Mengenal Kebijakan Lockdown, Salah Satu Cara Menekan Penyebaran Virus Covid-19

Business Idea

lockdown adalah
Sumber: pinterest.com

Dengan semakin masifnya penyebaran virus covid-19, banyak cara yang ditempuh oleh banyak pemerintah dari berbagai negara di seluruh dunia untuk menekan penyebaran virus tersebut. 

Dilansir dari akun Twitter BNO Newsroom, tercatat saat ini sudah terdapat 400.000 kasus positif virus covid-19 di seluruh dunia. Angka yang terus meningkat tersebut membuat banyak negara pada akhirnya melakukan diskresi untuk melindungi warga negaranya dari paparan virus covid-19.

Lockdown menjadi salah satu cara yang ditempuh oleh beberapa negara di seluruh dunia. 

Secara harfiah, lockdown adalah mengunci. Dalam keadaan pandemi penyakit, lockdown memiliki arti yaitu menutup akses keluar dan masuk dari suatu daerah yang terdampak penyakit tersebut. 

Hal ini bertujuan untuk mencegah virus penyakit tersebut semakin meluas ke berbagai daerah dan menekan angka orang yang terpapar virus penyakit. Dengan kata lain, lockdown adalah perluasan dari social-distancing.

Kebijakan lockdown ini pertama kali diterapkan di daerah Provinsi Hubei, Tiongkok. Provinsi Hubei yang beribu kota Wuhan tersebut merupakan daerah yang pertama kali terdampak virus covid-19. Pemerintah di sana pun kemudian melakukan lockdown untuk mencegah virus covid-19 menyebar semakin luas dan untuk menekan angka positif covid-19 di daerah tersebut terus bertambah. Kebijakan lockdown itu pun kemudian diikuti daerah-daerah lain di Tiongkok.

Apakah cara tersebut terbilang efektif? Melihat dari keadaan Tiongkok yang mulai sedikit membaik, cara tersebut dinilai efektif. Sebab dengan melakukan lockdown, daerah yang sudah terpapar dapat fokus untuk mengobati orang-orang yang sudah positif terinfeksi tanpa perlu menambah kemungkinan adanya pasien yang bertambah akibat adanya pendatang. 

Di sisi lain, orang yang ada di daerah terpapar tidak bisa keluar, sehingga dapat menekan virus menyebar ke daerah lain.

lockdown adalah
Sumber: pinterest.com

Kebijakan lockdown akhirnya diikuti oleh beberapa negara di dunia. Langkah tersebut diambil mengingat sudah semakin banyak warga negaranya yang positif virus covid-19. Negara di Eropa yang sudah melakukan lockdown, yakni Italia dengan kasus positif covid-19 yang sudah mencapai ribuan.

Selain Italia, negara-negara di Eropa yang juga turut melakukan lockdown antara lain, Spanyol, Prancis, Denmark, Irlandia, Belanda, dan Belgia. Tidak hanya negara-negara di Eropa, negara tetangga yaitu Malaysia mulai 18 Maret 2020 juga turut memberlakukan lockdown.

Akan tetapi, kebijakan ini pun tidak sepenuhnya mempunyai sisi positif. Sebab dengan diterapkannya lockdown kegiatan ekonomi pun menjadi terhambat. Toko-toko dan kantor-kantor akan tutup karena semua orang diharuskan untuk berdiam diri di rumah. 

Banyak orang yang akhirnya kehilangan penghasilan akibat diterapkannya lockdown tersebut. Di samping mempengaruhi kegiatan ekonomi, kebijakan lockdown juga turut mempengaruhi psikologis dari orang-orang yang masih sehat. Mereka menjadi mengalami gangguan panik, mengalami kecemasan yang parah, bahkan stress karena perasaan terisolasi.

Oleh sebab itu, di beberapa negara, seperti Singapura dan Korea Selatan tidak menerapkan kebijakan lockdown. Akan tetapi, hal tersebut juga dibarengi dengan penanganan lain yang dilakukan secara intensif. 

Seperti di Korea Selatan, pemerintahnya gencar untuk melakukan pemeriksaan massal terhadap warganya, sehingga angka pasien positif virus covid-19 dapat berangsur-angsur berkurang. Di samping itu, pemerintah Korea Selatan juga menggelontorkan dana besar-besaran untuk menyemprotkan disinfektan di seluruh tempat umum di sana.

jokowi
Sumber: pinterest.com

Sampai saat ini pun, Presiden Indonesia, Joko Widodo menolak pemberlakukan lockdown di Indonesia. Hal tersebut mengingat ada banyak sektor ekonomi yang akan mati apabila Indonesia memberlakukan lockdown. Meskipun demikian, masyarakat berharap ada cara intensif lain yang diberlakukan pemerintah untuk menekan penyebaran virus covid-19 di Indonesia tanpa memberlakukan lockdown.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!