Mudah, Berikut Cara Mencuci Tangan yang Benar 7 Langkah Menurut WHO Lengkap dengan Manfaatnya

Business Hack

cuci tangan corona
Sumber gambar: global news

Pandemi coronavirus atau biasa disebut sebagai COVID – 19 telah menyebar hingga ke penjuru dunia. Diawali dari Kota Wuhan China, diduga kuat virus itu berasal dari hewan lalu menular kepada manusia. Virus itu kemudian menyebar ke penjuru negeri dan lebih dari 200 negara. 

Indonesia pun tak luput dari penyebaran COVID – 19. Kasus Covid – 19 di Indonesia, diawali dengan temuan penderita  COVID-19 pada 2 Maret 2020. Virus Corona atau Covid – 19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2.

Pada penderita yang paling rentan seperti para lansia, penyakit ini dapat berujung pada pneumonia dan kegagalan multi organ. 

Kegagalan ini merupakan Sindrom Disfungsi Organ Multipel atau Multiple Organ Dysfunction Syndrome (MODS) yang merupakan gangguan progresif dan potensial reversibel dari dua sistem organ atau lebih setelah adanya gangguan homeostasis sistemik yang akut dan mengancam nyawa. 

MODS masih menjadi penyebab kematian utama di antara pasien yang membutuhkan perawatan ICU.

Infeksi dari coronavirus atau covid – 19 menyebar dari satu orang ke orang lain melalui percikan (droplet) dari saluran pernapasan yang sering dihasilkan saat batuk atau bersin.

cuci tangan anti virus
sumber gambar: cnn indonesia

Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk rajin cuci tangan.

Mengapa?

Mencuci tangan sebagai salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari dengan menggunakan air ataupun cairan lainnya oleh manusia dengan tujuan untuk menjadi bersih, sebagai bagian dari ritual keagamaan, ataupun tujuan-tujuan lainnya.

Mengikuti cara mencuci tangan yang benar 7 langkah menurut WHO

menjadi sangat dianjurkan dan sangat disarankan saat berada di tengah pandemi covid – 19 ini.

Apalagi jika kamu masih harus berkegiatan di luar rumah. Hal ini karena Virus Corona atau covid – 19  bisa menempel di berbagai permukaan yang mungkin tak sadar kamu pegang. 

Namun jangan salah, saat kamu berada di rumah saja kamu juga harus rajin mengikuti cara mencuci tangan yang benar 7 langkah. Hal ini sangat amat disarankan. Apalagi jika di tengah pandemi ini, kamu memesan makanan atau belanja online dari luar yang dikirimkan melalui paket.

Meskipun kamu sudah mencuci tangan, kamu tetap disarankan untuk tidak menyentuh,  memegang-megang bagian wajah, terutama mulut dan mata. 

Karena apa?

cuci tangan coronavirus
Sumber gambar: ugobleno news

Karena tindakan itu berisiko membuat terpapar virus corona yang mungkin menempel pada tangan. 

Menurut sejarah sendiri mencuci tangan baru dikenal pada akhir abad ke 19 dengan tujuan menjadi sehat saat perilaku dan pelayanan jasa sanitasi menjadi penyebab penurunan tajam angka kematian dari penyakit menular yang terdapat pada negara-negara kaya (maju).

Perilaku ini diperkenalkan bersamaan dengan ini isolasi dan pemberlakuan teknik membuang kotoran yang aman dan penyediaan air bersih dalam jumlah yang mencukupi.

Nah lalu, mengapa bisa dengan mengikuti cara mencuci tangan yang benar 7 langkah

dapat membunuh virus corona atau COVID – 19?

Ternyata menurut Profesor Pall Thordarson, profesor kimia dari University of New South Wales, Sydney menjelaskan dalam sebuah artikel di The Guardian pada 12 Maret 2020, tentang mengapa sabun justru ampuh untuk menghentikan persebaran virus, saat belum ada satupun obat yang berhasil menyembuhkan infeksinya.

Pall Thordarson menjelaskan, virus merupakan partikel nano dengan bagian terlemah berupa lemak yang disebut lipid bilayer. Sedangkan sabun mampu melarutkan membran lemak virus sehingga bisa menghancurkan virus atau mematikannya. 

Cara Mencuci Tangan yang Benar 7 Langkah
Sumber gambar: Grid Health

Lebih spesifiknya, virus sebenarnya terbentuk dari tiga komponen utama, yakni ribonucleic acid (RNA), protein, dan lipid (lemak). Sel tubuh yang terinfeksi virus kemudian memproduksi ketiga komponen tersebut yang pada akhirnya akan membentuk virus yang baru.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, ketiga bahan yang membentuk virus itu tidak terikat secara kuat satu sama lain rupanya, sehingga tidak dibutuhkan bahan kimia keras untuk melepaskan mereka satu sama lain.

Namun mencuci tangan menggunakan air yang mengalir nyatanya tidak cukup untuk menghilangkan virus yang menempel di tangan. Menurut penelitian, air tidak cukup kuat untuk memisahkan virus yang menempel lengket dengan permukaan kulit. 

Namun hal ini berbeda cerita dengan air sabun alias air yang diberikan sabun di tangan kita. Sabun secara efektif mampu mengangkat dan memisahkan virus tersebut, karena virus tersebut umumnya diselimuti banyak lemak pada membrannya.

Sabun mengandung sejenis lemak yang disebut sebagai amphiphiles. Amphiphiles ini secara struktur sangat mirip dengan lemak yang ada di membran virus, selanjutnya molekul – molekul sabun tersebut mampu melawan dan berperang dengan lemak yang ada di membran virus. 

Nah inilah cara yang kurang lebih sama, dan bisa dianalogikan saat sabun bekerja menghapus kotoran pada kulit. Sabun tidak hanya melepaskan virus yang melekat dengan kulit, namun juga memisahkan ketiga komponen pembentuk virus, yang terdiri dari yakni protein, RNA, dan lemak yang saling menyatu. 

Cara Mencuci Tangan yang Benar 7 Langkah
Sumber gambar: allure

Sabun juga dinilai jauh lebih baik dari menggunakan hand sanitizer. Perhatikan, dengan air sabun secukupnya, saat dibasuhkan di permukaan kulit serta cukup dengan menggosokkannya perlahan, air sabun ini mampu menjangkau hingga ke seluruh permukaan kulit. 

Berbeda dengan Hand sanitizer. Jika menggunakan hand sanitizer, cairan pembersih itu tidak bisa dengan mudah menjangkau seluruh sela – sela bagian kulit. Apalagi hand sanitizer yang banyak di pasaran umumnya untuk membunuh bakteri dan kuman, bukan virus.

Jadi tentu saja,  mencuci tangan dengan membasuh kulit dengan sabun serta air yang mengalir jauh lebih baik untuk menghilangkan virus yang menempel.

Nah untuk membunuh virus corona atau covid – 19 dengan mencuci tangan, perhatikan cara  mencuci tangan yang benar 7 langkah secara mudah berikut ini! Pastikan gunakan air yang mengalir ya.

Cara Mencuci Tangan yang Benar 7 Langkah
Sumber gambar: duajurai
  1. Basahi tangan dengan air dan tuangkan sabun ke telapak tangan.
  2. Usap kedua telapak tangan dengan gerakan memutar.
  3. Lalu, letakkan telapak tangan kanan di atas punggung tangan kiri dan kaitkan jari-jari kedua tangan sambil diusap ke atas dan ke bawah.
  4. Setelah itu, tangkupkan kedua telapak tangan sambil mengaitkan jari-jari lalu gosok sela-sela jari.
  5. Taruh buku-buku jari tangan kanan di telapak tangan kiri dan sebaliknya, lalu gosok dengan arah memutar.
  6. Genggam ibu jari tangan kiri menggunakan tangan kanan dan sebaliknya lalu gosok dengan arah memutar.
  7. Bentuk tangan kanan menjadi bentuk kuncup, lalu gosok-gosok kuku di atas permukaan telapak tangan kiri dan sebaliknya.

Setelah  melakukan dan mengikuti cara mencuci tangan yang benar 7 langkah, kamu dapat membilas tangan dengan air mengalir dan mengeringkannya dengan tisu. Saat menutup keran air, untuk dikeringkan kamu bisa gunakan tisu untuk mengelap tangan dan mengeringkan tangan.

Nah selain membunuh virus covid – 19, mengikuti cara mencuci tangan tersebut akan memberikan kamu segudang manfaat lainnya, diantaranya:

  • Kerap tanpa disadari, tak sengaja kita seringkali menyentuh mata, hidung, dan mulut. Ternyata tahukah kamu? Ketiga organ tersebut bisa menjadi pintu masuk virus, kuman, dan bakteri penyebab penyakit ke tubuh kita. 
  • Cuci tangan dapat menghentikan penyebaran penyakit. Dokter spesialis paru sekaligus Ketua Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Agus Dwi Susanto sempat mengungkapkan bahwa tangan merupakan media yang paling sering menularkan infeksi. Itu sebab kebersihan tangan sangat menentukan kesehatan atau infeksi pada tubuh. Sehingga cuci tangan dirasa mampu membunuh virus sebelum sumber penyakit ini masuk ke tubuh dan menyebar ke orang lain
  • Cuci tangan dapat membantu menyingkirkan berbagai penyakit selain corona. Penyakit tersebut antara lain flu, ispa, diare, kolera, dan lain sebagainya.

Bagaimana cara mencuci tangan yang benar 7 langkah sangat mudah bukan?

Oleh karena itu mari kita biasakan diri mengikuti cara mencuci tangan yang benar 7 langkah agar terhindar dari berbagai macam sumber penyakit. 

Selamat mencoba!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!