Lima Cara Online Shop yang Efektif untuk Bisnis Anda

Business Hack

cara online shop
Sumber gambar: Pinterest

Memasuki dunia bisnis memang menggiurkan bagi sebagian besar orang. Anda bisa menentukan sendiri bagaimana anda akan bekerja tanpa harus terikat dengan skema kerja yang telah ditentukan oleh atasan. Anda pun bebas untuk memilih waktu kapan anda akan bekerja. Dengan begitu, anda bebas untuk menentukan kapan anda ingin libur dan beristirahat santai.

Apalagi di zaman serba bisa ini, semua hal menjadi lebih mudah termasuk membuka usaha. Online shop adalah bentuk kemudahan yang bisa kita lakukan untuk memulai berusaha. Tanpa repot-repot memikirkan memilih tempat usaha, anda bisa melakukan segalanya dari rumah. Dengan demikian, anda bisa lebih banyak menghemat uang untuk modal berusaha.

Akan tetapi, mengembangkan online shop tidaklah semudah yang kita pikirkan. Ada banyak tantangan yang harus dilewati agar online shop yang kita miliki bisa berkembang dan menjadi sukses. Tidak hanya sekadar membuka online shop kemudian menunggu pembeli datang kepada anda. Akan tetapi, anda harus menetapkan strategi agar online shop anda mampu bertahan dalam dunia bisnis online shop ini. Perlu diingat bahwa persaingan online shop saat ini sangatlah ketat sehingga anda harus menyiapkan segalanya sebaik mungkin agar mampu bersaing dengan yang lainnya.

Oleh sebab itu, bagi anda pemula yang ingin memulai bisnis dengan membuka online shop, tidak ada salahnya untuk menyimak cara online shop yang efektif di bawah ini.

1. Menentukan Produk atau Jasa yang akan dijual

Cara online shop yang efektif yang pertama adalah menentukan produk atau jasa yang akan dijual. Ini merupakan hal yang sangat penting dalam dunia bisnis karena ini sangat berkaitan dengan apakah online shop yang anda buka akan sukses atau tidak. Jika anda tidak benar-benar memikirkan dengan baik produk atau jasa yang akan anda jual, usaha anda bisa berhenti di tengah jalan. Atau dengan kata lain, usaha anda akan gagal.

Bagi anda pemula yang ingin memulai bisnis dengan membuka online shop, cobalah untuk mengetahui apa yang anda kuasai atau anda miliki sebagai modal untuk berusaha. Jika anda memiliki tangan yang terampil untuk menciptakan sebuah produk, seperti makanan, pakaian, atau tas, anda bisa mengembangkan keterampilan tangan tersebut sebagai produk online shop anda.

Sangat baik untuk bisa menciptakan produk anda sendiri karena anda bisa membuat ciri khas tersendiri untuk produk anda sehingga produk anda. Dengan begitu, produk anda akan menjadi satu-satunya di pasaran, sehingga pembeli hanya akan membeli produk yang anda jual hanya kepada anda.

Apabila anda tidak memiliki keterampilan tangan yang baik, anda bisa mencoba dengan menjadi seorang reseller atau dropshipper. Anda hanya perlu memilih produk yang akan anda jual dan supplier mana yang akan anda ajak untuk bekerja sama. Pilihan tersebut akan sangat memudahkan anda karena anda tidak perlu repot-repot untuk membuat produk. Anda pun bisa meraup keuntungan yang tinggi.

2. Menentukan Harga Jual Produk atau Jasa yang Dijual

menentukan harga produk yang dijual
Sumber gambar: Pinterest

Langkah cara online shop yang efektif selanjutnya adalah menentukan harga jual produk atau jasa yang akan anda jual. Anda harus memikirkan dengan baik pada harga berapa anda akan menjual produk atau jasa yang anda jual.

Alasannya agar anda tidak mengalami kerugian jika anda menjualnya di bawah biaya produksi. Atau sebaliknya anda menjual dengan harga terlalu mahal dibandingkan dengan produk lain dengan jenis yang sama yang dijual di pasaran.

Pertama yang bisa anda lakukan untuk menentukan harga jual adalah dengan menghitung biaya produksi yang anda keluarkan untuk menghasilkan sebuah produk. Biasanya produk dijual minimal 30% dari biaya produksi yang anda keluarkan. Selanjutnya, anda bisa melihat harga-harga barang dengan jenis yang sama dengan apa yang anda jual dipatok di pasaran.

Selain itu, penting bagi anda juga untuk mengingat pangsa pasar mana yang akan anda tuju sehingga produk anda bisa dijangkau oleh mereka yang anda targetkan sebagai calon pembeli. Dengan langkah-langkah tadi, harga yang anda patok dapat bersaing di pasaran. Anda tidak akan mengalami kerugian atau pun harga yang anda tentukan terlalu tinggi.

3. Menentukan Rencana Bisnis

Cara ketiga yang anda tempuh dalam cara menentukan rencana bisnis yang efektif di atas adalah menentukan rencana bisnis. Dengan menambahkan kedua cara sebelumnya dan menambahkan materi promosi serta platform apa yang anda pilih untuk online shop anda. Hal ini juga penting dilakukan agar bisnis yang anda jalankan mencari terarah. Jika anda menyiapkan rencana bisnis dengan baik anda bisa mengetahui langkah-langkah apa saja yang bisa anda tempuh selanjutnya setelah mencapai ha-hal sebelumnya.

Rencana bisnis ini juga berguna agar anda memiliki target dalam online shop yang anda rintis. Sebab dalam membuka online shop anda harus memiliki target agar usaha anda memiliki perkembangan. Seperti berapa penghasilan yang ingin anda capai dalam paruh pertama waktu anda berjualan atau perbaikan-perbaikan apa yang ingin anda capai agar online shop anda menjadi lebih baik.

4. Menyiapkan Materi Promosi dengan Baik

Selain tiga langkah penting di atas, menyiapkan materi promosi juga tidak kalah penting dalam cara online shop yang efektif. Hal yang bisa anda siapkan sebagai materi promosi yang pertama adalah logo. Penting bagi pemula seperti anda yang ingin membuka online shop untuk menentukan logo seperti apa yang akan anda pakai untuk mewakili produk yang anda jual.

Selanjutnya, anda bisa menentukan kemasan seperti apa yang akan anda pakai jika anda memerlukan kemasan untuk membungkus produk anda. Kemasan yang andai pakai sebaiknya menarik agar calon pembeli tertarik dengan produk yang anda jual. Harus diingat pula jika produk yang anda jual adalah produk makanan, anda harus memastikan kandungan bahan yang anda pakai serta tanggal kedaluwarsa dari produk yang anda jual agar pembeli mendapatkan informasi yang seharusnya mereka dapatkan.

Langkah terakhir, anda bisa melakukan iklan melalui media sosial agar produk anda diketahui oleh masyarakat luas. Anda juga bisa memperkenalkan produk anda kepada seluruh kenalan anda agar produk anda semakin dikenali.

5. Menentukan Platform Berjualan

menentukan platform berjualan
Sumber gambar: Pinterest

Cara terakhir dalam cara online shop yang efektif adalah menentukan platform berjualan. Dalam berbisnis online, ada banyak platform yang bisa anda pilih untuk berjualan. Anda bisa memilih menggunakan media sosial, seperti Facebook, Twitter, atau Instagram. Anda bisa bergabung dengan laman marketplace, seperti Tokopedia, Shopee, dan Lazada. Anda juga bisa membuat laman sendiri. Semua bisa disesuaikan dengan keinginan seperti apa anda ingin berjualan.

Kelima cara online shop yang efektif di atas bisa anda ikuti untuk strategi anda dalam memulai online shop. Tidak ada salahnya juga anda mengembangkan cara lain apabila anda merasa perlu untuk menempuh cara-cara lain agar online shop anda berkembang dengan baik. Selamat berbisnis.

Klik di sini untuk membaca artikel selanjutnya mengenai “Cara Online Shop Agar Sukses dan Menguntungkan”!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!