Ini 6 Ide Bisnis Online Terlaris di Kalangan Anak Muda

Business Idea

Bisnis Online Terlaris
Sumber gambar: World of Our Craft

Online. Satu kata yang dapat menggambarkan hampir seluruh kondisi dan fakta yang ada di bumi ini; setidaknya untuk hal-hal yang informasinya dapat kita peroleh dengan mudah melalui mesin pencarian otomatis. Tak sedikit pula orang-orang yang memanfaatkan internet untuk memenuhi kebutuhan mereka, termasuk anak-anak muda. 

Cukup banyak variasi bisnis online yang dapat Anda pilih. Namun, pernahkah terpikirkan oleh Anda bisnis online yang berbeda dari yang lain? Berikut ide bisnis online terlaris di kalangan anak muda.

1. Blogger

Delapan hingga sepuluh tahun yang lalu, blog menjadi titik komunikasi utama bagi individu online. Tetapi dengan munculnya media sosial dan jejaring sosial dalam lima tahun terakhir, blog telah menjadi hanya satu bagian dari persona online individu. 

Saat ini, hampir semua orang membaca blog, baik itu blog berita “resmi” yang terkait dengan media berita tradisional, blog berbasis topik yang terkait dengan pekerjaan atau hobi seseorang, maupun blog yang murni untuk hiburan. Hampir semua orang yang Anda temui memiliki setidaknya satu blog favorit. 

Meskipun demikian, hal tersebut tidak selalu terjadi. Blog memiliki sejarah yang relatif singkat, bahkan jika dibandingkan dengan sejarah internet itu sendiri. Hanya dalam lima hingga sepuluh tahun terakhir, blog benar-benar lepas landas dan menjadi bagian penting dari lanskap online, termasuk menjadi bisnis online terlaris. 

Ingatlah bahwa Anda tidak hanya memulai blog dan mengharapkan uang mengalir begitu saja. Sebagai bisnis online terlaris, Anda perlu membuat konten secara konsisten untuk blog Anda, dan konten tersebut juga harus berupa konten yang mendidik, menginformasikan, atau menghibur orang. Dengan kata lain, Anda perlu menangkap minat mereka dalam beberapa cara. 

Terlebih lagi, Anda perlu menjual sesuatu melalui blog. Produk yang Anda jual bisa berupa ruang iklan, produk, produk digital, posting yang disponsori, pelatihan, e-books, dll. Tetapi jika Anda bersedia untuk bekerja di lingkup blog untuk jangka panjang, blog bisa menjadi bisnis online terlaris yang sangat menguntungkan.

2. Komunitas berbayar

Komunitas adalah tempat untuk inklusi; tempat di mana orang terikat pada minat, hasrat, atau tujuan bersama. Itu adalah tempat di mana hubungan dibangun. Untuk bisnis, komunitas adalah tempat di mana pelanggan Anda membangun hubungan satu sama lain, tentunya dengan “merek” Anda. 

Menciptakan ruang di mana orang-orang yang berpikiran sama dapat terhubung, bertukar ide, meminta saran, dan hang out bersama bisa menjadi salah satu ide bisnis online terlaris yang menguntungkan. Itulah yang menjadi dasar Reddit, yang merupakan salah satu dari 20 situs web paling populer di dunia. Seperti orang yang akan membayar biaya keanggotaan untuk jaringan bisnis atau klub dalam kehidupan nyata, Reddit juga akan melakukan hal yang sama, hanya saja secara online

Adapun komunitas berbayar yang dapat Anda buat seperti grup Facebook berbayar, situs keanggotaan, forum pribadi, dan lain-lain. Jika Anda adalah seorang pecinta bola, misalnya. Anda dapat membuat komunitas berbayar untuk suatu klub bola tertentu, menawarkan tawaran-tawaran yang menggiurkan untuk para anggotanya (diskon merchandise atau tiket live), dan dengan demikian dapat menjadi daya tarik sendiri untuk orang lain. 

Jika komunitas Anda menjadi populer dan dapat menarik banyak anggota, itu berarti pendapatan berulang. Tentu saja, lebih mudah untuk memulai jika Anda sudah memiliki calon anggota (misalnya dalam bentuk daftar e-mail). Plus, tentu saja, Anda dapat mengkombinasikan ide bisnis online terlaris ini dengan ide bisnis online lainnya.

3. Menjadi seorang influencer

menjadi influencer online
Sumber gambar: Idcloudhost

Tahukah Anda bahwa beberapa brand menghabiskan $5,67 miliar untuk pemasaran influencer di tahun 2018? Jumlah ini bahkan diperkirakan akan mencapai $8 miliar pada tahun 2020. 

Dengan meningkatnya popularitas influencer marketing dan merek-merek yang mengeluarkan banyak uang untuk itu, menjadi seorang influer telah menjadi ide bisnis online terlaris yang menguntungkan bagi kaum muda untuk mendapatkan uang. Influencer dapat mengenakan biaya dalam jumlah besar jika mereka memiliki basis pengikut yang substansial dan audiens yang terlibat.

Influencer Instagram dapat membebankan biaya antara $75 dan $3000 per posting

Ini mungkin alasan mengapa banyak orang memilih jalan ini, untuk mendapatkan uang cepat dan menjadi terkenal. Namun, tidak mudah untuk menjadi influencer Instagram dengan basis pengikut yang substansial. Dibutuhkan banyak waktu dan upaya untuk mencapai tahap di mana Anda memiliki pengaruh terhadap audiens Anda Jika Anda ingin melakukan hal yang sama, langkah pertama adalah mendapatkan pengikut. Dari sana, 

Anda dapat menghasilkan uang dengan mempromosikan produk dan perusahaan. Perusahaan-perusahaan akan membayar Anda secara langsung atau memberi Anda komisi penjualan. Memang benar bahwa Anda tidak bisa menjadi influencer dalam semalam. Mungkin butuh beberapa bulan, tapi percayalah, Anda pasti akan mulai melihat hasilnya.

4. Menjadi Youtuber

Video menjadi semakin populer. Dari Instagram, Whatsapp, dan Snapchat Stories hingga Facebook Live video, video terus menerus bertambah. Jika Anda selalu menyukai pemikiran berada di belakang kamera, sekaranglah saatnya Anda dapat memanfaatkannya dengan mengubah Youtube menjadi bisnis online terlaris. 

Baik itu memulai vlog, mendapatkan pendapatan iklan maupun menjual produk kepada audiens Anda, maupun membangun saluran YouTube untuk mengarahkan lebih banyak traffic ke situs web Anda, 2020 adalah tahun dan waktu yang tepat untuk memulai. 

Membuat video YouTube tidak hanya akan membantu Anda menceritakan kisah yang lebih baik dan memberikan konten yang lebih berharga kepada audiens Anda, tetapi juga membantu Anda mendapatkan peluang berbicara yang menjadi salah satu komponen public speaking

Bagian terbaiknya adalah Anda bahkan tidak perlu keluar dan membeli kamera baru yang mahal selama Anda memiliki smartphone dengan lensa kamera berkualitas, Anda dapat mulai merekam video pertama Anda sekarang juga.

5. Membuat podcast

Siapa yang tidak mengenal podcast? Mungkin hanya sedikit orang yang sama sekali benar-benar tidak pernah mendengar istilah tersebut. Dilansir dari laman Apple, podcast adalah episode program yang tersedia di internet. Podcast biasanya merupakan rekaman asli audio atau video, tetapi bisa juga merupakan rekaman siaran televisi atau program radio, kuliah, pertunjukan, atau acara lain. 

Saat ini, Podcast mengalami masa-masa booming-nya dalam beberapa tahun terakhir dan dapat menjadi salah satu ide bisnis online terlaris. Mereka adalah salah satu jenis konten online paling populer yang ada. Orang suka mendengarkan mereka dalam perjalanan ke tempat kerja, di gym, dan di mana saja. 

Memulai podcast tidaklah sulit. Anda hanya perlu beberapa peralatan audio, komputer, dan hanya itu. Ada juga banyak tempat untuk mengunggah dan mempromosikan podcast Anda. Yang lebih sulit adalah menemukan topik dan membicarakannya dengan cara yang ingin didengar orang lain. 

Setelah mengumpulkan audiens dengan ukuran tertentu, Anda dapat menjual ruang iklan dan menghasilkan uang dengan cara itu. Podcasting juga merupakan salah satu dari ide bisnis online terlaris yang dapat Anda gabungkan dengan entri lain seperti blogging.

6. Paid promote dan buzzer

Anda adalah seorang mahasiswa yang sedang mencari uang untuk event-event di kampusnya? Yap, tentu tidak asing mendengar istilah paid promote. Terlebih ketika Anda sedang scrolling Instagram, tak jarang Anda melihat teman-teman Anda membuat posting berlabel, “[Open Paid Promote]” yang diikuti oleh event terkait. 

Ya, bisnis ini tentu cukup menguntungkan. Anda juga dapat memanfaatkannya untuk memperoleh profit bagi diri Anda sendiri, lho!

paid promote dan buzzer
Sumber gambar: Search Engine Journal

Demikian artikel, “Ini 6 Ide Bisnis Online Terlaris di Kalangan Anak Muda”. Tentu, masih banyak alternatif-alternatif ide lainnya yang dapat Anda coba. Pilihlah ide yang memang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda sehingga Anda dapat menjalaninya dengan senang hati. Semoga bermanfaat dan selamat berbisnis!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!