Menguntungkan, Berikut Cara Membuat Bakso Lengkap dengan Cara Membuat Gerobak Motor Sederhana Untuk Jualan

Business Hack, Operasional

cara membuat gerobak motor sederhana
Sumber gambar: merdeka.com

Tahukah kamu?

Ternyata Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) merupakan jenis bisnis berupa sebuah usaha kecil dengan total kekayaan bersih paling banyak bisa mencapai sebesar 200 juta, terbukti mampu meningkatkan ekonomi rakyat kecil.

Banyak usaha mikro kecil menengah yang kini dinikmati dan menjajikan. Salah satunya untuk berbisnis bakso keliling dengan motor.

Dengan konsep menjemput pelanggan, bakso gerobak motor memang dinikmati semua lapisan masyarakat, baik anak – anak hingga dewasa.

Lalu apakah bisa menjalankan bisnis bakso keliling dengan keterbatasan modal? 

Jangan khawatir, tentu saja bisa.

Bakso adalah salah satu makanan yang selalu nikmat disantap ketika cuaca dingin atau malam hari tiba dalam kondisi apapun.

cara membuat gerobak motor sederhana
Sumber gambar: garut home stay

Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang sangat populer dan lazim ditemukan pada masakan di indonesia.

Bakso dibuat dengan campuran daging dan tepung tapioka. Bakso bisa terbuat dari daging ayamikan, atau udang bahkan daging kerbau sekalipun. 

Paling nikmat jika bakso disajikan panas – panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mibihuntaogetahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri serta diberi kecap dan sambel sesuai selera.

Melihat peluang bisnis yang masih besar, tentu usaha bakso keliling ini menjanjikan. Jadi bisa dikatakan pula, ketika berjualan bakso dengan sendirinya akan banyak orang mencari pedagang bakso tersebut.

Modal yang harus disiapkan ini juga relatif murah. Apabila sudah memiliki motor sendiri maka, modal awal untuk menjalankan usaha ini hanya menambah gerobak, panci dan peralatan lainnya saja.

Ya, memang sepeda motor dikenal sebagai alat transportasi pribadi dan umum. Tak hanya jadi kendaraan pribadi, dalam perkembangannya  sepeda motor kemudian dipakai untuk menjalankan beragam bisnis. Mulai dari jualan bakso, siomay, penjahit keliling, pedagang 

bakpao, pedagang sayuran keliling, dan lain-lain. 

cara membuat gerobak motor sederhana
Sumber gambar: Cendana News

Lantas jika ingin berjualan bakso keliling bagaimana caranya?

Apa saja yang perlu diperhatikan ? Simak ulasan yang bermanfaat juga penting berikut ini !

1. Jenis usaha

Jenis usaha yang dilakukan tentu akan menentukan model gerobak motor yang akan dipakai. Pastikan buat gerobak yang bisa digunakan pada motor.

2. Bahan 

Setelah mengetahui jenis usaha, langkah berikutnya adalah menentukan jenis bahan yang digunakan untuk gerobak motor. Apakah menggunakan fullalumunium, full besi atau full kayu, atau campuran.

Hindari bersikap asal dalam menentukan bahan yang digunakan, karena ini akan berpengaruh pada usia pakai dan cara merawat dari gerobak motor tersebut.

3. Desain 

Sumber gambar: mommyyasia

Penampilan gerobak motor akan mengundang ketertarikan dan rasa penasaran konsumen jadilah desain semenarik dan seminimalis mungkin.

Tetap enak dipandang mata namun tetap menarik minat pelanggan. Berawal dari desain, konsumen pun ingin membeli produk yang diperdagangkan.  Desain akan berpengaruh terhadap penilaian konsumen, seperti kebersihan dan kenyamanan.

4. Area Jualan dan pemasaran

Desain dan jenis sepeda motor yang akan digunakan dalam membuat gerobak motor juga harus disesuaikan dengan area pemasaran dan jangkauan penjualan. 

Perhatikan kondisi jalanan yang akan ditempuh, jalanan datar atau naik turun. Apakah itu bebatuan, tanjakan, atau bahkan berkelok. Pastikan daerah jualan dan pemasaran yang menjadi target area penjualan, adalah lokasi yang benar – benar dikenal agar aman. 

5. Biaya pembuatan

Jangan sampai ketinggalan, tentu dalam proses realisasinya membutuhkan biaya. Jangan sampai biaya yang dikeluarkan melebihi dari apa yang sudah dianggarkan. Harus diperhitungkan secara matang, apakah sebanding antara uang yang dikeluarkan dengan keuntungan yang didapat. ( proceeds – capital outlays )

cara membuat gerobak motor sederhana
Sumber gambar: bisnis080

Lalu bagaimana cara membuat gerobak motor sederhana? Simak langkah berikut dalam cara membuat gerobak motor sederhana !

  1. Pada langkah pertama dalam cara membuat gerobak motor sederhana, buatlah kerangka menggunakan kayu kamper Gerobak ini punya panjang 117 cm, lebar 40 cm lebar dari atas ke bawah 42, tinggi 40 cm
  2. Pasangkan dinding mengunakan seng galvanis dan triplek
  3. Pasangkan pada bagian Meja atas menggunakan seng aluminium dan triplek 9 ml 
  4. Rak atas mengunakan kayu jati landak dengan Lobang dandang Ukuran 32 cm
  5. Langkah terakhir dalam cara membuat gerobak motor sederhana, jika rangka kayu sudah terpasang, letakkan pada bagian belakang motor menempel dengan di per kuat mur dan baut ke rangka body motor, konstruksi sistim lasa dan dilapis bahan plat galvanis, sehingga gerobak tersebut tahan panas, tahan air dan goncangan. 

Cara membuat gerobak motor sederhana ini terbilang mudah. Untuk total estimasi biayanya kira – kira menghabiskan dana sekitar  Rp 1000.000 saja.

Sumber gambar: idn times

Setelah mengetahui cara membuat gerobak motor sederhana untuk berjualan, lalu bagaimanakah cara membuat bakso?

Nah, agar kamu bisa membuat bakso dengan harga yang terjangkau kamu bisa gunakan daging ayam. Rasanya enak, lebih murah, sehat, pasti tetap untung dan laku terjual, 

Berikut simak tips sederhana membuat bakso ayam kenyal non boraks dan sehat ala rumahan yang layak dijual !

Bahan – bahan:

  • 500 gr / 1 Buah Dada Ayam.
  • 1 Butir Telur Ayam.
  • 1 Sendok Teh Kaldu Bubuk. 2 Butir Putih telur
  • 1,5 Sdt garam (sesuai selera)
  • 1 Sdt Merica
  • 2 Sdt Baking powder
  • 1,5 Sdt kaldu bubuk
  • 2 Siung Bawang putih (di goreng terlebih dulu agar lebih gurih)
  • 2 Sdm bawang goreng
  • 4 Blok es batu (ukuran 2*2 cm)

Cara membuat:

Langkah 1 – Buat Adonan Bakso

Siapkan blender atau food chopper atau gilingan daging, lalu haluskan ayam giling, bawang putih, bawang merah dan putih telur dengan blender, Jika ingin tidak terlalu halus atau kasar juga boleh ya sesuai selera.

Langkah 2 – campurkan

Setelah tercampur, masukkan tepung tapioka, garam, bumbu penyedap, baking powder merica dan es batu. giling sampai halus, apabila tekstur yang didinginkan tidak terlalu halus, haluskan sampai tekstur yang diinginkan.

Langkah 3 – Masukkan Kulkas

Sebelum adonan bakso di bentuk, Simpan adonan di dalam kulkas selama 5 menit. Hal ini agar bakso lebih empuk.

Langkah 4 – Rebus Adonan

Siapkan Air mendidih kemudian kecilkan api, lalu bentuk bakso, masukkan ke air mendidih tadi sampai selesai. Tunggu 5 menit sampai bakso mengapung, gunakan Api sedang.

Langkah 5 – Siapkan air es

Siapkan Air dingin/air es untuk merendam bakso yang sudah matang, Rendam di Air dingin kurang lebih 3 menit agar bakso tetap kenyal. Tara bakso siap di sajikan !

Sebagai tambahan informasi:

Nutrisi 1 Buah Bakso Ayam mengandung

  • Energi: 40 Kalori
  • Lemak: 2,38 Gram
  • Karbohidrat: 2,58 Gram
  • Protein: 2,06 Gram

Selanjutnya bahan untuk membuat mie nya:

  • 125 gram tepung terigu protein tinggi (saya pakai cakra kembar)
  • 25 gram tepung tapioka (saya pakai rose brand)
  • 1 butir telur ayam (saya pakai 75 gram telur yang sdh dikocok)
  • 1 sdt garam
  • Air untuk merebus mie + sedikit minyak
Sumber gambar: kokibakso

Cara membuat :

  1. Kocok telur dan garam sampai larut
  2. Campurkan tepung terigu, tapioka, kocokan telur dan garam. Uleni.. (di sini hasil adonan nya memang agak kering, yang penting nempel semua aja, nanti digiling akan lebih menyatu; jangan terlalu basah, nanti lengket)
  3. Masukkan adonan yang sudah diuleni ke dalam plastik, lalu biarkan selama 15 menit
  4. Keluarkan adonan, balurkan tepung terigu secukupnya ke permukaan adonan, lalu bagi menjadi 2-4 (saya bagi 4 karena mau nyobain berbagai ukuran ketebalan mie)
  5. Giling adonan menggunakan pasta maker/gilingan mie dari ukuran yang paling tebal, kemudian lipat dan giling lagi. Giling dan lipat sampai 3-5x
  6. Kemudian giling ke ukuran yang lebih tipis sampai ketebalan yang diinginkan
  7. Kemudian giling dengan pemotong mie. Setelah berbentuk mie, taburkan tepung terigu, acak-acak agar mie tidak saling menempel
  8. Panaskan air yang cukup banyak dan beri sedikit minyak. Masukkan mie saat air sudah mendidih
  9. Setelah matang, tiriskan mie, beri minyak dan aduk-aduk agar tidak saling menempel. Dan mie siap disajikan dan diolah sesuai selera

Begitulah cara lengkap membuat bakso serta cara membuat gerobak motor sederhana untuk dagangan yang bisa kamu coba.

Semoga bermanfaat! 

Mau buka usaha tapi belum tahu peluang yang baik seperti apa? Yuk klik di sini untuk mengidentifikasi peluang usaha yang baik sebelum membuka usaha!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!