Ide dan Peluang Usaha yang Bisa Anda Lakukan dari Rumah

Business Idea

ide dan peluang usaha
Sumber gambar:  businesstown.com

Saat ini di era yang semuanya sudah serba mudah, rasanya akan sayang apabila Anda tidak mengetahui berbagai ide dan peluang usaha yang bisa Anda dijadikan sebagai bisnis yang dapat dilakukan walaupun hanya dari rumah saja.

Dalam mencari pilihan ide bisnis rumahan yang menjanjikan pun tidak terlalu sulit. Adanya kemajuan teknologi digital membuka berbagai kesempatan bagi setiap orang untuk bisa memulai bisnisnya masing – masing. Siapapun bisa terjun ke dunia bisnis, walaupun hanya bermodalkan smartphone dan laptop, setiap orang bisa memulai bisnisnya masing-masing. 

Memulai bisnis tidaklah harus memiliki kantor besar dengan segudang pegawai, satu orang pun dapat mendirikan bisnis yang sukses selagi ada tekad, bakat, dan antusiasme yang kuat. Tidak perlu khawatir soal kantor, karena Anda pun dapat memulai bisnis dari rumah.

Dalam memulai bisnis rumahan yang menguntungkan, tentu saja memerlukan beberapa hal. Selain bakat, antusiasme, dan tekad, tentu saja ide bisnis yang tepat juga dibutuhkan. Saat ini mencari ide usaha rumahan pun tidaklah sulit. Anda hanya perlu melihat, membaca, dan mendengar.

Bagi Anda yang sedang mencari ide dan peluang usaha yang tidak perlu banyak modal, mungkin memulai bisnis rumahan bisa menjadi pilihan yang tepat. Untuk membantu Anda dalam menentukan pilihan, berikut ini beberapa ide usaha rumahan yang menjanjikan yang bisa Anda coba.

ide dan peluang usaha
Photo by rupixen.com from Unsplash

Menjual barang online

Banyak sekali yang ingin menjadi penjual barang online, karena telah banyak orang yang sukses menghasilkan jutaan rupiah perhari hanya dari berjualan online. Namun yang perlu diperhatikan juga bahwa bisnis online ini tidak akan semudah yang dibayangkan lho.

Setidaknya ada 3 kriteria yang harus anda utamakan, diantaranya yaitu:

  1. pelayanan yang memuaskan
  2. kepercayaan yang tinggi
  3. kualitas dan harga yang sesuai.

Dengan berorientasi kepada ketiga hal tersebut, maka Anda akan bisa mendapatkan pelanggan lebih banyak lagi kedepannya. Karena sebaik apapun pelayanan kita, jika tidak memiliki kepercayaan pasti tidak akan ramai.

Begitu juga dengan barang yang berkualitas, namun tidak memiliki kepercayaan dan juga pelayanan yang baik pasti tidak akan laris. Jadi ketiga hal itu harus dimiliki oleh kita apabila ingin berjualan secara online.

Memang, berjualan di dunia maya ini bisa dibilang cukup menantang untuk mendapatkan kepercayaan apabila langsung menjual kepada orang banyak. Jadi, Anda bisa mulai menjual kepada saudara, rekan, atau tetangga Anda terlebih dahulu. Jika sudah mendapatkan pelanggan sebelumnya dan mendapatkan testimoni yang bagus, maka hal itu akan berguna untuk bisnis kita kedepannya.

Secara mendasar dan sederhana, bisnis online itu mudah. Anda hanya tinggal membuka toko online lalu berjualan dan mendapat keuntungan. Namun sebenarnya ketika di lapangan tak semudah seperti yang terlihat lho.

Ada banyak hal yang perlu dilakukan dan dipelajari. Belum lagi ada pajak yang harus dibayarkan. Namun bila Anda ingin lebih hemat, Anda dapat menggunakan e-commerce yang ada di Indonesia, karena gratis dan juga aman.

Untuk masalah keamanan, Anda juga perlu memperhatikan secara seksama. Karena penipu itu bukan hanya dari penjual saja, si pembeli ternyata juga banyak yang menipu. Namun jika anda menggunakan e-commerce, maka Anda akan mendapatkan jaminan keamanan. Baik penjual maupun pembeli dijamin keamanannya dari penipuan.

usaha online
Photo by Bench Accounting on Unsplash)

Sistem dropship

Ide bisnis rumahan ini sering dilakukan oleh banyak orang yang digunakan untuk menambah penghasilan atau digunakan sebagai pekerjaan utama. Bagi sebagian orang terutama perempuan sering dijumpai mereka menjualnya secara online pada beberapa produk, seperti jilbab, pakaian, souvenir, kerajinan tangan, atau kosmetik. Karena hal tersebut mudah didapat dan juga tidak butuh banyak modal.

Dan kebanyakan mereka bahkan tidak memiliki stok sendiri, jadi mereka tidak punya kendali penuh untuk ketersediaan barang. Mereka hanya mengandalkan sistem dropship yang mana barang tidak dibeli terlebih dahulu, seperti halnya reseller.

Jika reseller itu membeli barang lalu menjualnya kembali, namun jika dropship ini sama saja dengan menjualkan barang orang lain. Kita hanya mendapatkan keuntungan dari harga yang kita tentukan sendiri.

Ide bisnis rumahan ini bisa dibilang susah susah gampang. Yang penting gunakan promosi yang tepat, jangan asal melakukan promosi yang hanya akan menjadikan sampah dimana mana. Akan lebih baik jika Anda mengorbankan sedikit uang untuk berbelanja iklan. Jika menggunakan iklan yang tepat, maka uang yang kita keluarkan itu bisa kembali dalam jumlah yang berkali lipat.

usaha dropship
Photo by Eric Lucatero on Unsplash

Menjual Jasa online

Selain berjualan barang atau berbagai produk secara online, ada ide bisnis rumahan lain yang sedang ngetrend, yaitu berjualan jasa online. Jika Anda tertarik ingin mencoba bisnis online yang satu ini, maka Anda perlu memiliki yang namanya kemampuan. Karena pada dasarnya kemampuan Anda inilah yang akan dijual kepada orang lain. Jadi, Anda harus memiliki suatu kemampuan yang bisa dijual secara online.

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan, misalnya yaitu jasa penerjemah, jasa pembuatan film atau video animasi, jasa pembuatan dan edit foto, jasa tulis artikel, jasa pembuatan blog, jasa seo, jasa hosting dan sebagainya. Nah, jika Anda memiliki berbagai kemampuan yang sekiranya patut untuk dilakukan dan dijual kepada orang banyak, maka Anda bisa mulai membuat bisnis ini.

Jasa online ini sekarang sering bermunculan, dan sepertinya yang terbanyak itu adalah jasa penulisan artikel. Karena hanya dengan bermodalkan keahlian dalam menulis, laptop, dan koneksi internet saja, maka Anda bisa menghasilkan puluhan hingga ratusan ribu perhari.

Hal ini akan sangat menguntungkan untuk Anda lakukan, terutama bagi yang masih sibuk dengan sekolah dan ingin mendapatkan uang tambahan sehingga dapat meringankan beban orang tua untuk membiayai Anda.

usaha jasa online
Photo by Theme Photos on Unsplash

Menjual keahlian Anda

Bagi Anda yang ingin berjualan jasa online, maka Anda bisa menghasilkan banyak uang dengan menjual kemampuan yang Anda miliki. Ide bisnis rumahan ini banyak, misalnya Anda adalah lulusan jurusan desain maka Anda tentunya bisa menjadi penjual jasa desain. 

Jika Anda jurusan bahasa, maka bisa menjadi seorang penulis atau penerjemah bahasa asing, bila Anda lulusan informatika mungkin menjual jasa untuk pembuatan web dan jasa maintenance web.

Apapun kemampuan yang Anda miliki, baik dari hasil belajar semasa sekolah dan kuliah Anda ataupun kemampuan bawaan Anda sejak lahir, maka hal tersebut sebenarnya ada yang membutuhkannya. Jadi, Anda harus pandai – pandai memanfaatkannya dengan baik.

Kemajuan bisnis jasa online ini bisa dibilang berkembang begitu pesat di negara kita sendiri. Misalnya saja pada kebutuhan developer game. Ya, game ini seakan – akan menjadi santapan masyarakat, terutama untuk anak umur remaja ke bawah.

Karena di masa itu mereka sering bosan dan akan menghabiskan banyak waktu dengan bermain game. Jadi, saat ini ada banyak orang yang ingin membuat game, selain pangsa yang besar, juga pastinya hal ini akan menguntungkan developer game.

Tercatat pada tahun 2012 saja, di Indonesia sudah ada setidaknya 70 perusahaan developer game. Jika sekarang pastinya sudah meningkat drastis, hingga ribuan developer tentunya.

Selain itu, banyak juga yang menawarkan jasa pembuatan toko online. Karena sekarang ini masih banyak orang yang ingin berjualan online, namun masih bingung cara memulainya. Jadi pastinya kebutuhan jasa seperti ini akan meningkat drastis.

Demikian beberapa ide dan peluang usaha yang dapat Anda lakukan dari rumah. Dan yang telah disebutkan diatas hanyalah sebagian kecil dari ide usaha rumahan yang berkembang dan populer beberapa tahun belakangan ini.

Bagaimanapun juga, masih ada ratusan bahkan ribuan ide usaha rumahan lain yang masih belum terungkap dan menunggu seseorang untuk segera menjalankannya. Selalu berpikir kreatif akan mengantarkan Anda pada sebuah ide yang belum pernah ada sebelumnya sehingga peluang sukses pun semakin besar. Tetap semangat merintis bisnis Anda!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!