Cara memperkecil ukuran foto yang berlaku

Mengurangi ukuran foto sangat penting untuk persyaratan administrasi. Selain itu, beberapa orang juga menggunakan cara ini untuk menghemat lebih banyak ruang di ponsel, meskipun tentu saja piksel gambar akan berubah.

Pixel adalah elemen terkecil dalam sebuah gambar, semakin tinggi angkanya, semakin baik kualitasnya. Saat Anda mengurangi ukuran foto, massa pengurangan sama dengan jumlah piksel tersebut.

Langkah-langkah mengecilkan gambar sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara, baik menggunakan aplikasi atau tidak. Anda juga bisa menggunakan website online yang cukup mudah digunakan.
Cara mengecilkan ukuran foto tanpa aplikasi

Pengguna smartphone Android dapat mengubah ukuran gambar tanpa menggunakan aplikasi atau akses internet apa pun. Langkah ini tidak sulit, jadi Anda bisa menerapkan:

Buka aplikasi Galeri dan pilih foto yang ingin Anda ubah ukurannya.
Selanjutnya, pilih ikon tiga titik di sudut kanan atas dan "Ubah Ukuran Gambar". Nanti akan ada persentase ukuran yang bisa dipilih, yang bisa disesuaikan sesuka hati.
Terakhir, jika Anda mengubahnya, cukup klik "Selesai" dan Anda dapat melihat ukurannya melalui detail foto

Cara mengubah ukuran foto secara online

Cara mengecilkan ukuran foto selanjutnya tetap tidak menggunakan aplikasi apapun, tetapi harus memiliki akses internet. Di bawah ini adalah beberapa situs web yang dapat Anda gunakan untuk meratakan gambar dan caranya.

BeFungky

Situs pertama yang bisa Anda kunjungi adalah befungky.com karena caranya cukup sederhana. Klik “Buat” di baris atas dan kemudian pergi ke “Pengeditan gambar”. Buka foto yang ingin Anda ubah ukurannya dengan memilih opsi Buka.

Langkah selanjutnya adalah membuatnya lebih kecil menggunakan opsi Edit dan opsi Resize untuk menyelesaikannya. Setelah selesai, cukup klik opsi Simpan atau Ctrl + S. Nanti gambar akan disimpan di ponsel.

ubah ukuran piksel

Anda juga dapat menggunakan situs web resizepixel.net dan mengunggah foto untuk diunggah, yang kemudian akan diubah ukurannya. Selanjutnya, atur dulu lebar dan tinggi sesuai keinginan.

Jika lebih mudah menggunakan persentase, Anda dapat memilih ikon persen di kanan atas. Terakhir, klik Resize Image jika sesuai dengan kebutuhan Anda dan gambar akan disimpan di memori.

ukuran gambar

Website ini bisa dibuka dari alamat picresize.com, lalu tinggal pilih foto dan klik next. Kemudian kurangi ukurannya di kolom “Resize your image”, Anda juga bisa menambahkan efek jika diperlukan. Klik Save As, lalu klik Done, ubah ukuran gambar.
Cara mengubah ukuran foto menggunakan aplikasi

Meskipun hal ini juga bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi, namun ada beberapa orang yang lebih memilih aplikasi tertentu karena lebih sederhana. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan dan cara menggunakannya.

Aplikasi ukuran gambar

Menggunakan aplikasi ini cukup sederhana dan cepat. Anda juga dapat menentukan format keluaran foto dan ukurannya dalam sentimeter, milimeter, inci, dan piksel. Jika diubah ukurannya, gambar dapat disimpan atau dibagikan di media sosial.

dan gambar

Aplikasi ini tidak hanya memperkecil ukuran gambar tetapi juga dapat membagikannya di platform media sosial seperti Facebook atau Instagram secara bersamaan. Selain itu, aplikasi ini banyak diminati karena gambar yang diperkecil tetap memiliki kualitas yang baik.

Kompresi foto 2.0

Photo Compression 2.0 mengurangi ukuran foto tanpa mempengaruhi kualitasnya. Tingkat kompresi dalam aplikasi ini dapat diatur ke rendah, sedang dan tinggi. Setelah selesai mengubah ukuran, Anda dapat melihat perbedaan dari foto aslinya.

Mengubah ukuran gambar biasanya memiliki banyak tujuan, termasuk menghemat lebih banyak ruang disk. Ada banyak cara untuk memperkecil ukuran foto, baik Anda menggunakan aplikasi atau tidak.

Sumber :