliki reputasi baik dan memiliki banyak toko serta pelanggan tidak lain tidak bukan adalah Tokopedia.

Cara Buka Toko di Tokopedia
Sumber gambar: ID Techinasia

Sejak digaetnya BTS boyband nomor 1 Korea Selatan sebagai brand ambassador, Tokopedia semakin melebarkan sayapnya tidak hanya di Indonesia namun juga di Asia Tenggara.

Pada 7 Oktober 2019, Tokopedia resmi mengumumkan grup musik asal Korea Selatan, BTS menjadi brand ambassador baru untuk Tokopedia. BTS adalah boyband paling mahal dan banyak memiliki fans di seluruh dunia. 

bts
Sumber gambar: Hai Online.com – GRID ID

Dinaungi  oleh Big Hit Entertainment. Terdiri dari tujuh anggota termasuk RM, Jin, SUGA, j-hope, Jimin, V dan Jung Kook, BTS didirikan pada tahun 2013 dan telah sukses mendunia. Secara nyata pula, pesona BTS mampu meningkatkan brand image Tokopedia di mata masyarakat hingga semakin kuat.  

Tokopedia sendiri merupakan perusahaan teknologi asli dari Indonesia yang memiliki misi untuk mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Berdiri sejak tahun 2009, Tokopedia telah berubah dan berkembang menjadi sebuah unicorn yang sangat berpengaruh. Tidak hanya di Indonesia namun juga di Asia Tenggara.

Tokopedia memiliki bisnis marketplace unggulan di Indonesia yang memungkinkan setiap individu, toko kecil, hingga brand – brand original besar ternama untuk membuka dan mengelola tokonya masing – masing. 

Tahukah kamu?

Sebagai perusahaan berbasis teknologi, Tokopedia menghadirkan bisnis utama bagi para usernya, yakni:

1. Bisnis pertama Tokopedia sekaligus yang menjadi bisnis paling dikenal masyarakat adalah marketplace. Tokopedia menyediakan serambi bisnis C2C gratis untuk penjual dan pembeli. Terdapat juga toko resmi untuk beberapa merek resmi terkemuka.

2. Tokopedia juga menyediakan produk digital seperti pulsa, pembayaran BPJS, listrik dan air, tagihan telepon, kartu kredit, tv berlangganan, dan lain sebagainya. 

3. Terdapat juga tiket pesawat, tiket kereta, acara, voucher permainan video, dan produk digital lainnya.

Cara Buka Toko di Tokopedia
Sumber gambar: Tokopedia

Tidak dipungkiri, beberapa akhir tahun ini, bisnis online memang sangat menjanjikan. Membuka toko online dan berbelanja secara online memberikan efisiensi dan hemat waktu bagi para penjual maupun para konsumen. 

Mudah, aman, dan terpecaya, serta memiliki reputasi yang bagus menjadi faktor pertimbangan yang penting saat hendak membuka toko online.  Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu mulai cari cara buka toko di Tokopedia. 

Pendaftarannya gratis dan Anda bisa menjual produk apa saja di sana. Untuk itu ini saatnya kamu membuka tokomu sendiri. Berikut cara buka toko di Tokopedia!

Buka & atur tokomu

  1. Cukup mudah, cukup ikuti langkah mudah berikut di Aplikasi Tokopedia
  2. Buka aplikasi > Klik “Akun” > Klik “Akun Toko”
  3. Buat atau masuk ke akun Tokopedia untuk membuat Akun Toko
  4. Klik “Buka Toko Gratis”
  5. Persiapkan data-data yang digunakan untuk membuka took
  6. Masukkan nomor ponsel dan verifikasi
  7. Pengguna baru harus memasukkan nomor ponsel dan melakukan verifikasi dengan OTP
  8. Masukkan nama pemilik akun
  9. Gunakan nama sesuai KTP untuk keperluan penarikan saldo ke rekening bank
  10. Tentukan nama toko & domain
  11. Pastikan nama dan domain toko mudah diingat dan tidak akan diubah
  12. Isi survei singkat tentang berjualan, jawab pertanyaan ini agar Tokopedia lebih mengenal kamu dan dapat memberikan pengalaman berjualan yang lebih baik
  13. Masukkan alamat toko yang lengkap, pastikan nama jalan, nomor bangunan, dan RT/RW lengkap untuk memudahkan kurir menjemput atau mengantar barang
  14. Selesai! Toko kamu di Tokopedia bisa mulai digunakan. Jangan lupa untuk upload produk sebelum 90 hari dan download aplikasi Tokopedia Seller untuk kemudahan mengatur took yang lebih baik.

Setelah mengetahui cara buka toko di Tokopedia, bagaimana jika ingin menambah produk?

Mudah saja. Kamu cukup,

1. Masukkan produk – produk yang mau kamu jual dengan klik “Tambah Produk” di menu “Toko Saya”. Bisa juga dengan klik ikon “Toko” di header menu, lalu pilih “Tambah Produk”.

langkah Buka Toko di Tokopedia
Sumber gambar: Tokopedia

2. Isi semua informasi tentang produk dengan teliti, benar, dan lengkap, seperti:

• Nama Produk
• Kategori produk
• Deskripsi produk
• Berat produk
• Harga produk
• Foto produk

langkah-langkah
Sumber gambar: Tokopedia

3. Setelah itu, klik “Simpan”, atau “Simpan & Tambah Baru” untuk menambah produk-produk baru lainnya. 

Selanjutnya bagaimana kamu mengetahui jika ada pesanan baru yang masuk?

1. Kamu akan menerima notifikasi jika ada pesanan baru. Kamu bisa melihat pesanan baru dengan klik “Penjualan” di menu “Toko Saya”. Bisa juga dengan klik ikon “Inbox” di header menu, lalu pilih “Pesanan Baru”.

langkah-langkah
Sumber gambar: Tokopedia

2. Untuk menerima pesanan, centang pada kolom pesanan yang kamu kamu proses, lalu klik “Terima Pesanan”. Selanjutnya, klik “Respon Pesanan”.

langkah-langkah
                Sumber gambar: Tokopedia

 3. Jika ada suatu hal yang membuat kamu tidak bisa memenuhi pesanan, pilih “Tolak Pesanan” dan isi alasan yang sesuai di kolom “Alasan Penolakan”.

Bagaiamana cara buka toko di Tokopedia, mudah bukan?

Membuka toko dan menjual produk melalui marketplace online atau daring adalah cara berbisnis yang aman, mudah, murah, dan menguntungkan. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari berjualan secara online. 

Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membuka toko, selain cara buka toko di Tokopedia yang mudah, pembeli sudah akan datang menghubungi kamu. Agar usaha Anda berhasil dan laku keras, kamu juga harus jeli ya dalam memilih produk apa yang akan dijual. 

Cara Buka Toko di Tokopedia
Sumber gambar: Tirto

Setelah menyimak cara buka toko di Tokopedia, untuk meyakinkan kamu, berikut fakta menarik tentang Tokopedia!

1. Valuasi Tokopedia setelah mendapatkan seri pendanaan ini diperkirakan mencapai US$7 miliar (sekitar Rp102 triliun)

2. Tokopedia telah berdiri sembilan tahun dan terus berkomitmen mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di seluruh Indonesia. Di tahun 2018, Gross Merchandise Value (GMV) perusahaan meningkat hingga empat kali lipat dibanding 2017. Sungguh luar biasa!

3. Tokopedia akan mengembangkan ekosistem menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS), di mana teknologi logistik, fulfillment, pembayaran, dan layanan keuangan, akan memberdayakan perdagangan, baik online maupun offline.

4. Tokopedia mengklaim telah membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan terhadap barang dengan harga terjangkau dan pelayanan terbaik. Jumlah transaksi di luar pulau Jawa meningkat 66 persen dari tahun sebelumnya.

5. Pada bulan Agustus 2017, Tokopedia menerima investasi sebesar USD 1,1 miliar dari Alibaba yang merupakan raksasa e-commerce asal Tiongkok. Bagi Alibaba keputusannya ini merupakan strategi agar semakin memperluas jaringannya di Indonesia dan Asia Tenggara setelah sebelumnya membeli saham Lazada

6. Pada Desember 2018, Tokopedia kembali mengumumkan telah berhasil mendapat pendanaan senilai US$1,1 miliar (sekitar Rp16 triliun) dari sejumlah investor. Seri pendanaan tersebut dipimpin SoftBank Vision Fund dan Alibaba Group

7. 25 persen total penjualan barang menggunakan same-day-service.

8. Dari kategori produk digital, total penjualan saldo e-Money juga cukup tinggi. Hingga bisa digunakan untuk melintasi tol Jakarta-Surabaya sebanyak 120 ribu kali.

9. Tokopedia juga memiliki visi menciptakan peluang dan membantu masyarakat untuk menghasilkan pendapatan lebih, guna meratakan ekonomi di Indonesia secara digital. ini tentu tujuan yang mulia sekali

Jadi bagaima mudah bukan cara buka toko di Tokopedia? Sudah siapkah kamu untuk berbisnis dan membuka toko di Tokopedia?

Yuk klik di sini untuk belajar membuka toko di Tokopedia sebagai pemula!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!