Kemampuan Dasar Cara Jadi Dropship, Harus Diketahui!

Business Hack

Cara Jadi Dropship
Sumber gambar: Qazwa

Cara jadi dropship ─ Mungkin sesekali waktu atau tak jarang terdengar di telinga Anda bahwa ada orang yang memperoleh penghasilan tanpa menyimpan stok barang dagangannya sama sekali.

Bagaimana bisa? Bukankah jika ingin berjualan, maka diperlukan stok penyimpanan barang tersebut? Terlebih, bagaimana bisa seseorang bahkan tidak memiliki barang sama sekali?

Tentu saja bisa!

Dengan menjadi seorang dropshipper, Anda dapat memperoleh pemasukan bahkan tanpa harus memiliki barang tersebut sendiri. Anda dapat melakukan pekerjaan Anda dari rumah, bahkan tak perlu keluar rumah sama sekali. Sistem dropship memberikan Anda kemudahan dalam efisiensi waktu dan tenaga.

Dropshipping adalah model bisnis yang sangat populer bagi wirausahawan baru, terutama gen Z dan milenial, karena keterampilan pemasaran internet jauh melebihi kapasitas keuangan. Karena Anda tidak perlu menyimpan atau menangani barang-barang yang Anda jual, adalah mungkin untuk memulai bisnis pengiriman barang dengan dana terbatas.

Situs web e-commerce yang mengoperasikan model pengiriman dropship membeli barang yang dijualnya dari pemasok atau produsen pihak ketiga, yang kemudian memenuhi pesanan. Ini tidak hanya memotong biaya operasional, tetapi juga meluangkan waktu Anda untuk memfokuskan semua upaya Anda pada akuisisi pelanggan.

Lalu, bagaimana cara jadi dropship?

Walaupun terdengar mudah, cara jadi dropship tak semudah yang dibayangkan, lho! Anda harus memiliki beberapa kemampuan dasar yang Anda kuasai. Tak hanya itu, agar semakin memperoleh omzet yang mengingkat, tentu Anda sebaiknya mengikuti beberapa cara jadi dropshipberikut.

1. Pilih niche

Cara Jadi Dropship, pilih niche
Sumber gambar: Chester

Niche yang Anda pilih harus fokus pada sesuatu yang Anda benar-benar tertarik. Hal tersebut karena beberapa produk yang tidak terfokus akan sulit dipasarkan oleh Anda. Jika Anda tidak bersemangat dengan niche yang Anda pilih, Anda akan lebih cenderung menjadi berkecil hati, karena dibutuhkan banyak pekerjaan untuk berhasil skala bisnis cara jadi dropship.

Beberapa hal yang sebaiknya Anda pertimbangkan dalam memilih niche antara lain seperti:

Mencari keuntungan yang menarik
Biaya pengiriman rendah sangat penting
Pastikan produk Anda menarik bagi pembeli impulsif dengan pendapatan sekali pakai
Pastikan orang secara aktif mencari produk Anda
Buat merek Anda sendiri
• Jual sesuatu yang tidak tersedia secara lokal (dalam daerah Anda)

2. Lakukan riset kompetisi

lakukan riset kompetisi
Sumber gambar: Hot Jar

Ingat, Anda akan bersaing dengan dropshipper lainnya serta raksasa ritel seperti Walmart dan Amazon. Di sinilah potensi para dropshipper melaksanakan cara jadi dropship yang salah, karena mereka mencari produk yang memiliki sedikit atau tanpa persaingan. Itu pertanda tidak ada permintaan untuk produk tertentu itu.

Terdapat banyak alasan mengapa suatu produk mungkin tidak memiliki banyak persaingan, termasuk biaya pengiriman yang tinggi, masalah pemasok dan manufaktur atau margin laba yang buruk. Cari produk yang memiliki persaingan, karena itu pertanda bahwa ada permintaan yang tinggi dan model bisnisnya berkelanjutan.

3. Supplier

Cara Jadi Dropship supplier
Sumber gambar: Putri Grosir

Salah satu cara jadi dropship yang penting adalah bermitra dengan pemasok yang salah dapat merusak bisnis Anda. Lakukan uji tuntas yang tepat. Sebagian besar pemasok pengiriman dropship terletak di luar negeri, oleh sebab itu, komunikasi sangat penting, baik dalam hal kecepatan respons maupun kemampuan untuk saling memahami. Jika Anda tidak 100% yakin dengan kemampuan komunikasi pemasok potensial, lanjutkan, dan lanjutkan lagi pencarian Anda.

Pastikan untuk mengajukan banyak pertanyaan dan pelajari kemampuan produksi mereka jika bisnis Anda tumbuh secara eksponensial. Anda ingin memastikan mereka memiliki kemampuan untuk berskala bersama Anda.

Cobalah untuk belajar dari pengusaha lain yang telah melewati jalan cara jadi dropship ini di masa lalu. Ada banyak sumber informasi yang tersedia, dari blog bisnis dan teknologi hingga subreddit tentang pengiriman barang. Ini adalah topik populer yang dapat membantu Anda menghindari kesalahan pemasok yang mahal.

4. Laman e-commerce

Laman e-commerce
Sumber gambar: Vecto2000

Cara tercepat untuk meluncurkan situs web yang mendukung model bisnis pengiriman cara jadi dropship adalah dengan menggunakan platform e-commerce sederhana seperti Shopify, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan lain-lain. Anda tidak memerlukan latar belakang teknologi untuk bangkit dan berjalan, dan memiliki banyak aplikasi untuk membantu meningkatkan penjualan.

Bahkan jika Anda memiliki anggaran yang cukup besar yang akan memungkinkan Anda untuk menyewa desain web dan perusahaan pengembangan untuk membuat solusi khusus, itu adalah langkah yang jauh lebih bijaksana dalam cara jadi dropship untuk menggunakan salah satu opsi plug-and-play, terutama di awal berdirinya usaha Anda.

5. Rencana akuisisi konsumen

Rencana akuisisi konsumen
Sumber gambar: Get The Matic

Memiliki produk hebat dan situs web memang hebat, tetapi tanpa pelanggan yang ingin membeli, Anda tidak memiliki bisnis. 

Ada beberapa cara jadi dropship untuk menarik pelanggan potensial, tetapi opsi paling efektif adalah memulai kampanye iklan Facebook.

Ini memungkinkan Anda untuk menghasilkan penjualan dan pendapatan sejak awal, yang dapat berkontribusi untuk penskalaan cepat. Facebook memungkinkan Anda untuk menempatkan penawaran Anda langsung di depan audiens yang sangat bertarget. Ini memberi Anda kemampuan untuk bersaing dengan merek dan pengecer terbesar dengan segera.

Dalam cara jadi dropship, Anda juga harus berpikir jangka panjang, memanfaatkan optimisasi mesin pencari dan pemasaran e-mail juga harus menjadi fokus Anda.

Kumpulkan e-mail pelanggan potensial dari awal dan siapkan urutan e-mail otomatis yang menawarkan diskon dan penawaran khusus. Ini adalah cara jadi dropship yang cukup mudah untuk meningkatkan basis pelanggan Anda yang ada dan menghasilkan pendapatan tanpa iklan dan pengeluaran pemasaran tambahan.

6. Analisis dan omptimisasi

Cara jadi dropship dasar yang perlu Anda ketahui adalah Anda perlu melacak semua data dan metrik yang tersedia untuk menumbuhkan bisnis Anda. 

Ini termasuk traffic Google Analytics dan data conversion pixel Facebook, jika itu adalah saluran akuisisi pelanggan utama Anda.

Anda tidak akan pernah memiliki solusi periklanan dan pemasaran yang ditetapkan dan dilupakan. Anda perlu terus-menerus menguji peluang baru dan menyempurnakan kampanye saat ini, yang memungkinkan Anda mengetahui kapan harus mengoptimalkan atau menggeser pengeluaran kampanye.

cara jadi dropship
Sumber gambar: Imgix

Cukup mudah bukan?

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, cara jadi dropship tersebut tentu jangan sampai dipandang sebelah mata.

Memang terdengar sederhana, namun, menjalankan cara jadi dropship bukan berarti tidak memiliki risiko sama sekali.

Sebagai manusia, tentu kita ingin memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan risiko, kan?

Guna menopang prinsip tersebut, diperlukan konsistensi dan ketekunan dalam menjalankan sesuatu. Menjadi pribadi yang disiplin tentu akan sangat membantu Anda dalam menjalankan cara jadi dropship. Hal tersebut karena Anda akan terbiasa untuk gesit dalam melihat peluang yang ada dan memanfaatkannya di waktu yang tepat.

Demikian artikel mengenai kemampuan dasar cara jadi dropship yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berjualan!

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Apa Itu Dropshipper di Shopee? Bagaimana Triknya Agar Untung? - […] klik di sini untuk mengetahui Kemampuan Dasar Cara Jadi Dropship, Harus […]

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!