Ide dan Peluang Bisnis yang Cocok untuk Anak Muda

Business Idea

ide dan peluang usaha
Sumber gambar: next2entrepreneur.com

Sekarang ini anak – anak muda sudah mulai mencoba membuka peluang bisnis sendiri, sehingga tidak perlu bergantung kepada atasan. Ada banyak sekali ide bisnis dan akan terus berkembang, mereka yang selalu memperbarui idenya itulah yang akan memenangkan persaingan dari banyak hal.

Jika dilihat, saat ini bisnis online adalah bisnis yang paling populer bagi anak muda. Itu karena selain menguntungkan, tidak butuh banyak dana atau tempat, dan juga tak perlu keluar rumah dan tidak perlu bertemu orang lain secara langsung.

Namun selain bisnis online, ada juga bisnis offline yang menjadi kesukaan anak muda. Sebenarnya apapun bisnis yang Anda lakukan asalkan dikerjakan secara serius dan tidak mudah putus asa pastinya akan menghasilkan dan dapat berpotensi menjadi besar. Nah, berikut ini adalah beberapa ide dan peluang bisnis yang digemari oleh anak muda.

1. Bisnis kuliner

Terdapat banyak sekali jenis bisnis yang mengandalkan kreativitas. Salah satunya adalah bisnis kuliner yang tentunya membutuhkan kreativitas untuk bisa bersaing dengan kompetitor. Bagi Anda yang memiliki segudang kreativitas dan tentunya memiliki hobi untuk memasak berbagai sajian makanan seperti kue, makanan ringan, makanan olahan daging, dan sebagainya, akan cocok untuk menjalankan bisnis kuliner ini.

Modal yang diperlukan tidak harus besar, Anda perlu untuk membuka toko dan itu bisa dengan menyewanya dahulu. Modal yang terpenting adalah kreativitas, keberanian untuk menghadapi tantangan, serta punya pengetahuan tentang hal itu. Nah yang perlu Anda lakukan adalah dengan tidak terlalu bersikeras untuk mengembangkan bisnis Anda, yang penting usaha saat ini mampu berjalan terus dan mampu bertahan.

Perluas jaringan pemasaran

Jika bisnis Anda sudah cukup dikenal banyak orang dan sudah mengumpulkan lebih banyak untung, maka cobalah perluas jaringan, bisa dengan menjalin kerja sama, membuka cabang baru, atau yang lainnya.

Anda juga bisa mengandalkan sistem pengiriman online. Namun ini sangat riskan untuk makanan yang bisa dibilang rapuh, misalnya keripik, atau makanan seperti bolu, dan sebagainya. Jadi pertimbangkan dengan baik mengenai cara pengiriman jika menginginkan untuk menggunakan sistem online.

2. Bisnis kafe

Sebagai anak muda, pasti senang keluar dan nongkrong Bersama teman – teman. Dari sinilah timbul ide bisnis anak muda yang mana membuka kafe dengan berbagai tempat yang unik dan membawakan kesan yang berbeda. Jadi karena keunikannya itulah yang membuat banyak orang tertarik untuk datang ke kafenya.

Namun jika anda ingin membuka kafe dengan segala keunikan dan fasilitas yang ada, maka Anda akan sangat membutuhkan pengaturan keuangan yang baik. Karena jika tidak mampu mengendalikan keuangan dengan baik antara menggunakan untuk modal kembali dengan menggunakan untuk fasilitas yang berbagai macam, maka kemungkinan terburuknya kafe Anda akan bangkrut.

Yang terpenting kenyamanan pengunjung selalu diutamakan. Membuat pengunjung betah dan akan selalu mengunjungi kafe Anda. Soal harga, Anda dapat sesuaikan dengan berbagai faktor. Jika Anda melakukannya dengan baik, dalam beberapa bulan saja, Anda sudah bisa balik modal.

3. Bisnis ternak

Jika membicarakan mengenai ternak, pasti jangkauannya luas. Jadi disini Anda harus bisa memilih bisnis ternak apa yang tepat dan tidak terlalu merepotkan. Karena jika Anda melakukan ternak sendiri seperti ternak sapi, kambing, atau ayam dalam jumlah banyak bagi pemula pasti akan menyulitkan. Maka dari itu, ada banyak ide bisnis anak muda mengenai ternak yang banyak dilakukan saat ini.

Diantaranya adalah:

  • Kelinci hias
  • Kroto
  • Semut jepang
  • Ikan konsumsi
  • Ikan hias

Untuk menjalankan salah satu ide bisnis ini, dibutuhkan sebuah ketelatenan dan keuletan. Karena namanya juga mengurus makhluk hidup, Anda perlu menyiapkan pakan, memikirkan kenyamanan hewan ternak, melakukan perawatan berkala, dan menjamin kesehatan dari hewan – hewan ternak tersebut. Hal itu perlu Anda perhatikan betul, agar tidak mengalami kerugian.

Bisa dibilang, bisnis ini adalah bisnis yang dapat cepat berkembang, namun dalam kondisi tertentu juga dapat cepat sekali bangkrut. Misalnya jika ada satu hewan saja yang terkena penyakit dan tidak ditangani dengan baik, tidak menutup kemungkinan penyakit itu akan menyebar dan menjangkit hewan lain, bahkan bisa seluruh hewan di kandang yang sama.

4. Bisnis Fashion

Jika Anda lihat, sekarang sudah banyak perusahaan besar dalam bidang pembuatan fashion ini. Baik itu, sepatu, kaos distro, jas, topi, jaket, dan lain sebagainya. Bisa dibilang bisnis ini adalah bisnis yang luas. Selain banyaknya saingan, bisnis ini membutuhkan trik tersendiri, karena jika Anda hanya meniru produk – produk yang sudah ada, pasti Anda akan kalah saing. Namun jika Anda mampu menciptakan suatu gaya yang baru dengan mengeluarkan kreativitas yang Anda punya, maka bisa jadi produk Anda yang akan menjadi pemenang di persaingan ini.

Dalam beberapa laporan lembaga yang diliput di laman Kompas menunjukan bahwa fashion merupakan produk terlaris di Indonesia. Hal ini karena tentunya pakaian menjadi salah satu bahan pokok selain makanan.

Bisnis ini membutuhkan modal yang besar jika Anda membuat produk sendiri. Namun jika anda tidak dapat membuat hal ini sendiri, Anda bisa bekerja sama dengan mereka yang sudah terlebih dahulu memulai dalam hal ini. Atau mungkin Anda juga bisa membuat sebuah aplikasi untuk mendesain pakaian secara online. Jika ada orang yang membelinya, maka Anda bisa mengirimkan desain ke pabrik pembuatan kaos lalu dikirimkan kepada pembeli. Jadi, hal ini akan membuat terjadinya keuntungan pada kedua belah pihak.

5. Bisnis kerajinan tangan

Tidak hanya orang tua saja, namun banyak juga mereka yang masih muda menjalankan bisnis kerajinan ini. Karena bisnis ini mudah dan tentunya cocok bagi mereka yang suka akan kreativitas. Dalam kerajinan tangan ini, kreativitas yang tinggi akan sangat diperlukan karena jika hanya membuat sesuatu yang umum maka hal tersebut tidak akan bisa bersaing dengan yang lain.

Jika dilihat, saat ini telah banyak produk produk yang terbuat dari kerajinan tangan. Misalnya jam tangan dengan casingnya dari ukiran kayu yang indah, berbagai jenis miniatur dan lain sebagainya. Banyak orang juga memanfaatkan barang yang tak terpakai lalu disentuh dengan seni akan menghasilkan suatu produk yang bernilai tinggi. Anda pun juga dapat membuatnya demikian. Intinya gunakan berbagai ide yang anda miliki, jika tidak bisa, gunakan cara memodifikasi. 

6. Bisnis Pemanfaatan bahan tak terpakai

Bahan yang telah tak terpakai ada banyak sekali, bukan hanya dijadikan sebagai sebuah karya seni, tapi juga dapat dijadikan suatu hal yang bermanfaat besar bagi kehidupan. Misalnya, Anda memiliki limbah eceng gondok di sekitar tempat tinggal Anda, maka manfaatkanlah hal tersebut untuk dijadikan sumber gas. Atau jika Anda memiliki berbagai sisa sampah yang banyak, maka Anda bisa memilahnya dan menjadikannya sebagai pupuk organik. Hal ini akan sangat dibutuhkan oleh banyak orang.

Jadi jika Anda memiliki bahan apapun yang Anda anggap sudah tidak berguna, maka sebenarnya hal tersebut bisa saja membuat Anda sukses. Asalkan Anda dapat berpikir lebih inovatif, maka Anda akan mendapatkan banyak hal nantinya.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai ide dan peluang bisnis yang cocok untuk anak muda dan sedang digemari pada saat ini. Beberapa hal tersebut tentunya tidak akan berarti apa – apa jika tidak ada kemauan dari diri Anda untuk mencoba ide dan peluang bisnis tersebut. Karena yang namanya bisnis itu tak seperti halnya menjadi karyawan. Dalam berbisnis itu kita dituntut untuk bisa berpikir lebih dan memiliki wawasan yang luas. Tetap semangat dalam merintis bisnis, Anda pasti bisa!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!