Kiat-Kiat Memulai Bisnis Jual Beli Barang Bekas

Business Hack

bisnis jual beli
Sumber gambar: pinterest.com

Pernahkah anda berpikir bahwa rumah anda terlalu penuh akan barang-barang? Merasa memiliki banyak barang yang sudah  tidak terpakai?

Dewasa ini, budaya konsumtif yang berkembang pada lingkungan sekitar termasuk pada diri kita sendiri membuat kita menjadi terlalu banyak memiliki barang. Acap kali, kita tidak benar-benar membutuhkan barang yang kita beli, tetapi kita tetap membeli barang tersebut alhasil barang tersebut menjadi tidak terpakai.

Tumpukan barang-barang yang begitu banyak di rumah kita tersebut membuat kita akhirnya menjadi merasa sesak untuk bersantai di rumah. Alhasil kita jadi tidak merasa nyaman untuk menghabiskan waktu di rumah. Akan tetapi, di sisi lain tentu saja kita merasa sayang untuk memberikan secara cuma-cuma barang yang kita miliki atau membuang barang yang sudah tidak terpakai begitu saja.

Oleh sebab itu, sesuai dengan judulnya, anda bisa membuat peluang bisnis dari barang-barang anda yang sudah tidak terpakai. Ya, bisnis jual beli barang bekas. Peluang bisnis jual beli barang bekas ini akan memudahkan anda untuk kembali menikmati waktu di rumah dengan perasaan yang nyaman. Anda bisa menjadikan barang-barang anda yang sudah tidak terpakai menjadi uang.

Di sisi lain, orang yang membutuhkan barang-barang anda yang sudah tidak terpakai akan mendapatkan kebutuhannya dengan harga yang lebih murah. Dengan demikian, bisnis jual beli barang bekas akan menguntungkan kedua belah pihak.

Lalu bagaimana memulai bisnis jual beli barang bekas. Simak beberapa cara di bawah ini.

1. Siapkan Barang-Barang yang Akan Dijual

siapkan barang yang akan di jual
Sumber gambar: pinterest.com

Cara pertama memulai bisnis jual beli barang bekas adalah menyiapkan barang-barang apa saja yang akan anda jual. Barang-barang tersebut tentunya barang-barang yang memang bisa digunakan berulang kali, seperti meja, kursi, lemari, tas, sepatu, dan lampu hias.

Pertama pilih barang-barang yang memang menurut anda sudah tidak terpakai lagi atau berlebihan di rumah anda. Pastikan barang-barang tersebut masih layak dipakai dan masih dalam kondisi yang bagus. Jika ada cacat, cacatnya tidak terlalu besar, sehingga masih layak untuk dipakai oleh orang yang memiliki selanjutnya.

Kemudian buat daftar barang apa saja yang anda jual. Hal tersebut memudahkan anda untuk mengingat barang apa saja yang anda jual. Di samping itu, daftar barang tersebut akan memudahkan anda untuk mengingat barang apa saja yang sudah terjual dan barang apa saja yang belum terjual.

Barang-barang yang anda jual tersebut bisa tidak hanya berasal dari barang-barang anda. Anda bisa mengajak teman-teman anda yang ingin menjual barang bekasnya untuk menjualnya bersama anda. Dalam kerja sama itu, anda bisa menerapkan tarif harga kepada teman-teman anda yang ingin menitipkan barang bekas yang ingin mereka jual. Dengan demikian, keuntungannya akan dapat dibagi dengan jelas.

2. Menetapkan Harga Jual yang Sesuai

Namanya saja barang bekas, maka anda harus menetapkan harga yang sesuai dan realistis. Harga barang yang anda jual tentu saja harus di bawah harga jual barang barunya agar orang-orang tertarik untuk membeli. Sebab keunggulan dari membeli barang bekas ada pada harganya yang sudah murah. Jika anda mematok harga lebih tinggi tentu sulit untuk menemukan orang yang mau membeli barang bekas yang anda jual.

Selain itu, anda harus menyesuaikan harga jual yang anda berikan dengan kondisi dari barang bekas yang anda jual. Jika terdapat kecacatan dari barang bekas yang anda jual tentu anda harus memberikan harga yang lebih murah. Penurunan harga itupun ditentukan dari seberapa parah atau seberapa besar kecacatan yang dimiliki barang bekas yang anda jual. Jika kecacatannya bisa ditolerir, anda tidak perlu menurunkan harga terlalu jauh.

Akan tetapi, untuk barang-barang yang masih bagus dan banyak dicari oleh banyak orang anda bisa menetapkan harga yang cukup tinggi. Dengan begitu, anda bisa meraup keuntungan lebih besar.

3. Berjualan di Lokasi yang Strategis

berjualan di lokasi yang strategis
Sumber gambar: pinterest.com

Berjualan barang bekas tentu lebih sulit daripada berjualan barang yang masih baru. Oleh sebab itu, anda perlu berjualan di tempat yang strategis agar menarik banyak minat pengunjung.

Jika anda berjualan di tempat yang sulit ditemukan, orang-orang tidak akan berkunjung ke toko barang bekas anda. Anda perlu memilih lokasi yang banyak dikunjungi atau dilewati banyak orang, seperti membuka toko di pinggir jalan atau di salah satu pusat perbelanjaan. Anda juga bisa memanfaatkan garasi rumah anda jika memang lokasi rumah anda berada di lokasi yang strategis.

Di samping itu yang perlu juga anda perhatikan, atur posisi barang-barang bekas yang anda jual dengan baik. Tata sesuai dengan jenis barang agar calon pembeli dapat mudah untuk memilih barang apa yang akan mereka beli.

Anda juga bisa memasang label di setiap barang yang anda jual yang berisi mengenai harga dan keterangan mengenai barang tersebut. Dengan demikian, pembeli akan semakin mudah untuk memilih barang bekas yang anda jual.

4. Melakukan Promosi

Cara bisnis jual beli barang bekas yang keempat adalah melakukan promosi. Tidak kalah penting dari cara-cara sebelumnya, dalam melakukan bisnis, promosi menjadi salah satu hal penting yang wajib anda lakukan. Jika anda tidak melakukan promosi, sulit bagi orang-orang mengetahui toko anda dan barang apa yang anda jual. Oleh sebab itu, promosi perlu untuk dilakukan.

Cara promosi pertama yang bisa anda lakukan adalah promosi dari mulut ke mulut. Anda bisa dengan mudah melakukan ini di keseharian anda. Anda bisa mempromosikan toko barang bekas anda kepada orang-orang di sekitar anda. Jelaskan mengenai barang apa saja yang anda jual. Untuk mempermudah, anda bisa menulis hal-hal penting mengenai apa saja yang ingin disampaikan kepada orang-orang di sekitar anda mengenai toko barang bekas anda.

Cara promosi kedua adalah melalui sosial media. Cara ini juga terbilang efektif karena saat ini hampir semua orang memiliki sosial media. Anda bisa membuat akun toko barang bekas anda dan unggah foto barang-barang yang anda jual setiap hari. Jangan lupa untuk melakukan iklan agar ada banyak orang yang mengetahui toko barang bekas anda.

5. Bersikap Jujur dalam Berjualan

Penting bagi anda sekalipun berjualan barang bekas untuk menerapkan sikap jujur dalam berjualan. Terlebih lagi barang yang anda jual adalah barang-barang yang sudah terpakai. Pastikan untuk memberikan keterangan mengenai barang-barang bekas yang anda jual.

Keterangan-keterangan tersebut dapat berupa sudah berapa kali dipakai, apakah ada cacat atau tidak, atau sudah sejak kapan anda membelinya. Keterangan-keterangan tersebut selain untuk menerapkan sikap jujur juga untuk mengurangi adanya komplain dari pembeli di kemudian hari.

Dengan demikian, terapkan sikap jujur agar toko barang bekas anda dapat awet berjalan dan anda bisa meraup keuntungan yang besar.

Memulai bisnis memang bukan perihal mudah terlebih lagi bisnis itu adalah bisnis barang bekas. Jika anda mengikuti cara-cara di atas, anda dapat memperbesar kemungkinan bisnis barang bekas anda berjalan dengan sukses. Selamat mencoba. 

Klik di sini untuk membaca artikel mengenai tips jual beli barang bekas yang menguntungkan!

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Tips Jual Beli Komputer Bekas dan Keunggulannya - Ruang Bisnis - […] Anda justru tertarik untuk membuka bisnis komputer atau laptop bekas, yuk klik di sini untuk membuat bisnis Anda semakin…

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!