Jenis-Jenis Bisnis Online yang Potensial di Instagram dan Youtube

Business Idea

jenis-jenis bisnis online
Sumber gambar: PYMNTS

Kini, hampir semua orang memiliki akun Instagram mulai dari anak sekolah sampai orang dewasa. Berapa jam dalam sehari Anda membuka media sosial tersebut? Menurut survei, rata-rata orang akan menggunakan Instagram selama 1-3 jam per harinya. 

Dengan fakta ini, tak heran Instagram kerap digunakan sebagai lahan berbisnis online. Anda akan dengan mudah menemukan online shop yang menjual berbagai macam barang yang sedang dibutuhkan, misalnya handphone case, fashion, stationery, dan bahkan snack import. 

Nah, apa saja peluang bisnis yang bisa dilakukan di Instagram, ya? Simak jenis-jenis bisnis online di Instagram yang potensial pada tahun ini!

1. Product Reviewer

Akun GadgetIn adalah salah satu akun ternama dari banyak product reviewer di Indonesia yang aktif mengulas produk-produk elektronik keluaran terbaru mulai dari handphone, laptop, dan kamera. 

David, pemilik akun GadgetIn mengaku konten review pertamanya dibuat empat tahun lalu bermodalkan gadget dan kamera yang baru saja ia beli yang menghasilkan gaji pertama sebesar 130 USD. Sekarang, ia telah berhasil meraih lebih dari 1 juta subscribers di Youtube.

Anda bisa mulai fokus pada produk yang Anda sukai dan membuat ulasan terhadap barang tersebut di Instagram dan Youtube. Jika banyak orang yang terpengaruh dengan konten Anda, kemungkinan produsen produk atau perusahaan melirik dan menggunakan jasa Anda. Dengan menjadi menjadi product reviewer, Anda bisa mendapat banyak penghasilan, lho!

usaha jasa fotografi
Sumber Gambar: Unsplash

2. Fotografi/Videografi

Jasa fotografi dan videografi tengah naik daun saat ini. Semua event seperti pre-wedding, wedding, wisuda, konser, dan berbagai macam acara lainnya pasti akan memilih untuk menyewa vendor agar bisa mendokumentasikan dan mengenang kegiatan melalui foto dan video yang berkualitas. Bagi Anda yang punya kemampuan di bidang fotografi, Anda bisa menawarkan jasa melalui Instagram. 

Jika Anda masih pemula, Anda bisa membuka layanan fotografer atau videografer mulai dari acara wisuda teman Anda sendiri. Namun, Anda juga bisa langsung menjadi fotografer untuk acara-acara besar seperti pernikahan dan konser maupun produk-produk tertentu.

Anda dapat memulai bisnis sebagai fotografer atau videografer dengan mempromosikan karya Anda melalui Instagram. Publikasi di media sosial ini akan memudahkan sekaligus meyakinkan calon klien untuk menggunakan jasa Anda.

3. Blogger

Siapa blogger favorit Anda di Instagram dan Youtube? Bagi para travel blogger, food blogger, atau lifestyle blogger, Instagram dan Youtube adalah platform yang dapat diandalkan untuk mendapatkan manfaat ekonomi dari hobi nge-blog. Tidak sulit kok menjadi blogger mengenai kegiatan yang memang Anda sukai.

Caranya, foto dan sekelumit ulasan mengenai makanan atau restoran yang ada di blog Anda, bisa diunggah ke akun Instagram dan Youtube, seperti halnya Ria SW, Ken and Grat, dan sebagainya. Demikian pula bagi travel blogger yang mengunggah foto-foto serta video pengalamannya mengunjungi destinasi wisata.  

Peluang ini akan sangat menarik bagi Anda yang senang menceritakan pengalaman Anda pada orang lain. Anda bisa mencari inspirasi dengan melihat konten blogger-blogger ternama di media sosial. Namun, yang menjadi tantangan adalah konsistensi dalam menciptakan konten blog tersebut. Semua jenis-jenis bisnis online memiliki kesulitannya tersendiri, bukan?

4. Make-Up Artist

Dulu, make-up artist bisa dicari dari hasil pembicaraan mulut ke mulut, tetapi sekarang make-up artist yang sering disingkat menjadi MUA lebih mudah ditemukan hanya dengan meng-klik hashtag di Instagram. Exposure makeup artist kepada potential clients-nya semakin besar karena hasil make-up mereka terpampang di akun Instagram mereka. 

Orang-orang pun jadi lebih memperhatikan jenis bisnis online MUA ini: siapa saja klien mereka, alat-alat apa yang dibutuhkan, dan tanggung jawab seperti apa yang ada di tangan seorang make-up artist.

Make-Up Artist tidak selalu harus melalui sekolah khusus, lho, terutama bagi Anda yang memang sudah menyukai bidang ini dan sering make-up wajah Anda sendiri. Biar publik yang menilai bagaimana kompetensi rias Anda melalui portofolio di Instagram dan media sosial lainnya. Anda bisa memulai dengan mengunggah hasil make-up diri Anda sendiri dan menawarkan jasa Anda ke teman-teman yang berminat. Tertarik?

usaha D-I-Y Shop
Sumber Gambar: Common

5. D-I-Y Shop

Khusus bagi Anda yang mempunyai kemampuan membuat barang customized seperti kerajinan, hand-lettering, kado, sebaiknya coba pasarkan kemampuan Anda melalui Instagram. 

Banyak orang yang mencari produk unik untuk kado spesial bagi orang terkasih karena membeli barang jadi di toko sudah terlalu mainstream. Kesempatan ini bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda yang punya kreativitas tinggi. 

Anda perlu mengidentifikasi produk apa yang sedang diminati pasar dan yang sekiranya unik hingga orang tertarik untuk membelinya. Untuk mengurangi biaya produksi pada jenis bisnis online ini, tidak ada salahnya menggunakan barang-barang bekas dan mengolahnya menjadi barang bernilai tinggi serta lebih sustainable bagi lingkungan. 

6. Produk fashion

Saat ini, kebanyakan orang senang membeli baju online ketimbang datang langsung ke toko karena lebih efisien dan mudah. Mereka hanya perlu memilih produk lewat smartphone-nya sambil ‘rebahan’ di kamarnya dan menunggu kedatangan paket 3 hari kemudian. 

Tren ini bisa dimanfaatkan dengan menjual produk fashion desain Anda sendiri atau bisa juga menjual merk-merk yang sudah dikenal publik. Anda bisa mengunggah model-model baju tersebut di Instagram dan memperbesar engagement dengan menambahkan hashtag di setiap post. 

7. Preloved/Thrift-shop

Apakah Anda pernah melihat akun dengan username yang menggunakan kata preloved atau thrift-shop? Jenis bisnis online yang satu ini menjual barang preloved atau barang yang pernah dipakai ini sedang menjadi tren di kalangan anak muda. Para penjual menerapkan istilah ini untuk barang-barang bekas yang masih bagus dan baru beberapa kali dipakai lalu dijual dengan harga yang lebih murah.

Memangnya, ada yang berminat membeli baju bekas pakai? Tentu ada! Sekarang, generasi muda mulai menyadari bahwa praktik fast-fashion atau produksi fashion yang mengikuti tren dan berubah sangat cepat dari waktu ke waktu dengan harga yang mahal. 

Praktik fast-fashion ini juga dianggap tidak berdampak baik bagi lingkungan karena lebih dari 60 persen fabric fibers merupakan bahan sintetik yang diproduksi dengan energi fosil. Jika baju itu dibuang, akan sulit membusuk hingga beribu-ribu tahun lamanya. 

Oleh karena itu, anak muda kini cenderung menyukai membeli baju bekas yang baru dipakai beberapa kali dengan harga yang jauh lebih murah. Coba cek lemari Anda, adakah baju yang masih bagus tetapi jarang Anda pakai? Anda bisa membuat akun preloved di Instagram dan mempromosikannya kepada teman-teman Anda.

Berbisnis di Instagram dan Youtube adalah perkara melihat peluang dan juga passion yang Anda miliki. Jika Anda suka fotografi, akan menguntungkan jika Anda memublikasikan karya Anda di sosial media. Jika Anda suka membuat blog, unggahlah di media sosial. Media sosial memberikan ruang bagi kita untuk berkarya melalui berbagai jenis-jenis bisnis online dan menghasilkan uang dengan lebih mudah. 

Tips berbisnis di Instagram dan Youtube adalah cantumkan nomor kontak yang bisa dihubungi dan responsif membalas pesan pelanggan. Lalu, pastikan Anda mengunggah foto produk atau jasa asli sesuai dengan apa yang Anda tawarkan. Voila! Anda akan segera mendapatkan hasil dari bisnis online Anda. Selamat mencoba!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!