Inilah Cara Gabung Bisnis Online Fashion untuk Pemula

Business Hack, Marketing

gabung bisnis online fashion
Sumber: esraroise.com

Mengoleksi produk-produk fashion, seperti tas, sepatu, dan baju kerap menjadi hobi bagi banyak orang. Selain karena pergantian fashion mode yang terjadi di setiap tahunnya, bahkan bisa terjadi dalam jangka waktu bulanan, yang menarik untuk kita ikuti. Akan tetapi, di sisi lain disebabkan oleh tuntutan kehidupan masa kini yang menuntut kita untuk selalu tampil menarik. 

Oleh sebab itu, tidaklah mengherankan jika kita kerap menginvestasikan uang yang kita miliki untuk membeli berbagai produk fashion. Tujuannya tentu saja demi menunjang penampilan kita sehari-hari agar terlihat menarik dan terlihat selalu mengikuti perkembangan zaman.

Akan tetapi, tidak selamanya menggandrungi produk fashion membuat kita terus menguras isi dompet. Kita bisa memanfaatkan peluang dari hobi yang kita miliki. Ya, memulai bisnis fashion. Di zaman di mana penampilan merupakan salah satu kunci dalam pergaulan di masyarakat saat ini, memiliki hobi mengoleksi produk fashion bisa menjadi salah satu lahan mata pencaharian. Sebab kita bisa mengembangkan hobi kita tersebut untuk memulai membuka usaha di bidang fashion.

Tidak perlu repot-repot dengan membuka toko fashion fisik di ruko atau pusat perbelanjaan, anda bisa memulai mengembangkan hobi anda menjadi usaha cukup di rumah saja. Caranya bagaimana? Dengan gabung bisnis online fashion. Tidak perlu modal yang besar, anda bisa menikmati indahnya menggeluti hobi sembari mencari nafkah. Maka dari itu, simak cara gabung bisnis online fashion di bawah ini untuk memulai bisnis fashion anda.

1. Tentukan Produk Fashion yang Ingin Dijual

tentukan produk fashion yang ingin dijual
Sumber: behance.net

Menentukan produk apa yang akan anda jual adalah langkah pertama cara gabung bisnis online fashion. Sebab, penting bagi anda untuk menentukan produk apa yang akan anda jual agar anda bisa fokus  dalam menjalankan bisnis yang sedang anda rintis.

Jika anda gemar mengoleksi sepatu olahraga, tidak ada salahnya sepatu olahraga menjadi pertimbangan kuat sebagai produk yang akan anda jual nantinya.  Sebab berawal dari kegemaran itulah anda dapat menawarkan produk yang anda jual dengan baik kepada calon pembeli.

Anda yang sudah mengerti seluk beluk mengenai sepatu olahraga tentu akan mengerti produk seperti apa yang nantinya akan laku di pasaran. Di samping itu, anda dapat  menjelaskan dengan detail mengenai produk yang anda jual sekaligus memberikan rekomendasi kepada calon pembeli, kira-kira produk seperti apa yang mereka butuhkan dengan berbagai kondisi yang dialami oleh calon pembeli. Contohnya saja, sepatu yang memiliki bahan yang empuk untuk calon pembeli yang senang berjalan-jalan.

Tidak hanya dari kegemaran saja, anda bisa memilih produk yang akan anda jual berdasarkan keterampilan yang anda miliki. Jika anda memiliki keterampilan membuat desain baju atau tas, anda bisa gabung bisnis online fashion dengan menjual baju atau tas yang anda desain sendiri. Hal tersebut akan menambah nilai tambah tersendiri karena produk yang anda jual akan berbeda dari yang dijual di pasaran.

2. Temukan Pemasok Produk Fashion yang Tepat

Setelah anda menentukan produk apa yang ingin anda jual, anda perlu menemukan pemasok yang tepat. Apabila anda tidak membuat produk anda sendiri, anda harus mencari pemasok yang akan memasok produk fashion ke online shop yang anda miliki. Langkah itu perlu dilakukan agar yang anda rintis tidak berhenti di tengah jalan.

Langkah awal anda bisa bekerja sama dengan beberapa supplier yang memasok produk yang sama yang anda jual. Setelah selang beberapa waktu, anda bisa menentukan supplier mana yang menurut anda paling enak untuk diajak bekerja sama.

Seiring berjalannya waktu pun, anda bisa menambah supplier yang anda ajak untuk bekerja sama untuk menambah variasi produk yang anda jual. Dengan begitu, online shop yang anda miliki akan semakin berkembang.

3. Tentukan Konsep Online Shop

tentukan konsep fashion online shop
Sumber: etsy.com

Apabila anda hanya ingin fokus pada satu jenis produk fashion saja, anda bisa menentukan konsep untuk online shop yang anda miliki. Konsep ini berguna untuk membedakan online shop anda dengan online shop yang lain. Dengan begitu, online shop anda akan memiliki ciri khusus di mata calon pembeli.

Bila anda menjual produk baju, anda bisa menentukan konsep baju seperti apa yang ingin anda jual. Anda bisa memilih konsep baju vintage yang menjurus pada produk baju-baju klasik dengan nuansa baju zaman dulu. Anda juga bisa memilih konsep baju basic yang menjurus pada produk-produk baju simple yang nyaman untuk digunakan sehari-hari.  

Selain itu, anda juga bisa menentukan pasar yang mana yang ingin anda tuju. Apakah untuk para pecinta produk-produk klasik atau apakah untuk pekerja kantoran atau mahasiswa yang ingin mencari produk yang nyaman dipakai untuk pergi bekerja atau ke kampus. Dengan begitu, promosi yang anda lakukan akan lebih terarah.

4. Melakukan Inovasi

Penting dalam cara gabung bisnis online fashion untuk selalu melakukan inovasi. Mengapa begitu? Sebab jika anda tidak melakukan inovasi online shop yang anda rintis akan menjadi biasa-biasa saja dan akan kurang diminati oleh calon pembeli.

Oleh sebab itu, anda harus melakukan inovasi agar online shop yang anda rintis mendapatkan perhatian khusus dari calon pembeli. Anda bisa memilih konsep yang sebelumnya belum pernah dilakukan oleh online shop yang lain. Dengan anda menjadi berbeda, online shop anda akan mudah dikenali karena memiliki ciri khusus yang tidak dimiliki online shop yang lain.

5. Lakukan Promosi yang Menarik

Cara gabung bisnis online fashion selanjutnya yang tidak kalah penting dari sebelumnya adalah melakukan promosi yang menarik. Agar produk dan online shop anda dikenal oleh masyarakat luas, anda perlu melakukan promosi dengan baik. Langkah tersebut bertujuan agar calon pembeli tertarik untuk mengunjungi online shop anda dan tertarik untuk membeli produk yang anda jual.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat promosi anda menarik. Pertama, anda bisa mengunggah foto di online shop anda dengan konsep tertentu. Sama seperti menentukan konsep produk yang akan anda jual, anda juga bisa menentukan konsep mengenai foto yang akan anda unggah. Bisa dengan konsep foto klasik atau konsep foto yang berbau dengan alam, sehingga menciptakan feeds yang menarik bagi calon pembeli.

Kedua, anda harus konsisten untuk mengunggah foto produk yang anda jual setiap hari. Tujuannya agar online shop anda diketahui masih aktif dan untuk men-update informasi produk yang anda jual kepada calon pembeli setiap hari.

Ketiga, anda bisa melakukan berbagai iklan di berbagai sosial media agar online shop anda semakin diketahui oleh banyak orang. Dengan demikian, pelanggan anda akan terus bertambah.

Lima cara di atas adalah cara yang bisa anda tempuh sebagai pemula untuk memulai bisnis online fashion agar bisnis anda dapat berjalan dengan lancar. Di samping itu, juga dibutuhkan kedisiplinan dan konsisten dalam menggeluti bisnis fashion ini agar anda tidak mudah jenuh dan usaha anda niscaya terus berkembang setiap harinya. 

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Gabung Bisnis Online Fashion dengan Merek Sendiri - Ruang Bisnis - […] Klik disini untuk membaca lebih dalam mengenai cara gabung bisnis online fashion bagi pemula! […]

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!