Ini 5 Cara Kerja Bisnis Online Berdasarkan Sumber Pendapatan

Business Hack

cara verja bisnis online
Sumber gambar: Picdn

Anda memiliki ide bagus untuk sebuah bisnis online? Hebat! Hal tersebut akan sangat menghemat uang sewa, utilitas dan sejenisnya. Plus, bisnis online dapat diakses oleh seluruh orang di seluruh dunia 24/7. Berangkat dari ide tersebut, pemahaman mengenai cara kerja bisnis online tentu menjadi penting. 

Anda dapat memulai dari bisnis kecil terlebih dahulu dan melihat apakah bisnis Anda tersebut akan menarik perhatian publik sebelum Anda harus menghabiskan lebih banyak uang lagi. Tentu, munculnya teknologi dan internet telah membuka pintu bagi bisnis yang sepenuhnya online

Saat ini, yang Anda butuhkan dalam cara kerja bisnis online ini untuk menjangkau audiens adalah koneksi internet dan situs web. Hal tersebut sangat memungkinkan sebuah bisnis kecil untuk berfungsi dan mendatangkan pendapatan tanpa pernah membuka kantor fisik. Pertanyaan yang jelas untuk ditanyakan adalah: bagaimana cara kerja bisnis online? 

Bagaimana bisnis online dapat menghasilkan uang? Tentu, memahami sumber pendapatan online yang paling umum dapat membantu Anda mengembangkan bisnis Anda. Tautan afiliasi, iklan daring, dan sponsor terkadang dapat bekerja untuk mendatangkan pendapatan. 

Berikut 5 cara kerja bisnis online berdasarkan sumber pendapatan yang diperoleh:

1. Barang dagangan

E-commerce merupakan model umum untuk bisnis online yang menghasilkan uang. Dalam bisnis e-commerce, Anda menjual barang dagangan Anda yang berupa produk fisik melalui platform online. Bisnis e-commerce sangat populer bagi orang-orang yang tertarik untuk memulai bisnis online dari rumah. 

Namun, bisnis ini sulit untuk dimulai karena logistik yang diperlukan. Anda harus membuat, menjual, dan mengirimkan produk fisik. Selain itu, tergantung pada produk yang Anda jual, Anda mungkin juga harus mengelola sumber bahan, memainkan peran dalam pembuatan, serta mengelola pengiriman dan penanganan produk Anda.

Jika Anda dapat mengelola rantai pasokan bisnis Anda, e-commerce adalah model bisnis yang hebat. Anda dapat menawarkan berbagai produk yang berbeda kepada audiens yang besar. Jika Anda mengelola margin dan meningkatkan proses Anda, tidak ada batas pendapatan teoritis untuk bisnis e-commerce

Manfaat utama lainnya dari e-commerce adalah kemampuan untuk membuat pelanggan tetap loyal pada bisnis Anda. Hal ini mungkin akan mencakup mempertimbangkan beberapa aspek seperti e-mail pemasaran, iklan Facebook, penawaran khusus, dan lain-lain.

2. Donasi

Apakah terdengar aneh bagi Anda untuk menyebut donasi sebagai ‘model bisnis’? Eits, jangan salah. Mereka adalah sumber pendapatan online yang tidak dapat disangkal. Organisasi amal telah menjalankan donasi sebagai cara kerja bisnis online mereka sejak sebelum internet ada. Patreon adalah contoh hebat dari platform yang memungkinkan orang mengumpulkan dana yang signifikan melalui donasi.

Jenis crowdfunding ini memungkinkan seniman, musisi, dan pembuat konten lainnya menghasilkan cukup uang untuk menjadikan pembuatan konten baru sebagai pekerjaan penuh waktu mereka. Di satu sisi, organisasi amal memiliki lebih banyak jangkauan penggalangan dana daripada sebelumnya. Hal tersebut memungkinkan tidak hanya badan amal yang mapan untuk memperluas jangkauan mereka, tetapi juga membantu badan amal yang lebih kecil turun dari lapangan. 

Tentu saja ada batasan model bisnis berbasis donasi. Tidak semua jenis bisnis sesuai untuk donasi, dan ada batasan untuk pendapatan yang dapat Anda hasilkan melalui donasi. Meskipun demikian, donasi online menyediakan sumber pendapatan yang memungkinkan bisnis online non-tradisional dapat beroperasional sehari-hari.

3. Informasi

informasi online
Sumber gambar: Elsevier

Biasanya, produk informasi merupakan produk yang hanya tersedia secara online dan pada dasarnya adalah ‘kendaraan’ untuk memberikan keahlian. Jika Anda menjual produk-produk seperti ebooks, kursus video, template, dan sebagainya, maka Anda menjual produk berupa informasi sebagai cara kerja bisnis online Anda. 

Produk informasi memiliki beberapa keunggulan dibandingkan jenis bisnis online lainnya yaitu skala informasi produk yang sangat mudah, biaya cenderung lebih sedikit, dan lain-lain. Namun, kelemahan dari produk informasi adalah sedikit lebih sulit untuk mendapatkannya. 

Anda perlu menunjukkan kepada orang-orang bahwa keahlian Anda bernilai uang. Dengan produk fisik, mudah untuk melihat apa yang Anda dapatkan dengan imbalan uang Anda. Dengan produk informasi, pelanggan menaruh kepercayaan pada pencipta produk. Produk Anda harus memenuhi kepercayaan tersebut, ya! 

Peningkatan kepercayaan ini berarti bahwa bisnis berbasis produk informasi memerlukan sedikit lebih banyak investasi dalam pemasaran, terutama pemasaran konten.

4. Jasa dan layanan

Jika Anda adalah seorang pengacara, pelatih pribadi, konsultan bisnis, pekerja lepas, atau pelatih kehidupan, maka Anda menggunakan model bisnis berbasis layanan. Begitu pun cara kerja bisnis online berbasis layanan, bisnis tersebut menukar waktu dan keahlian Anda untuk mendapatkan uang. 

Anda menemukan orang yang membutuhkan keahlian Anda dan menawarkan layanan Anda kepada mereka. Meskipun demikian, perlu dicatat bahwa bisnis berbasis layanan bukan berarti hanya dapat ditawarkan secara online. Tentu, sangat mungkin untuk menjalankan bisnis berbasis layanan yang sukses tanpa memiliki situs web

Namun, pemasaran online memberikan penyedia layanan kesempatan untuk menjangkau lebih banyak klien lebih cepat, yang membuatnya menarik bagi orang yang menjalankan bisnis berbasis layanan. Jika Anda ingin memulai atau memperluas bisnis berbasis layanan, penting untuk mengenali batasan penting dari model bisnis ini: waktu. 

Hanya ada begitu banyak jam dalam sehari yang bisa Anda habiskan untuk melayani klien. Jika Anda memberikan layanan langsung kepada klien, menaikkan tarif sering kali merupakan taktik penetapan harga utama untuk meningkatkan pendapatan. 

Jika Anda memiliki basis klien yang andal, Anda dapat menghasilkan lebih banyak per jam daripada yang Anda lakukan untuk orang lain. Model layanan adalah umum untuk cara kerja bisnis online yang sukses menghasilkan uang.

5. Komunitas berbayar

Secara teknis, langganan merupakan bagian dari model produk dan model harga. Banyak bisnis e-commerce yang telah beralih ke model berlangganan. Begitu pun jurnalisme yang sebagian besar telah bergeser ke cara kerja bisnis online berbasis langganan. 

Surat kabar seperti The New York Times atau The Washington Post menemukan bahwa model berlangganan lebih efektif daripada penjualan kertas fisik di era digital. Salah satu tantangan untuk membangun komunitas berbayar adalah mempertahankan pelanggan Anda seiring waktu. Alat teknologi seperti otomasi pemasaran membantu mengatasi tantangan ini.

komunitas berbayar
Sumber gambar: Business Income Expert

Nah, sudah jelas kan? Demikian lima cara umum untuk meningkatkan pendapatan dalam cara kerja bisnis online. Beberapa cara kerja bisnis online lainnya mengandalkan satu jenis layanan atau produk — yang lain menggunakan campuran. 

Temukan cara kerja bisnis online baru untuk menggabungkan berbagai model produk dan layanan dan menghasilkan ide bisnis online baru atau cara untuk meningkatkan bisnis online Anda yang ada. Apa pun tipe bisnis Anda, ingatlah selalu berbagai model bisnis dan tipe nilai. Mereka berguna ketika Anda berpikir tentang mengembangkan bisnis Anda — dan belajar dari bisnis online lain yang menghasilkan uang.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!