Mengenal Perbedaan Wirausaha dan Kewirausahaan, Lengkap dengan Karakteristiknya!

Business Hack

Perbedaan Wirausaha dan Kewirausahaan
Sumber gambar: Waarket

Kamu tentu sudah tidak asing lagi mendengar kata wirausaha dan kewirausahaan. Entah itu muncul saat kamu sedang menyusuri internet (browsing), membaca di sosial media, mendengar podcast atau siaran di radio, mendengar dalam percakapan grup teman, atau bahkan teman dan keluargamu berprofesi sebagai wirausaha.

Namun nyatanya, masih banyak masyarakat yang jika ditanya apa perbedaan wirausaha dan kewirausahaan, mereka bingung dan kelimpungan.

Tidak dipungkiri, istilah perbedaan wirausaha dan kewirausahaan ini sering menimbulkan kesalahan persepsi (misleading information) di masyarakat yang awam soal bisnis. Meski bagi orang yang sudah paham tentang seluk beluk dunia usaha, tidak akan begitu sulit membedakan istilah ini.

Maka dari itu, dalam ulasan kali ini akan dijelaskan secara detail mengenai apa perbedaan wirausaha dan kewirausahaan!

Perbedaan Wirausaha dan Kewirausahaan
Sumber gambar: forefront

Sebelumnya mari kita simak Kewirausahaan menurut para ahli:

1. Joko Untoro

Kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk mengupayakan memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang, atas dasar kemampuan dengan cara manfaatkan segala potensi yang dimiliki, untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

2. J.Leach Ronald Melicher

Kewirausahaan adalah proses dalam merubah ide menjadi kesempatan komersil dan menciptakan nilai (harga).

3. Eddy Soeryanto Soegoto

Pengertian dari kewirausahaan adalah usaha kreatif yang dibangun berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberikan manfaat, menciptakan lapangan kerja dan berguna untuk orang banyak

Perbedaan Wirausaha dan Kewirausahaan
Sumber gambar: business insider

4. Robert D.Hisrich

Menurut Robert D.Hisrich, kewirausahaan adalah proses kreatif untuk menciptakan sesuatu yang bernilai lebih tinggi dengan mengoptimalkan segala daya upaya, seperti mencurahkan waktu, dana, psikologis, dan penerimaan penghargaan atas kepuasan seseorang.

 5. Peter F.Drucker

Menurut Peter F.Drucker, kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.

6. Salim Siagian

Kewirausahaan adalah semangat, prilaku dan kemampuan memberikan respon positif kepada peluang untuk mendapatkan keuntungan bagi diri sendiri dan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan/masyarakat, serta menciptakan dan menyediakan produk yang lebih bermanfaat dengan menerapkan cara kerja yang lebih efesien dan efektif, melalui keberanian mengambil resiko, kreatifitas, inovasi dan kemampuan manajemen.

wirausaha adalah
Sumber gambar: Panda Security

 7. Stephen Robins

Menurut Stephen Robins, kewirausahaan adalah proses mengejar berbagai peluang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui inovasi.

Sehingga kewirausahaan berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri dan orang lain dengan berswadana.

Dalam kewirausahaan terdapat proses untuk mengukur sejauh mana kemampuan pengusaha dalam mengelola segala sumber daya yang ada seperti waktu, material, dan aset dapat terus dikembangkan.

Kewirausahaan juga bisa dinilai sebagai semangat, perilaku, dan kemampuan memberikan tanggapan yang positif terhadap peluang untuk memperoleh keuntungan bagi dirinya sendiri atau memberi pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan. 

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kewirausahaan adalah perilaku dan tindakan wirausaha. Wirausaha adalah orang yang mempunyai sikap kewirausahaan itu sendiri.

Selanjutnya mari kita simak perbedaan wirausaha dan kewirausahaan dimulai dari wirausaha menurut para ahli.

wirausaha adalah
Sumber gambar: Work Related issues: Guides for employers and employee

Wirausaha Menurut Para Ahli

1. Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz (2004)

Wirausaha adalah seorang inovator yang mampu mengubah kesempatan menjadi sebuah ide yang bisa di jual, dapat memberikan nilai tambah melalui upaya, waktu, biaya, serta kecakapan dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

2. Richard Cantillon (1755)

Menurut Richard, Wirausaha adalah seorang penemu dan inpidu yang membangun sesuatu yang unik dan baru

pengertian wirausaha
Sumber gambar: The ladders

3. J.B Say (1803)

Wirausaha adalah pengusaha yang mampu mengelola sumber-sumber daya yang dimiliki secara ekonomis (efektif dan efisien) dan tingkat produktivitas yang rendah menjadi tinggi.

4. Stein dan Jhon F.Burgess (1993)

Wirausaha adalah orang yang mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala resiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru.

5. Schumpeter (1996)

Wirausaha adalah seorang yang memperoleh peluang dan menciptakan organisasi untuk mengejar peluang tersebut. Wirausaha merupakan pelaku atau subjek.

Wirausaha adalah orang yang mampu melihat dan mengambil peluang kesempatan bisnis serta mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dan tindakan yang tepat guna meraih kesuksesan. 

Selain itu, kegiatan seorang Wirausaha adalah memproduksi produk, mengenali pangsa pasar dan wilayah strategi, menemukan pelanggan, menciptakan teknik pemasaran serta mengembangkan usaha yang dimiliki, tanpa mengurangi fungsi-fungsi sumber daya yang tersedia.

Dapat disimpulkan bahwa perbedaan wirausaha dan kewirausahaan adalah:

Makna dasar dalam pengimplementasiannya. Seorang wirausaha adalah orang yang memiliki kemampuan untuk bisa memanfaatkan peluang, mengelola risiko, serta membuat perencanaan yang baik tentu memiliki nilai tambah tersendiri. 

Sederhananya, wirausaha adalah pelakunya sedangkan kewirausahan merupakan perilaku dan cara tanggapan terhadap peluang usaha yang terungkap dalam seperangkat tindakan serta membuahkan hasil berupa organisasi usaha yang melembaga, produktif, dan inovatif. 

pengertian wirausaha
Sumber gambar: TechsBooks

Setelah mengetahui perbedaan wirausaha dan kewirausahaan, apakah kamu mengetahui ciri – ciri seorang wirausaha?

Apakah kamu memiliki ciri – ciri seorang wirausaha?

Sambil kenali dirimu, simak ciri – ciri wirausaha sebagai berikut! 

1. Mempunyai Keberanian dan Daya Kreasi

ciri-ciri wirausaha
Sumber gambar: PAGB

Wirausaha memiliki tingkat kekreativitasan yang out of the box, yang bahkan tidak teprikirkan oleh orang lain. Mereka sanggup mengelola segala sumber daya yang ada. 

Hasil inilah yang nantinya akan menciptakan output yang punya daya beli serta dibutuhkan banyak orang. Tidak hanya menghasilkan laba, wirausaha juga menciptakan lapangan pekerjaan dan dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

2. Berani mengambil risiko

Salah satu tugas Wirausaha adalah harus berani dan siap menerima segala bentuk risiko. Namun bukan berarti wirausaha hanya berani beraksi mengambil risiko – risiko yang besar.

Wirausaha harus memperhitungkan segalanya, termasuk risiko. Wirausaha yang baik juga harus mengelola risiko, jika perlu menjadikan risiko tersebut sebagai peluang usahanya.

Risiko yang sering dihadapi oleh wirausaha antara lain:

• mulai dari biaya produksi diluar target
• kebangkrutan (bailed out)
• penjualan yang buruk
• strategi pemasaran dan usaha yang kurang maksimal 

Oleh karena itu, wirausaha juga harus kreatif dalam menciptakan dan mengembangkan hal-hal baru untuk mensiasati risiko yang mungkin muncul dan ada.

3. Memiliki Jiwa Pemimpin

Ketika kamu menjadi seorang wirausaha, kamu perlu leadership skill untuk mengelola manusia, usaha, produksi yang sedang kamu kerjakan.

Kamu harus memiliki ketegasan, disiplin, bisa dipercaya oleh karyawan, mampu memanejemeni waktu, memimpin tim, menumbuhkan Semangat anggota hingga menjalankan kerjasama.

Perbedaan Wirausaha dan Kewirausahaan
Sumber gambar: ISAO standards organization

4. Memiliki kemauan yang Gigih dan Pantang Menyerah

Untuk menjadi wirausahawan yang kreatif dan unggul, kegigihan dan pantang menyerah sudah menjadi satu paket. Jika semangat hanya setengah-setengah, maka kamu tertinggal dan kalah dari kompetitor.  Ketika ada masalah jangan panik, cari jalan keluar dengan kepala dingin agar manusia – manusia yang berada dalam naungan wirausaha ini juga tidak panik dan dapat berpikir jernih dan produktif. 

5. Punya Target dan Tujuan yang jelas

Setiap manusia pasti punya yang namanya tujuan. Demikian wirausaha, sebagai wirausaha yang sejati, wirausaha harus memiliki target dan rencana setelah – setelahnya. Memiliki tujuan jangka panjang dan jangka pendek yang harus diraih. Tujuan jangka pendek ini merupakan steppingstone dari tujuan jangka panjang tersebut.

6. Memiliki Skill

Wirausaha memiliki skill untuk mendirikan, mengelola, mengembangkan, dan melembagakan perusahaan miliknya sendiri. Wirausaha adalah mereka yang bisa menciptakan kerja bagi orang lain. 

Lalu sebenarnya apa tujuan dari berwirausaha?

Tujuan seorang wirausaha begitu mulia, berikut tujuan dalam berwirausaha!Memberi kesadaran kepada banyak orang akan pentingnya berwirausaha sejak dini demi meningkatkan kualitas hidup dan ekonomi

• Meningkatkan kualitas dan kesejahteraan diri dan orang banyak
• Membuka lapangan pekerjaan
• Mengurangi jumlah pengangguran
• Sebagai ajang dalam pembangunan ekonomi
• Memberikan contoh kepada orang banyak tentang pentingnya bekerja keras, tekun, disiplin dan pantang menyerah untuk mencapai sesuatu
• Mendidik masyarakat untuk lebih sederhana dan mampu kreatif dalam menjalani kehidupan.

Bagaimana sudah semakin jelas kan mengenai perbedaan wirausaha dan kewirausahaan? Apakah kamu memiliki ciri – ciri seorang wirausaha?

Semoga bermanfaat dan salam sukses!

Klik di sini untuk membaca kisah Naomi Susilowati Setiono, Kernet Bus yang Menjadi Wirausahawan Sukses di Bidang Kerajinan Batik Lasem!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!