Ini 9 Tips Merintis Bisnis yang Menguntungkan Dari Nol

Business Hack

bisnis yang menguntungkan
Sumber gambar: Forbes

Terkadang, ada masa-masa dimana kita memiliki banyak ide bisnis yang menguntungkan yang mungkin belum pernah terealisasikan. 

Bisa jadi karena banyak hal, mungkin dari modal, dukungan lingkungan sekitar, atau justru dari diri Anda sendiri.

Tak jarang pula ketika Anda bertanya ke rekan-rekan, sahabat, atau saudara terdekat Anda mengenai pekerjaan mereka, mungkin sebagian besar akan menjawab, “Oh, saya menjalankan bisnis yang menguntungkan milik saya sendiri.” Mungkin Anda mulai penasaran, bagaimana orang-orang terdekat Anda mampu merintis bisnis yang menguntungkan dari nol?

Seringkali yang menjadi masalah ada bagaimana cara memulai.

Yap, memulai sesuatu bisa jadi sangat menakutkan. Penuh dengan rintangan dan kejutan yang mungkin tak pernah kita bayangkan sebelumnya, terlebih merintis bisnis, tentu dibarengi dengan tantangan-tantangan yang tak kalah banyak.

Oleh sebab itu, jika Anda penasaran bagaimana cara merintis bisnis yang menguntungkan dan dapat sustainable, Anda datang ke artikel yang tepat. Berikut cara dan langkah dasar dalam merintis bisnis yang menguntungkan dari nol:

1. Evaluasi diri sendiri

evaluasi diri sendiri
Sumber gambar: SMM Advertising

Mari kita mulai dengan pertanyaan paling mendasar: Mengapa Anda ingin memulai bisnis? Gunakan pertanyaan ini untuk memandu bisnis yang menguntungkan seperti apa yang ingin Anda mulai. Jika Anda ingin uang tambahan, mungkin Anda harus memulai segera. Jika Anda menginginkan lebih banyak kebebasan, mungkin inilah saatnya untuk meninggalkan pekerjaan pukul 9-ke-5 Anda dan memulai sesuatu yang baru.

Setelah Anda memiliki alasan, mulailah bertanya pada diri sendiri lebih banyak pertanyaan untuk membantu Anda mengetahui jenis bisnis seperti apa yang harus Anda mulai, dan jika Anda memiliki apa yang diperlukan.

2. Pikirkan ide bisnis

pikirkan ide bisnis
Sumber gambar: Bob In The USA

Apakah Anda sudah memiliki ide bisnis yang menguntungkan? Jika demikian, selamat! Anda dapat melanjutkan ke bagian selanjutnya. Jika tidak, ada banyak cara untuk memulai brainstorming untuk ide yang bagus dengan mengikuti beberapa poin-poin berikut ini:

• Tanyakan pada diri sendiri: apa yang akan Anda lakukan selanjutnya?
• ‘Perbaiki’ sesuatu yang mengganggu Anda
• Aplikasikan kemampuan Anda menuju lahan bisnis yang benar-benar baru
• Gunakan pendekatan yang lebih baik, lebih murah, dan lebih cepat

3. Riset pasar

analisis pasar bisnis yang menguntungkan
Sumber gambar: Pestle Analysis

Mulailah meneliti pesaing potensial Anda atau mitra dalam pasar dengan menggunakan panduan ini untuk merintis bisnis yang menguntungkan. Riset pasar mampu memecah tujuan yang Anda butuhkan dan metode yang dapat Anda gunakan untuk melakukan hal itu. Misalnya, Anda dapat melakukan wawancara melalui telepon atau tatap muka. Anda juga dapat menawarkan survei atau kuesioner yang menanyakan pertanyaan seperti “Faktor apa yang Anda pertimbangkan saat membeli produk atau layanan ini?” dan “Bidang apa yang akan Anda sarankan untuk perbaikan?”

4. Umpan balik itu penting

feedback bisnis yang menguntungkan
Sumber gambar: Cloud Front

Biarkan orang berinteraksi dengan produk atau layanan Anda dan lihat apa yang mereka dapatkan. Satu pasang mata yang baru dapat membantu menunjukkan masalah yang mungkin Anda lewatkan. Plus, orang-orang ini akan menjadi pendukung merek pertama dari bisnis menguntungkan milik Anda, terutama jika Anda mendengarkan masukan mereka dan mereka menyukai produk tersebut.

Salah satu cara termudah untuk memanfaatkan umpan balik adalah dengan fokus pada pendekatan “The Lean Startup” dengan melibatkan tiga pilar dasar yaitu membuat prototipe, bereksperimen, dan pivoting. Dengan mendorong keluar suatu produk, mendapatkan umpan balik dan kemudian beradaptasi sebelum Anda mendorong keluar produk berikutnya, Anda dapat terus-menerus meningkatkan dan memastikan Anda tetap relevan sehingga mengembangkan bisnis Anda menjadi bisnis yang menguntungkan.

Sadarilah bahwa sebagian dari saran itu, diminta atau tidak, akan baik. Sebagian tidak. Itu sebabnya Anda harus memiliki rencana tentang bagaimana menerima umpan balik.

5. Make it official

make it official
Sumber gambar: Merriam-Webster

Dapatkan dan selesaikan semua aspek hukum dari bisnis yang menguntungkan milik Anda sejak awal berdiri. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir seseorang mengambil ide besar Anda, mengacaukan Anda dalam kemitraan atau menuntut Anda untuk sesuatu yang tidak pernah Anda lihat akan datang.

Meskipun ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan sendiri, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan pengacara ketika memulai, sehingga Anda dapat memastikan bahwa Anda telah memenuhi semua yang Anda butuhkan.

6. Buat rencana bisnis

buat rencana bisnis yang menguntungkan
Sumber gambar: Business 2 Community

Rencana bisnis adalah deskripsi tertulis tentang bagaimana bisnis yang menguntungkan milik Anda akan berevolusi dari mulai produk akhir.

Anda mungkin dapat mencakup semua yang Anda butuhkan untuk menyampaikan bisnis yang menguntungkan milik Anda dalam 20 hingga 30 halaman teks ditambah 10 halaman lampiran untuk proyeksi bulanan, resume manajemen dan detail lainnya. Namun demikian, jika Anda memiliki rencana yang panjangnya lebih dari 40 halaman, Anda mungkin tidak merangkum dengan baik.

Ingatlah bahwa rencana bisnis adalah dokumen yang hidup, bernafas dan seiring berjalannya waktu dan bisnis Anda matang, Anda akan memperbaruinya.

7. Kelola keuangan bisnis

kelola keuangan bisnis
Sumber gambar: NSMD Law Firm

Ada banyak cara berbeda untuk mendapatkan sumber daya yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis yang menguntungkan milik Anda. Lihatlah dan pertimbangkan sumber daya Anda sendiri dengan keadaan kehidupan untuk mencari tahu mana yang paling cocok untuk bisnis Anda.

8. Kembangkan produk

kembangkan produk
Sumber gambar: NYT

Setelah semua pekerjaan yang Anda lakukan untuk memulai bisnis menguntungkan milik Anda, akan terasa luar biasa untuk benar-benar melihat ide Anda menjadi hidup. Namun perlu diingat, dibutuhkan banyak effort untuk membuat suatu produk. Jika Anda ingin membuat aplikasi dan Anda bukan seorang insinyur, Anda harus menghubungi orang teknis. Atau jika Anda perlu memproduksi secara massal suatu barang, Anda harus bekerja sama dengan produsen.

Poin utama yang disoroti adalah bahwa ketika Anda benar-benar membuat produk, Anda harus fokus pada dua hal: kesederhanaan dan kualitas. Pilihan terbaik Anda tidak harus membuat produk termurah, walaupun itu menurunkan biaya produksi. Selain itu, Anda perlu memastikan produk dapat menarik perhatian seseorang dengan cepat.

9. Keberadaan tim

keberadaan tim
Sumber gambar: Deque

Untuk meningkatkan skala bisnis yang menguntungkan milik Anda, Anda harus menyerahkan tanggung jawab kepada orang lain. Anda membutuhkan tim.

Apakah Anda memerlukan mitra, karyawan, atau freelancer, tiga tips ini dapat membantu Anda menemukan partner kerja yang cocok:

• Nyatakan tujuan Anda dengan jelas
• Ikuti aturan rekrutmen yang berlaku
• Bangun budaya perusahaan yang kuat

bisnis yang menguntungkan
Sumber gambar: Thrive Global

Nah, Anda sudah membaca dan mengetahui bagaimana cara yang paling dasar dalam merintis bisnis yang menguntungkan dari nol. Lalu apa ya langkah selanjutnya?

Tentu saja. Memulai.

Tunggu apalagi? Anda tidak akan tahu apapun mengenai bisnis yang menguntungkan impian Anda tanpa memulainya terlebih dahulu. Entah bagaimana jalan ke depannya nanti, Anda harus memulai untuk merasakannya, dan tentu saja untuk melewatinya.

Memang, memulai menjadi salah satu tahap yang cukup menantang. Namun, dengan keberanian dan ketekunan Anda, Anda dapat meraih apa yang Anda inginkan.

Demikian artikel mengenai cara merintis bisnis yang menguntungkan dari nol. Semoga bermanfaat dan selamat memulai berbisnis!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!