Menarik, Ini 15 Fakta Bisnis Online Terlaris yang Harus Anda Ketahui

Business Hack, Marketing

bisnis online terlaris
Sumber gambar: Huawei

Bisnis online adalah bisnis yang sepenuhnya dilakukan secara daring atau online. Seringkali, bisnis online tidak pernah menyentuh atau melihat produk seperti yang disediakan dan dikirim oleh produsen atau grosir dan justru menjadi bisnis online terlaris. Hal tersebut dikenal sebagai ‘dropshipping’ dan beberapa bisnis pada umumnya dilakukan sebagai ‘afiliasi’. 

Anda bahkan tidak perlu membeli persediaan barang Anda sendiri. Pedagang grosir akan mem-posting pembelian pelanggan dengan label sesuai dengan nama Anda sebagai pemasok. Sangat mudah untuk membuat toko online yang menjual semua jenis produk menggunakan metode ini. 

Bisnis-bisnis ini sangat mudah dibangun dan biasanya dioperasikan dari komputer di rumah, tablet, atau bahkan hanya ponsel pintar sehingga banyak di antaranya yang bertransformasi menjadi bisnis online terlaris. Meskipun demikian, ada banyak kesalahpahaman tentang apa yang diperlukan untuk menjalankan bisnis online terlaris. 

Kesalahpahaman tersebut tentu tidak dapat dibiarkan begitu saja karena dapat mempengaruhi proses bisnis Anda sehingga tidak dapat bekerja secara efektif dan efisien. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui beberapa fakta bisnis online terlaris yang mungkin jarang dipikirkan oleh banyak orang. Berikut fakta-faktanya:

1. Diferensiasi

Anda dapat membayangkan jumlah e-commerce global yang semakin menjamur. Di balik banyaknya e-commerce tersebut, tentu harus dilakukan diferensiasi agar konsumen mengerti keunikan masing-masing e-commerce yang sesuai dengan produk yang ingin dibeli. 

Pemilik bisnis online yang sukses tahu pentingnya membedakan diri mereka sendiri sehingga mereka dapat benar-benar ‘mengklaim’ bisnis mereka.

2. Fokus utama

Menjalankan bisnis online bukan untuk semua orang. Jika Anda cenderung menghabiskan lebih banyak waktu pada perincian daripada melakukan penetapan tujuan, membuat rencana, mencari tren, dll., menjalankan bisnis online mungkin bukan jalan bagi Anda. 

Hal tersebut karena dunia online cenderung lebih dinamis dibandingkan ketika menjual barang dagangan Anda secara offline.

3. From day one

Pemasaran melalui e-mail adalah strategi penting untuk semua bisnis. Tetapi untuk bisnis online, ini sangat vital. Penelitian jelas menunjukkan bahwa pemasaran e-mail menghasilkan peningkatan klik-tayang, keterlibatan, dan penjualan. 

Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa e-mail memberikan ROI lebih tinggi daripada saluran pemasaran lainnya. Fokus untuk membangun daftar Anda sejak hari pertama untuk melihat manfaat ini untuk bisnis Anda sendiri.

4. Mendengar konsumen

Jangan meremehkan nilai yang dibawa pelanggan Anda ke dalam proses menumbuhkan dan mengembangkan bisnis online Anda. Saran pelanggan adalah kunci kesuksesan bisnis Anda. 

Melalui permintaan e-mail dan saran dari pengikut media sosial Anda, Anda akan banyak terbantu untuk memutuskan bagaimana untuk bergerak maju dan barang apa yang akan ditambahkan ke bisnis Anda.

5. Nilai yang tersedia

Anda tidak akan pernah bersaing dalam jangka panjang jika meremehkan produk atau layanan Anda. Meskipun pada awalnya Anda mungkin tergoda untuk mengurangi kompetisi dan membuat nama untuk diri sendiri, hampir selalu lebih baik untuk menetapkan harga yang berkelanjutan untuk bisnis Anda di masa mendatang.

6. Nilai dari konten

Content marketing bukan pilihan lagi, terutama untuk bisnis online. Seakan sudah menjadi sesuatu yang penting untuk dipertimbangkan, content marketing mampu membawa lebih banyak audiens ke bisnis online Anda. 

Anda harus menghasilkan aliran yang relevan melalui konten yang berharga, agar bisnis Anda memiliki peluang untuk berhasil.

7. Paham waktu

paham waktu
Sumber gambar: Service That Sells

Pemilik bisnis online yang sukses tahu bahwa kadang-kadang Anda harus memotong kerugian Anda dan umumnya akan ada sesuatu atau seseorang yang harus Anda korbankan. Hal ini bisa berupa strategi, seseorang, atau bahkan pada seluruh usaha bisnis. 

Jika penasihat atau kolega tepercaya Anda memberi tahu Anda sudah saatnya untuk menyerah pada sesuatu, bantulah diri Anda sendiri. Dengarkan dan pertimbangkan apa yang dikatakan. Anda tidak dapat melacak semuanya sehingga peran orang lain akan sangat membantu Anda.

8. Passion

Menjalankan bisnis online bisa jadi sulit, itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk bersemangat mengenai apa yang Anda lakukan. Tanyakan pada diri sendiri, “Dapatkah saya melihat diri saya masih dalam bisnis ini dalam 5-10 tahun?” 

Jika tidak, mungkin lebih baik untuk mengubah arah dan memilih sesuatu yang benar-benar Anda inginkan.

9. Outsourcing

Jika Anda ingin tetap kompetitif, outsourcing semua hal yang a) tidak datang secara alami kepada Anda, dan b) yang tidak Anda sukai. Hal ini akan membebaskan Anda untuk fokus pada apa yang Anda sukai, yang merupakan kunci pertumbuhan berkelanjutan.

10. Pendapatan pasif?

Banyak orang memiliki gagasan bahwa menjalankan bisnis online memungkinkan Anda bekerja berjam-jam sambil menyeruput margarita di pantai. Meskipun itu memberi Anda jauh lebih banyak fleksibilitas daripada pekerjaan tradisional, “pendapatan pasif” sedikit keliru. 

Sekalipun bisnis Anda sangat terotomatisasi dan sebagian besar dapat berjalan tanpa keterlibatan langsung Anda, sebagian besar bisnis online masih akan meminta Anda untuk mengawasi dan mengelola tugas gambaran besar (yang, memang, sering kali dapat Anda lakukan sambil berbaring di pantai).

11. Peran media sosial

Anda tidak dapat menjalankan bisnis online yang sukses tanpa menggunakan media sosial. Lebih dari dua tahun yang lalu, fakta mengungkapkan bahwa hampir sepertiga dari semua traffic rujukan berasal dari media sosial. 

Angka tersebut tentu semakin melonjak, terlebih pada era digitalisasi saat ini. Anda harus menggunakan media sosial untuk menjangkau pelanggan baru dan terhubung dengan yang saat ini.

12. Perkembangan yang cepat

Meskipun jarang ditemui bisnis online yang dapat menjadi sukses dalam semalam, hal tersebut tentu sama langkanya bagi bisnis online yang membutuhkan lebih dari beberapa tahun untuk menjadi sukses, terlebih dalam niche yang sangat kompetitif. 

Jika bisnis Anda berada dalam satu atau dua tahun dan belum tumbuh sama sekali, mungkin sudah waktunya untuk mengevaluasi kembali model bisnis Anda.

13. Totalitas tanpa batas!

Beberapa orang berpikir mereka dapat membangun kerajaan online di waktu luang mereka. Mereka menghabiskan sebagian besar waktu dan usaha mereka dalam pekerjaan dari pukul 9 pagi hingga 5 sore mereka, kemudian mengutak-atik bisnis mereka ketika mereka menginginkannya. 

Justru, bisnis online yang sukses jarang dibangun dengan cara ini. Jika Anda memperlakukannya seperti hobi, itu akan tetap menjadi hobi. Berikan bisnis online Anda perhatian yang layak dan perlakukan seperti bisnis sebenarnya.

14. Real problem

Seperti halnya semua jenis bisnis, menemukan kebutuhan nyata di market niche Anda adalah kuncinya. Masalah apa yang bisa Anda bantu selesaikan? Apakah produk atau layanan Anda benar-benar menyelesaikan masalah itu? Jika tidak, apa yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkannya?

15. Tools yang hebat

‘Alat’ adalah kebutuhan mutlak untuk setiap bisnis online. Dari alat manajemen media sosial hingga alat faktur online, bahkan alat komunikasi tim, tools adalah kunci untuk menghemat waktu dan uang Anda dan mengoptimalkan produktivitas Anda.

meningkatkan produktivitas bisnis
Sumber gambar: Support Cambridge Shire

Demikian artikel “Menarik, Ini 15 Fakta Bisnis Online Terlaris yang Harus Anda Ketahui”. Bisnis online memang menguntungkan. Bahkan sangat sederhana dan dapat dilakukan dengan nyaman di rumah tanpa memiliki investasi besar dibandingkan dengan bisnis offline. 

Hal tersebut membuat bisnis online menjadi cara yang sederhana dan efektif untuk pemula yang ingin memiliki bisnis online untuk mereka. Ingatlah bahwa Anda juga harus mengembangkan web e-commerce agar Anda dapat menyediakan layanan Anda dengan mudah dan efektif. Oleh karena itu, jangan terlena dengan kemudahan yang ditawarkan bisnis online hingga terdapat kesalahpahaman mengenai dunia bisnis online ini. Dengan mengerti dan mengetahui fakta-fakta yang ada, bisnis Anda dapat bertransformasi menjadi bisnis online terlaris.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!