Intip 6 Cara Menjadi Reseller Baju Anak Paling Laku Secara Grosir

Business Hack, Business Idea, Marketing, Operasional

reseller baju anak
Sumber gambar: Indra Marketing

Anda terpikirkan untuk menjadi reseller baju anak?

Wah, ide yang bagus! Namun, apakah Anda merasa kebingungan dimana dan bagaimana Anda harus memulai menjadi reseller?

Tak masalah. Salah satu kunci utama berbisnis adalah “membeli dengan harga yang rendah dan menjual dengan harga yang tinggi.” Hal tersebut juga berlaku untuk bisnis reseller baju anak. Jika Anda ingin memulai bisnis pakaian, apapun itu jenisnya baik baju dewasa maupun anak-anak, membeli secara grosir adalah cara terbaik untuk membeli dengan harga terendah, sehingga Anda dapat menambahkan markup Anda, dan kemudian menjual barang-barang Anda untuk mendapatkan keuntungan yang layak. 

Tentu, Anda sudah kerap kali mendengar istilah grosir, bukan?

Ya, grosir dikenal sebagai bentuk pembelian dalam jumlah yang banyak dengan harga pembelian yang cenderung lebih murah di bawah harga standar yang telah ditetapkan. Dalam hal ini, Anda akan membeli baju anak dalam jumlah banyak untuk menjadi reseller baju anak, singkatnya, secara grosir.

Terdapat beberapa pembagian jenis grosir sesuai dengan luas wilayah usahanya, antara lain:

a. Grosir lokal

Grosir yang unit kegiataannya meliputi suatu kota tertentu

b. Grosir wilayah

Grosir yang kegiatannya memiliki batasan yang cenderung lebih luas, biasanya hingga satu provinsi tertentu

c. Grosir nasional

Grosir yang daerah kegiatannya hingga meliputi satu negara

Membeli grosir tidaklah sulit, setelah Anda menemukan tempat yang tepat dengan persediaan yang Anda cari. Namun demikian, Anda perlu mengikuti beberapa cara ini untuk menjadi reseller baju anak. Simak cara-caranya berikut ini.

1. Lakukan bisnis reseller baju anak dengan legal

reseller baju dengan legal
Sumber gambar: Wdam

Untuk mengoperasikan bisnis pakaian, seperti reseller baju anak, Anda harus memastikan bahwa Anda legal untuk melakukan bisnis di daerah Anda. Pastikan semua izin dan lisensi yang diperlukan untuk menjalankan bisnis Anda. Misalnya, Anda mungkin memerlukan lisensi bisnis negara dan lisensi bisnis kota. Asuransi bisnis juga diperlukan karena melindungi bisnis Anda jika ada masalah. 

Menemukan lokasi yang cocok untuk bisnis Anda juga merupakan langkah yang perlu Anda ambil. Anda tidak perlu membuka toko Anda di lokasi paling mewah, tetapi bangunan dan toko Anda harus bersih dan ramah kepada pelanggan potensial Anda. 

Anda juga akan memerlukan cara pemasaran beserta rencana pemasarannya, sehingga ketika Anda melakukan grand opening, orang-orang akan berada di luar, menunggu pintu Anda terbuka.

2. Tentukan niche

tentukan niche
Sumber gambar: Alicdn

Siapa target pasar Anda? Dan jenis pakaian apa yang ingin Anda jual? Apakah Anda ingin berspesialisasi dalam pakaian anak-anak, pasar tween, atau pakaian wanita? Jika Anda tidak memiliki preferensi, lihat-lihat area Anda sehingga Anda dapat melihat pasar mana yang kurang terlayani. Kemudian, berusahalah untuk mengisi ceruk itu.

Dalam hal ini, Anda tertarik untuk menjadi reseller baju anak. Mempelajari pasar Anda atau ketiadaannya dapat membantu Anda membentuk jenis bisnis yang harus Anda buka. Pilihan lain adalah kios mal, atau Anda dapat menyimpan barang dagangan dan menjual secara online di situs e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, atau Bukalapak.

3. Temukan pedagang grosir untuk reseller baju anak

pedagang grosir untuk reseller baju anak
Sumber gambar: Finerchoice

Nah, berhubung Anda ingin menjadi reseller baju anak, maka Anda tentu sudah jelas akan membeli baju anak dari para pedagang grosir baju anak, kan?

Ada beberapa cara untuk menemukan pedagang grosir pakaian untuk reseller baju anak. Salah satu caranya adalah menemukan situs web untuk perusahaan yang mewakili beberapa merek pakaian. Yang lainnya adalah mengunjungi situs web merek pakaian yang ingin Anda jual. Anda biasanya dapat menemukan tautan ke informasi grosir di bagian atas atau bawah dari situs-situs ini, meskipun Anda tidak boleh mengharapkan terlalu banyak detail mengenai kualifikasi, minimum pemesanan, harga atau persyaratan. Sebaliknya, gunakan situs web untuk menghubungi merek atau grosir.

4. Hubungi pedagang grosir untuk reseller baju anak

hubungi pedagang grosir
Sumber gambar: Picdn

Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat mengajukan permohonan kerja sama dengan akun grosir untuk reseller baju anak langsung di situsnya, meskipun Anda mungkin diminta untuk menelepon atau mengirim e-mail ke perwakilan pedagang grosir. 

Proses aplikasi mungkin mudah, meskipun pedagang grosir dari merek yang lebih elite dapat mempersulit Anda untuk memenuhi syarat sebagai pengecer, setidaknya saat bisnis Anda masih baru.

Anda diharapkan memberikan bukti bahwa Anda menjalankan bisnis yang sah. Bukti ini biasanya termasuk salinan lisensi bisnis Anda, izin penjualan kembali Anda dan, dalam beberapa kasus, salinan faktur dari akun grosir lain yang sudah Anda miliki. Pastikan untuk bertanya kepada pedagang grosir atau perwakilan merek tentang ketentuan mereka, termasuk aturan penetapan harga dan cara menetapkan persyaratan kredit.

5. Bangun hubungan dengan wholesaler atau supplier

membangun hubungan dengan wholesaler
Sumber gambar: UFL

Mengembangkan hubungan yang kuat dengan pemasok grosir sangat penting untuk keberhasilan bisnis reseller baju anak. Ketika Anda bekerja dengan baik dengan perwakilan grosir, Anda mungkin akan dapat menikmati harga pilihan, akses ke merchandising yang diminta dan mengakomodasi persyaratan pembayaran. Hormati waktu perwakilan Anda, bayar faktur sesuai tanggal jatuh tempo, dan dekati perwakilan Anda tentang masalah sebelum masalah kecil berubah menjadi masalah besar.

6. Opsi-opsi grosir lainnya untuk reseller baju anak

opsi lain untuk jadi reseller
Sumber gambar: CBC

Tak hanya itu, Anda pun dapat memperoleh grosir khusus reseller baju anak melalui beberapa opsi-opsi lainnya:

  • Dapatkan secara offline dan pergi ke pameran dagang industri. Keuntungan pergi ke pameran dagang adalah Anda dapat bertemu langsung dengan perwakilan dan dapat memeriksa sampel barang dagangan sebelum melakukan pemesanan.
  • Membeli inventaris dari toko yang keluar dari bisnis atau yang menyingkirkan barang dagangan di akhir musim. Meskipun barang-barang ini tidak akan menjadi tren, mereka dapat mewakili pusat laba yang signifikan untuk bisnis Anda. Pelanggan Anda akan menghargai mendapatkan penawaran bagus dan Anda akan dapat menawarkan pilihan barang dagangan yang lebih luas.
  • Bekerja dengan pemborong likuidasi. Perusahaan likuidasi membeli barang dagangan yang tidak terjual dari toserba besar dan pengecer katalog, menggabungkannya menjadi banyak, dan kemudian menjualnya kepada pengecer. Meskipun Anda tidak akan memiliki pilihan untuk memilih setiap barang dagangan, hal tersebut tidak menutup kemungkinan untuk membeli pakaian tersebut dan mengubahnya menjadi uang. Likuidator yang lebih baik juga menyediakan manifes yang menunjukkan dengan tepat apa yang ada di lot sebelum Anda membelinya. Banyak likuidator sedang online dan Anda dapat memesan langsung dari situs web mereka.

Nah, demikian ulasan mengenai cara menjadi reseller baju anak paling laku secara grosir.

Tentu, masih banyak hal yang perlu Anda pelajari, seperti cara memasarkan dan mengatur persediaan barang dagangan Anda. Namun, dengan mengikuti cara-cara ini, setidaknya Anda memiliki gambaran untuk mempermudah langkah Anda dalam menjadi reseller baju anak.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berjualan!

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Taktik Jitu Cara Daftar Jadi Reseller Online Shop Gratis Untuk Pemula - […] berpikiran untuk menjadi reseller baju anak? Klik di sini untuk membaca […]

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!