Jualan Apa yang Laku di Kampung Tanpa Modal Besar

Business Idea

Jualan Apa yang Laku di Kampung
Sumber gambar: sanghyuk cho dari Pixabay

Jika Anda yang hidup di kawasan perkampungan, biasanya kawasan rumah-rumah di sana cukup padat. Ternyata hal ini bisa menjadi kesempatan yang besar untuk membuka usaha sendiri. Tapi Anda mungkin akan bertanya, jualan apa yang laku di kampung?

Nah, ternyata ada banyak sekali inspirasi usaha yang bisa kita lakukan di kampung. Karena prospek usaha di kawasan padat seperti ini akan sangat besar mengingat calon pembelinya juga banyak. Jadi pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan di dalam kawasan tersebut.

Bagi Anda yang bertanya-tanya jualan apa yang laku di kampung dan berniat untuk membuka usaha, berikut ini beberapa jenis usaha paling laris di kampung yang bisa Anda jadikan pilihan.

Berjualan menu sarapan
Sumber gambar: Detik Food

1. Berjualan menu sarapan

Sarapan adalah waktu makan yang banyak dicari, tapi banyak yang juga tidak sempat untuk mempersiapkannya di rumah. Nah, peluang ini sangat cocok untuk Anda yang bertanya jualan apa yang laku di kampung. Menu sarapan yang laris biasanya adalah bubur, gudeg, opor dan masih banyak lagi. 

Usaha menu sarapan ini juga termasuk paling laris di kampung lho. Padahal waktu berjualan bisa hanya dari jam 5 sampai sekitar jam 10 pagi saja. Modal untuk berjualan menu sarapan ini tidaklah besar karena Anda bisa menggunakan peralatan masak biasa lalu buka lapak di depan rumah Anda kecil-kecilan.

2. Usaha warteg

Berjualan menu sarapan juga masih bisa dikembangkan menjadi bisnis ini lho. Anda bisa juga berjualan warung warteg untuk pelanggan di siang hari. Menu sayur-sayuran, lauk, tumis dan sop biasanya jadi menu yang paling dicari. Anda bisa memaksimalkan usaha warteg ini di lokasi yang berdekatan dengan sekolah dan perkantoran. Maka warung Anda biasanya akan dicari pada saat jam makan siang.

3. Warung lesehan

Jika Anda merasa bosan dengan warteg, Anda pun bisa membuka usaha warung lesehan dengan menu sederhana berupa ayam goreng, bebek bakar dan lainnya. Menu goreng dan bakar biasanya banyak dicari masyarakat Indonesia. Biasanya warung lesehan banyak juga dipesan untuk acara rapat dan pertemuan. Jadi jalinlah relasi yang baik dengan pelanggan ya!

4. Jual aneka kue

Jika modal Anda tak cukup untuk membuka bisnis sekelas restoran, maka bisa juga dengan menjual aneka jenis kue. Baik kue basah atau kue kering, semuanya banyak dibutuhkan di area perkampungan. Anda bisa promosi ketika arisan kepada Ibu-Ibu sekitaran atau ketika ada kegiatan yang membutuhkan snack. Hal ini akan menjawab Anda yang sedang mencari jualan apa yang laku di kampung.

5. Warung kopi (Warkop)

Anak muda masa kini memiliki hobi untuk nongkrong. Begitu juga dengan yang ada di kawasan perkampungan. Tak selalu di kafe, warung kopi pun juga jadi usaha paling laris di kampung dan diserbu penikmat kopi dan malam. Dengan modal kopi dan juga tempat agak luas, warkop sudah bisa beroperasi.

6. Angkringan kekinian

Nasi kucing, sate telur dan gorengan menjadi menu utama yang tak akan bisa ditolak. Angkringan juga selalu jadi incaran untuk banyak orang karena menawarkan harga yang super murah. Dengan modal tak sampai 5 juta, dijamin warung angkringan sudah bisa dijalankan. Bisa juga ditambahkan dengan lampu-lampu agar angkringan terlihat lebih menarik.

7. Berjualan bahan pokok

Berjualan bahan pokok juga termasuk usaha paling laris di kampung yang bisa Anda coba tekuni. Beras, gula hingga minyak goreng adalah bahan pokok yang paling dicari oleh para Ibu. Bahan pokok menjadi kebutuhan tiap rumah tangga sehingga pasti warung Anda akan ramai pembeli.

Menjual sayur mayur
Sumber gambar: TeroVesalainen dari Pixabay

8. Menjual sayur mayur

Jika Anda hanya memiliki modal kurang dari 500 ribu, maka bukalah lapak sederhana di depan rumah dan jual sayur mayur. Ya, warung belanjaan seperti ini memiliki aliran kas yang sangat cepat karena para Ibu di perkampungan selalu belanja setiap harinya.

Anda bisa berangkat ke pasar pagi hari untuk belanja berbagai sayur mayur dan langsung menjualnya dalam kondisi segar. Meski seolah hanya barang murah, namun keuntungan yang dihasilkan cukup lumayan.

9. Laundry kiloan

Biasanya di kawasan perkampungan, banyak sekali yang tidak sempat untuk mencuci sendiri sehingga usaha laundry kiloan akan bisa jadi peluang untuk Anda. Modal yang dibutuhkan pun tidak besar mengingat hanya butuh mesin cuci, hanger, sabun cuci, dan pewangi saja. Jika diperkirakan, kemungkinan Anda hanya butuh modal 7 jutaan saja untuk membuka usaha laundry kiloan kecil-kecilan di wilayah kampung Anda.

10. Cuci motor atau mobil

Jika Anda memiliki pekarangan rumah tidak terpakai, maka Anda bisa menjadikannya ladang rejeki. Cobalah membuka usaha berupa cuci motor dan atau cuci mobil jika memang pekarangannya luas.

Hal ini lantaran kesibukan pekerjaan umumnya menjadikan pemilik kendaraan tidak sempat dalam mencuci kendaraannya sendiri. Melihat peluang besar ini, maka usaha cuci motor dan cuci mobil pasti akan jadi jualan apa yang laku di kampung.

11. Les privat

Di kawasan perkampungan pastilah banyak sekali anak-anak. Biasanya anak-anak menghabiskan waktunya hanya untuk bermain seharian di luar rumah. Dibanding bermain, tentu ada baiknya anak belajar sehingga nilai sekolahnya bisa tinggi.

Anda bisa membuka usaha les privat di sekitar kawasan kampung Anda. Les privat sangat dibutuhkan banyak orang tua sehingga pembelajaran dari si kecil bisa lebih terkontrol. Modal membuka les privat pun sangat murah karena hanya butuh peralatan tulis menulis saja.

12. Jahit pakaian

Jika Anda memiliki keterampilan dalam menjahit pakaian, maka ada baiknya manfaatkan keterampilan tersebut untuk menghasilkan uang. Anda bisa membuka jasa jahit pakaian di rumah Anda hanya dengan modal mesin jahit yang Anda punya dan ketrampilan menjahit Anda.

Anda bisa mencari pelanggan dari sekitar kawasan kampung Anda dengan menawarkannya pada Ibu-Ibu. Pastikan batasi pemesanan dan berikan kualitas terbaik sehingga pelanggan akan setia pada jasa jahit Anda.

13. Fotokopi

Jasa fotokopi juga sangat dibutuhkan di kawasan perkampungan yang dekat dengan sekolah dan kawasan perkantoran. Untuk itu, jasa fotokopi akan bisa jadi pilihan tepat sehingga para pegawai, guru dan murid bisa mencetak dokumen di jasa fotokopi Anda. Area kampus juga bisa menjadi ladang yang besar untuk Anda.

14. Jual pulsa

Pulsa adalah kebutuhan hampir semua orang. Tak heran jika usaha jual pulsa baik pulsa seluler atau pulsa listrik menjadi usaha paling laris di kampung. Dengan modal yang tak sampai 1 juta, Anda bahkan sudah bisa membuka usaha ini. Karena itu, sayang untuk melewatkan salah satu jualan yang paling laku di kampung ini.

15. Jual pakaian

Tanpa harus bermodal besar dan punya butik besar, Anda juga bisa berjualan pakaian. Targetnya adalah para Ibu sehingga Anda bisa memanfaatkan momen arisan atau mengantar anak sekolah untuk menawarkan dagangan Anda.

Anda juga bisa menawarkan bonus-bonus menarik kepada calon konsumen sehingga mereka lebih tertarik membeli dagangan tersebut.

16. Toko kelontong

Jika Anda memiliki modal yang cukup, maka toko kelontong bisa menjadi salah satu alternatif. Toko kelontong sering menjadi usaha paling laris di kampung karena menyediakan banyak perlengkapan harian. Beberapa barang yang dijual di toko kelontong biasanya sabun, sampo, rokok dan masih banyak lagi.

17. Agen gas LPG

Saat ini pengguna gas LPG semakin meningkat. Bahkan hampir semua rumah membutuhkannya. Usaha gas LPG ini jika ditekuni bisa menjadi usaha paling laris di kampung, bahkan bisa sampai mengantri lho. Pastikan penduduk di kawasan tersebut membeli gas LPG di tempat Anda sehingga keuntungan berlimpah.

18. Menjual BBM eceran

Jualan apa yang laku di kampung selanjutnya adalah dengan menjual BBM eceran. Semua orang tentu butuh BBM demi bisa menjalankan kendaraannya. Namun karena tidak mau antri di pom bensin atau kadang kehabisan, maka usaha BBM eceran ini bisa jadi peluang usaha yang bagus.

19. Menjadi pengepul hasil pertanian

Di daerah perkampungan atau pedesaan, menjual hasil pertanian kadang terasa sulit. Bagi Anda yang memiliki koneksi dengan penjual hasil pertanian, maka Anda bisa menadah hasil tani dari tetangga. Anda bisa melanjutkan untuk menjualnya ke kota sehingga bisa dapatkan keuntungan tanpa harus menanam.

20. Usaha potong rambut

Usaha paling laris di kampung lainnya yang bisa Anda tekuni adalah dengan membuka jasa potong rambut. Jika Anda memiliki skill dalam memotong rambut baik pria atau wanita, maka bisa jadikan skill tersebut penghasil uang. Jika Anda menunjukkan performa yang baik, tak jarang tetangga Anda akan menjadi langganan dan merekomendasikan Anda ke orang lain.

Itulah beberapa macam jualan apa yang laku di kampung dan potensial untuk Anda tekuni. Dengan menjalankan salah satu atau beberapa usaha tersebut, maka Anda akan bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus keluar modal besar. Sudah siap berbisnis?


0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!