Mengupas Rahasia dan Tips Cara Jualan Online Pasti Laku 2020

Business Hack, Marketing, Operasional

cara jualan online
Sumber gambar: Scu

Cara jualan online ─ Dunia saat ini tak lepas dari penggunakaan aplikasi-aplikasi dan fitur-fitur berbasis digital. Mulai dari urusan melepas penat dengan bermain game di smartphone, bergaya dengan kamera telepon genggam dan di-upload di media sosial, mencari resep masakan terkini yang pasti disukai banyak orang, hingga berbisnis.

Berbondong-bondong orang mulai beralih.

Dari yang semula berjualan dengan cara konvensional yakni membuka toko offline yang telihat fisiknya di dunia nyata, berjalan-jalan dari kampung ke kampung, hingga akhirnya beralih dan membentuk sebuah toko virtual, daring, atau online.

Bahkan, tak jarang ditemui beberapa kalangan masyarakat yang saat ini sudah membuka toko daringnya sejak awal berdirinya usaha mereka. Mereka tidak memiliki wujud toko secara offline! Semua kegiatan, aktivitas, dan operasional toko dilaksanakan secara daring.

Cukup menarik, bukan?

Berangkat dari hal tersebut, orang-orang (mungkin termasuk Anda) secara inisiatif mulai mencari-cari informasi mengenai cara jualan online. Tentu, sebuah keputusan yang bagus! Mempertimbangkan tingginya jumlah orang-orang yang turut beralih ke toko berbasis daring. Selain itu, persaingan tak hanya sebatas sesama pedagang daring, tetapi juga penjual offline.

Kompetisi yang semakin meningkat mendorong orang-orang untuk belajar mengenai cara jualan online yang mampu membuat toko daring mereka memperoleh profit yang tinggi, tentu, sekaligus mendorong keberlangsungan toko virtual mereka.

Anda datang ke tempat yang tepat!

Oleh sebab itu, perlu bagi Anda untuk mengetahui cara jualan online dengan mengerti beberapa konsep-konsep dasar dalam rahasia dan tips cara jualan online berikut ini:

1. What you see is what you get

cara jualan online
Sumber gambar: Grid

Orang-orang yang melihat daftar produk Anda akan menganggap bahwa apa yang mereka lihat di foto adalah persis dengan apa yang akan mereka terima jika mereka memutuskan untuk membelinya. 

Tak peduli seberapa hebat produk Anda, jika foto Anda buruk, penjualan Anda akan buruk. Foto atau gambar mampu melakukan seluruh keajaiban dalam cara jualan online. Taka da salahnya Anda berinvestasi untuk studio fotografi profesional, kamera, dan karyawan terlatih untuk memastikan bahwa mereka menghasilkan foto berkualitas. 

Namun, jika Anda menjual produk di bawah standar dengan menggunakan foto-foto yang baik maka jangan kaget ketika pelanggan yang kecewa mulai mengembalikan barang kembali kepada Anda disertai dengan umpan balik negatif, DSR yang rendah, dan bahkan meminta pengembalian uang.

2. Berpikirlah seperti konsumen

berpikirlah seperti konsumen
Sumber gambar: Daily Mail

Sebelum Anda mendeskripsikan produk Anda, konsep dasar dari cara jualan online adalah cobalah menempatkan diri Anda pada posisi pelanggan dan berpikirlah seperti itu. 

Perhatikan bahwa bahkan jika pelanggan potensial Anda mencari produk yang tepat, mereka tidak akan menemukannya jika judul daftar untuk produk-produk itu tidak termasuk kata-kata yang diketikkan oleh pelanggan Anda ke jendela pencarian. 

Jika Anda mendeskripsikan produk Anda menggunakan kata-kata yang mungkin tidak dikenal oleh pelanggan Anda, hal itu akan mengurangi kemungkinan produk tersebut ditemukan. Ingatlah bahwa pelanggan tidak mencari barang dengan memasukkan kata-kata seperti “wow“, “hebat”, “luar biasa”. Namun, mereka mencari nama merek tertentu. Cobalah memilih hingga lima kata kunci yang terkait erat dengan item Anda yang terdaftar dan kemudian menggunakannya dengan tepat dalam judul daftar Anda dan deskripsi barang.

3. Uang, uang, dan uang

uang uang uang
Sumber gambar: Success

Bukan, bukan berarti mata duitan!

Tidak ada keraguan bahwa pelanggan lebih cenderung membeli produk yang menawarkan pengiriman gratis daripada produk yang mengenakan biaya pengiriman. Menggunakan opsi pengiriman gratis dapat meningkatkan penjualan online hingga 30 persen. Terlebih lagi, statistik internet menekankan betapa pentingnya pengiriman gratis untuk pembeli online sebagai salah satu cara jualan online.

Oleh sebab itu, pertimbangkan beberapa fasilitas atau keuntungan yang dapat diperoleh pelanggan dengan membeli produk dari toko daring Anda. Ingatlah bahwa konsumen sangat mempertimbangkan apakah uang atau cost yang mereka keluarkan untuk memperoleh produk atau benefit dari toko Anda tersebut setara.

4. Loyalitas konsumen

loyalitas konsumen
Sumber gambar: Ring Central

Bagaimana Anda membuat pelanggan Anda menyukai produk yang Anda jual? 

Tentu, kunci dari cara jualan online lebih dari sekadar produk yang hebat. Hal tersebu tidak akan semata-mata membuat konsumen Anda senang. Anda perlu terus mencari ide baru tentang cara menyenangkan pelanggan mereka. Bisa jadi mulai dari pengemasan unik hingga program afiliasi. 

Program afiliasi dapat menjadi sangat efektif tetapi perlu direncanakan dengan baik dengan manajemen data pelanggan yang efisien. Namun, banyak toko atau usaha daring lainnya yang memutuskan untuk memberikan diskon tertinggi, penawaran khusus, dan manfaat unik lainnya untuk pelanggan terbesar atau paling setia dengan harapan mereka terus berbelanja di toko mereka. 

Statistik menunjukkan bahwa 24% pelanggan yang senang dengan penjualnya merekomendasikan mereka kepada keluarga dan teman-teman mereka. Tetapi, di sisi lain, lebih dari 40% pelanggan yang tidak puas atau tidak puas memastikan bahwa tidak ada orang lain yang melakukan kesalahan yang sama dengan mengirimkan umpan balik negatif tentang bisnis yang gagal memenuhi harapan mereka.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk dapat mengambil hati konsumen Anda, ya!

5. Mengembangkan bisnis

mengembangkan bisnis
Sumber gambar: Dynamic Business

Jika toko Anda telah dirasa cukup besar, itu bagus! Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk melakukan penjualan luar negeri.

Penjualan luar negeri merupakan tantangan. Itulah sebabnya, salah satu cara jualan online penting dalam penjualan luar negeri untuk menemukan mitra yang dapat membantu Anda menjual secara internasional. 

Memperhatikan penjualan lintas batas dengan serius dapat menggandakan potensi usaha online Anda karena Anda tidak lagi terbatas pada penjualan di satu negara saja. Pelanggan dari seluruh dunia membeli produk yang sama dan mencari penawaran terbaik. Memahami potensi ini adalah langkah pertama yang perlu Anda ambil. Selanjutnya, langkah yang kedua dalam cara jualan online ini adalah menemukan mitra yang akan mendukung Anda dalam menjual produk Anda secara internasional.

cara jualan online
Sumber gambar: Shannonksteffen

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara jualan online?

Tentu, tak semudah sebagaimana yang telah dipaparkan, Anda memerlukan suatu usaha yang keras untuk mencapai tujuan Anda.

Tahun 2020 merupakan era yang saat ini berkembang dengan sangat cepat, dengan adanya ketidakpastian dan dinamika yang menggebu-gebu dari hari ke hari. Rasanya, sulit untuk memprediksi keadaan dan kondisi ke depannya. Oleh sebab itu, cara jualan online tersebut dapat terealisasi hanya jika Anda memiliki kemauan untuk beradaptasi.

Selain itu, cara jualan online di atas tentu akan membuat usaha Anda memperoleh untung yang signifikan apabila Anda melaksanakannya dengan penuh semangat, kerja keras, dan konsistensi yang tinggi.

Demikian artikel mengenai rahasia dan tips cara jualan online 2020. Semoga artikel ini bermanfaat dan mampu menginspirasi Anda dalam berjualan online. Selamat berjualan!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!