Untuk alasan ini, kaca spion sepeda motor standar lebih lebar

Sesuai regulasi yang ada, motor standar harus menggunakan dua spion. Tentunya dengan tujuan agar pengendara sepeda motor bisa mengenali situasi di baliknya.

Apalagi saat motor ingin berbelok, Anda harus memantau situasi di belakangnya agar tidak terjadi kecelakaan. Bicara soal spion, tahukah Anda kenapa kaca spion standar motor cenderung lebih lebar dan tinggi?

Bukan hanya merek sepeda motor. Namun hampir sebagian besar merek sepeda motor menawarkan spion dengan ukuran yang lebih besar dan lebar. Karena ukurannya, pengemudi terkadang tidak merasa aman, jadi gantilah.

Selain itu, ada juga yang merasa tidak nyaman dengan ukuran cermin karena mengurangi jarak pandang. Dan terkadang kaca spion memiliki bentuk yang salah. Ada yang agak cembung sehingga mesin belakang terlihat membesar.
Baca Juga: Selain Pulau Jawa, Ini 4 Provinsi dengan Kecepatan Internet Tercepat di Indonesia
Berikut adalah alasan mengapa kaca spion bawaan sepeda motor cenderung lebih lebar dan lebih besar:

Ruang yang tampak lebih luas saat menyalip
Alasan pertama yang muncul adalah kondisi jalan terlihat lebih besar dan pengendara sepeda motor bisa lebih mudah menyalip kendaraan lain saat berkendara. Ini mengurangi kecelakaan.

Seimbang dengan lebar stang
Alasan kedua adalah seimbang dengan lebar setang. Sehingga ia juga bisa menjangkau stand kanan dan kiri dari mesin yang dikendarainya. Dengan cara ini, pengemudi dapat melihat di sebelahnya tanpa harus memutar kepalanya sampai tubuhnya bergerak bersamanya.

Ciri
Setiap merek sepeda motor memiliki ciri khasnya masing-masing. Salah satunya dengan melihat cermin yang disediakan. Tentu semua orang akan langsung mengenali bahwa cermin yang berbentuk seperti ini adalah cermin dari sepeda motor merek ini.
Baca juga: Tiga Orang Tua Nokia Beralih ke Android

Selain mesin dan bodi, mereka juga ingin menunjukkan ciri khasnya dengan mendesain spion sesuai desain yang diinginkan.

Nah, beberapa alasan tersebut membuat produsen sepeda motor menawarkan spion standar yang cenderung lebih besar. Namun tentu saja dalam bentuk yang berbeda-beda, tergantung spesifikasi masing-masing perusahaan. (CW-06/khairul anam)

Sumber :