Lezat dan Menyegarkan, Simak Rahasia Resep Cappucino Cincau Untuk Jualan

Business Idea

Resep Cappucino Cincau Untuk Jualan
Sumber gambar: Tstatic

Siang-siang yang panas di bawah terik matahari, siapa yang tak mau minuman segar seperti es cappucino cincau? Ya, mempertimbangkan tingginya jumlah peminat, banyak orang yang memanfaatkan resep cappucino cincau untuk jualan, lho!

Hmm, mungkin Anda salah satunya, bukan?

Sebelumnya memasuki bahasan resep cappucino cincau untuk jualan, tahukah Anda mengenai cappucino cincau?

Cappucino cincau atau capcin adalah salah satu minuman jalanan di Indonesia. Capcin dihasilkan dari mencampurkan es cappucino dengan serutan cincau. 

Kapucino cincau bermula di Pekanbaru pada tahun 2011. Seorang pedagang jus bernama Ronal mendapatkan ide untuk mencampurkan es cappucino dan cincau. Inspirasi ini ia dapatkan dari tempat asalnya di Padang. Di Padang, ia menjumpai pedagang yang mencampurkan cappucino dengan cincau, tetapi dilakukan dengan mengaduk menggunakan tangan. 

Ia kemudian terpikirkan untuk menciptakan sendiri cappucino cincau tetapi dengan cara mem-blender cappucino dan es, kemudian menambahkan serutan cincau. 

Minuman ini ternyata disambut sangat apik oleh masyarakat dan usaha Ronal pun menjadi sukses. Melihat itu, banyak pedagang dan waralaba lainnya meniru berjualan es cappucino cincau. Tidak lama kemudian, ketenaran cappucino cincau menyebar ke banyak tempat di Indonesia, salah satunya Jakarta.

Resep Cappucino Cincau Untuk Jualan
Sumber gambar: Google Apis

Minuman ini sangat populer dan mulai digandrungi masyarakat Indonesia sekitar tahun 2013. Gerai-gerai penjual capcin dengan resep cappucino cincau masing-masing dapat dengan mudah dijumpai di banyak tempat. Walau menyandang nama cappucino, cappucino cincau juga tersedia dalam banyak ragam rasa dan tambahan, di antaranya latte teh hijau, cokelat, dan vanila.

Berbeda dengan es boba yang muncul pertama kali di mal-mal, es cappucino cincau muncul dari inisiatif masyarakat biasa. Dengan harga yang relatif murah, es cappucino cincau menyasar pembeli dari kalangan menengah ke bawah. 

Perbedaan mendasar lainnya antara es boba dan cappucino cincau adalah pada sajiannya. Cappucino cincau umumnya lebih encer, banyak air dan sedikit es. Sementara boba lebih kental dan memiliki banyak es. Boba biasanya menggunakan gula cair, sedangkan cappucino cincau menggunakan gula pasir. Boba mengandung tambahan berupa mutiara hitam dan cappucino cincau mengandung tambahan beruba serutan cincau.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memasuki resep cappucino cincau untuk jualan antara lain:

1. Bahan baku

Bahan baku yang harus dipersiapkan untuk menjalankan usaha resep cappucino cincau ini adalah cappucino dan cincau. Agar Anda dapat menghasilkan sajian es cappucino cincau dengan rasa yang pas alangkah baiknya jika Anda meraciknya sendiri.

Anda juga bisa membeli cappucino bubuk jika ingin lebih praktis. Sedangkan untuk cincau yang digunakan Anda harus menggunakan cincau yang kenyal.

2. Peralatan

Peralatan lainnnya yang harus Anda persiapkan dalam resep cappucino cincau untuk jualan adalah blender, termos es, cup, sedotan dan peralatan pendukung lainnya.

3. Karyawan

Selain memahami peralatan dan bahan resep cappucino cincau untuk menjalankan usaha es cappucino, Anda juga bisa mencari tenaga kerja yang dapat membantu Anda berjualan. Saat Anda memilih karyawan untuk membantu Anda, Anda harus memilih karyawan yang bisa meracik atau membuat es cappucino.

4. Promosi

Sama seperti usaha-usaha lainnya, di luar resep cappucino cincau, tentu saja usaha es cappucino cincau ini juga perlu promosi agar usaha es cappucino yang Anda jalankan ini bisa dikenal masyarakat secara luas. 

Promosi yang bisa Anda lakukan misalnya dengan cara membuat brosur atau banner. Anda juga bisa memanfaatkan media sosial sehingga akan mengurangi biaya promosi. Selain itu, pertimbangkan untuk mempromosikan usaha Anda ke keluarga, teman, atau tetangga Anda.

Tak ada gunanya resep cappucino cincau untuk jualan jika tidak ada yang mengenal produk dan merek usaha Anda.

Sumber gambar: CPCDN

Nah, sebelum Anda memulai usaha pembuatan capcin ini, alangkah baiknya jika Anda mempelajari resep cappucino cincau. Berikut kami sajikan resep cappucino cincau untuk jualan.

Bahan-bahan/bumbu-bumbu

  • 2 bungkus cappucino bubuk
  • 50 gram susu bubuk cokelat
  • 100 ml air dingin
  • 50 gram gula pasir
  • 25 ml susu kental manis putih
  • 600 gram es batu, dipecahkan

Bahan bola-bola sagu

  • 100 gram tepung sagu
  • ¼ sendok the kopi instan bubuk
  • 50 ml air hangat
  • 1 sendok makan gula tepung

Bahan pelengkap

  • 200 gram cincau hitam, diparut dengan parutan keju
  • 2 sendok makan ssu kental manis cokelat

Cara membuat es cappucino cincau

  1. Untuk membuat bola-bola sagu, aduk rata tepung sagu, kopi instan bubuk, air, dan gula tepung. 
  2. Bentuk bulat-bulat kecil. Rebus di dalam air mendidih hingga terapung. 
  3. Masukkan dalam air es.
  4. Untuk membuat minuman utamanya, masukkan bubuk kapucino, gula, air, dan es serut ke dalam blender; lalu blender kurang lebih 1-2 menit
  5. Sambil menunggu, masukkan cincau serut ke dalam gelas
  6. Beri susu kental manis sebagai hiasan di dinding gelas
  7. Tuangkan hasil blenderan ke dalam gelas
  8. Beri susu kental manis di atasnya
  9. Sajikan blenderan cappuccino, bola-bola sagu, dan pelengkap.

Es kapucino cincau dapat diberi tambahan seperti: meses, parutan keju, biskuit, krim kocok, es krim atau sirup.

Resep Cappucino Cincau Untuk Jualan
Sumber gambar: Tstatic

Dewasa ini, usaha minuman semakin menjamur yang dapat menarik perhatian oleh beberapa orang dan dimanfaatkan sebagai peluang usaha yang bisa menambah pendapatan, salah satunya adalah melalui resep cappucino cincau untuk jualan.

Keberadaan es cappucino di Indonesia sendiri memang cukup eksis sehingga banyak masyarakat yang tertarik untuk memanfaatkan usaha cappucino cincau ini. Jika kita suka memang banyak penjual yang menjual es cappucino cincau yang ada di pinggir jalan.

Meskipun demikian, jangan berkecil hati!

Peluang bisnis resep cappucino cincau untuk jualan masih sangat luas yang bisa Anda manfaatkan untuk kegiatan usaha Anda. Untuk menjalankan usaha es cappucino ini pun sangat mudah sehingga bisa dikerjakan oleh siapa saja. Sebelum Anda memulai usaha pembuatan cappucino ini alangkah baiknya jika Anda mempelajari cara pembuatan cappucino. Di bawah ini akan kami sajikan resep untuk membuat es cappucino cincau.

Demikian artikel mengenai resep cappucino cincau untuk jualan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Anda dalam membuat dan mengolah resep cappucino cincau. Selamat mencoba dan selamat berbisnis!

Selain resep cappucino cincau, kami menyediakan beragam resep lainnya. Klik di sini untuk mencari tahu resep usaha makanan serba RP 1000!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!