Laris Manis, Berikut 7 Jenis Usaha Online Shop yang Digemari Orang

Business Idea

usaha online sop terlaris
Sumber gambar: Perfume Hut

Jumlah pengguna internet di Indonesia yang selalu mengalami peningkatan signifikan menjadi keuntungan bagi para pelaku bisnis online. Situs belanja online kini makin digemari oleh masyarakat, khususnya kaum muda. Hanya dengan ponsel pintar dan aplikasi-aplikasi marketplace dilanjutkan dengan beberapa kali ‘klik’, mereka akan mendapat kiriman paket 3-7 hari kemudian. 

Karena masyarakat kini sangat menyukai efisiensi, kebanyakan memilih berbelanja online ketimbang berbelanja di toko yang belum tentu menjual barang yang mereka inginkan. Itulah mengapa online shop menjadi pilihan utama bagi masyarakat modern di Indonesia. 

Bagi Anda yang memiliki jiwa kewirausahaan tinggi, fenomena ini merupakan peluang untuk memulai bisnis dan mendapat banyak untung. Nah, kira-kira apa saja jenis-jenis usaha online shop terlaris sejauh ini dan bisa Anda coba geluti? Simak informasi di bawah ini, ya!

1. Usaha di Bidang Fashion 

Dress, kemeja, blouse, busana Muslim, sampai kaos tak pernah sepi peminat dari waktu ke waktu. Generasi milenial sampai orang dewasa pun ingin tetap terlihat menarik sepanjang hari, maka tak ada salahnya Anda menggeluti bisnis ini meskipun banyak kompetitornya. 

Supaya laris manis, online shop Anda harus menjual barang-barang sesuai tren yang diminati oleh konsumen. Berdasar riset CNN Indonesia, tren fesyen pada tahun 2020 adalah cutbray, baju berwarna terang, polkadot, over-volume dress, dan rajutan crochet. Bisa juga melihat gaya berpakaian apa yang diminati teman-teman pergaulan Anda dan mulai memasarkan produk kepada lingkungan terdekat terlebih dahulu. 

2. Berjualan Merchandise

usaha merchandise
Sumber gambar: Amazon

Mengapa berjualan merchandise bisa menjadi salah satu usaha online shop terlaris? Jangan salah, seiring banyaknya fans-fans terutama di dunia K-Pop, kini banyak orang yang menjual merchandise yang berkaitan dengan artis tersebut. Mulai dari album, photocard, gelang, sampai baju-baju yang mirip dipakai dengan artis ternama, pasti banyak yang membuat orderan ke toko Anda. 

Salah satu penjual merchandise K-Pop mengatakan ia bisa mengambil untung sebesar 20 sampai 100 ribu rupiah di setiap produknya, dan ia juga sering membuka jasa titip tiket konser yang mendatangkan omset mencapai 200 juta dalam satu kali konser. Hmm, menggiurkan sekali ya?

  Tak terbatas bagi merchandise K-Pop saja, kok. Akan lebih menyenangkan lagi jika Anda menjual merchandise dari grup musik yang memang disukai, bukan? Tapi, tentu saja Anda perlu punya strategi penjualan dan promosi yang baik agar mendapat keuntungan besar. 

3. Berjualan Produk Makanan

Bisnis makanan memiliki target pasar yang sangat luas sehingga menjadi peluang usaha yang menggiurkan. Tetapi, tak semua jenis makanan bisa dijual melalui online shop karena keterbatasan masa penyimpanannya. 

Beberapa produk makanan pada usaha online shop terlaris tahun ini berupa aneka kue, makanan ringan, dan frozen food. Ada ide-ide lain pula, seperti katering online, lauk olahan kering, dan salad buah yang bisa dijual dengan sistem pre-order. 

Dalam menjual produk makanan, kompetitor yang akan Anda hadapi memang cukup banyak, termasuk mereka yang berjualan di toko kelontong maupun minimarket. Karena itu, pengusaha perlu memperhatikan keunikan produk yang akan dijual. Contohnya, Anda bisa membuka online shop yang khusus menjual produk makanan ringan dari luar negeri atau impor yang masih sulit didapat oleh masyarakat luas.

4. Berjualan Ramuan Herbal 

Usaha Online shop terlaris berikutnya adalah produk ramuan herbal yang sering dikonsumsi sebagai alternatif memulihkan kondisi kesehatan seseorang. Terlebih, masih banyak masyarakat Indonesia yang lebih menyukai produk herbal ketimbang obat dari resep dokter karena harganya lebih murah.

Produk herbal yang sering dibeli konsumen selama ini adalah vitamin untuk menjaga stamina tubuh, pelangsing, dan pemutih. Tetapi perlu diingat, jika Anda memutuskan untuk membuka usaha di bidang ini pastikan mendapat sertifikat resmi dari BPOM. Selain menjadi pengusaha yang bertanggung jawab, Anda dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang Anda pasarkan. 

5. Berjualan Preloved/Barang Bekas

Preloved adalah sebuah istilah berbahasa Inggris yang berarti ‘barang yang sebelumnya pernah dimiliki dan akan berpindah tangan kepada orang lain.’ Beberapa penjelasan lain mengenai barang preloved adalah barang yang Anda beli namun hanya dipakai beberapa kali saja. Coba cek lemari Anda, apakah ada barang-barang yang masih layak dan bisa Anda jual?

Tips pertama dalam menjalankan bisnis preloved adalah menuliskan deskripsi produk dengan jujur. Kalau ada kerusakan atau noda, Anda harus menyampaikannya pada konsumen dan memberikan harga yang lebih murah dibanding yang lainnya. Tips kedua, promosi di media sosial harus gencar agar banyak orang mengetahui akun jualan Anda. 

Bisnis preloved merupakan salah satu usaha online shop terlaris akhir-akhir ini karena bisa dilakukan oleh siapa saja dengan mudah. Apakah Anda tertarik?

usaha makeup dan skincare
Sumber: Trip Canvas Thailand

6. Usaha di Bidang Make Up dan Skincare

Impian setiap orang untuk memiliki kulit cantik bak artis Korea Selatan atau Hollywood membuat make up dan skincare menjadi produk usaha online shop terlaris di pasaran. Tak terbatas bagi kaum hawa saja, kini para pria pun juga semakin senang merawat kulit dan tubuhnya agar tampil lebih menarik.

Tak hanya mencari merek lokal, produk kecantikan luar negeri dari Korea Selatan, Thailand,  dan Amerika Serikat banyak dicari. Bagi Anda yang berminat, bisnis ini menjanjikan keuntungan besar. Jenis produk yang laku di pasaran tahun ini adalah masker wajah, perawatan rambut, sabun pemutih, dan perawatan anti-aging. 

Produk yang Anda jual bisa jadi serbuan konsumen apabila kualitasnya bagus dan harganya terjangkau dibandingkan toko lain. Alangkah lebih laku lagi jika Anda berhasil menerima ulasan bagus dari para beauty vlogger yang bisa Anda dapat dengan melakukan endorsement atau sekedar mengirimkan produk kecantikan bagi mereka untuk direview.

7. Berjualan Sepatu

Kemudian, Usaha Online shop terlaris lainnya adalah sepatu yang dibutuhkan oleh semua kalangan. Anda bisa melihat di Instagram atau marketplace bahwa terdapat seabrek akun-akun yang menjual berbagai jenis sepatu. Anda bisa menawarkan sepatu bermerk yang sudah dikenal oleh pecinta sepatu, atau bisa juga membuka jasa sepatu custom yang sedang populer akhir-akhir ini. 

Apabila Anda tertarik terjun di dunia bisnis ini, Anda harus punya link supplier sepatu yang murah. Pastikan juga apakah barang tersebut original atau KW, ya! Kalau nekat berjualan barang yang tidak original dengan harga mahal, perlahan-lahan pelanggan bisa kabur. 

Jika ingin membuka usaha sepatu custom, Anda harus punya kemampuan mendesain serta kreativitas tinggi untuk memproduksi barang yang unik. 

Internet memudahkan segalanya. Oleh karena itu, kita sebagai generasi yang dimanjakan oleh teknologi dan kecepatan jaringan harus mampu memanfaatkannya menjadi sebuah peluang. Online shop adalah proses pembelian barang atau jasa dari mereka yang menjual barang atau jasa melalui internet meskipun antara penjual dan pembeli tidak mengenal satu sama lain. 

Tentunya tren online shop ini memberikan kenyamanan bagi kita untuk memulai bisnis. Pasar bisa menjadi sangat luas dengan berjualan melalui online shop sekaligus bisa mengirit biaya promosi. 

Semoga daftar usaha online shop terlaris di atas dapat memberi inspirasi bagi Anda yang ingin segera berbisnis online, ya! 

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ini 8 Cara Berjualan di Tokopedia Untuk Pemula, Mudah! - Ruang Bisnis - […] butuh ide untuk jualan online shop? Klik di sini untuk membaca artikel “Laris Manis, Berikut 7 Jenis Usaha Online…

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!