5 tips agar hp kamu seperti baru lagi, salah satunya menghapus file lama

Model telepon baru biasanya muncul setiap bulan, tetapi konsumen tidak selalu memiliki kesempatan untuk berganti perangkat secara teratur.

Memang, menurut laporan CNET Rabu (5/4/2022), ada sejumlah tips bagi pengguna ponsel agar perangkat lama mereka terasa seperti baru kembali daripada membeli versi terbaru.

Lalu bagaimana caranya agar ponsel lama Anda terlihat baru kembali? Lebih lanjut di bawah ini:
BACA JUGA: Fitur Baru Google, Data Pribadi Bisa Dihapus, Pelajari Caranya

  1. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Luangkan waktu untuk melihat halaman utama (layar beranda) untuk aplikasi apa pun yang belum pernah Anda gunakan. Menghapus aplikasi tidak hanya membantu mengurangi penyimpanan ponsel, tetapi juga dapat melindungi perangkat dan data pribadi Anda. Pengguna dapat mengizinkan aplikasi untuk mengakses beberapa informasi selama instalasi awal.

  1. Hapus file lama

Pindahkan file lama ke penyimpanan eksternal lalu hapus. Hapus juga file yang sudah tidak digunakan lagi. File yang tidak terpakai bisa berupa gambar GIF yang dikirim melalui aplikasi pesan instan, menu restoran, atau video yang diunduh dari media sosial.

Periksa juga file yang diunduh untuk melihat apakah ada file yang tidak lagi Anda perlukan. Beberapa ponsel memiliki ruang khusus untuk file besar. Hapus file besar saat tidak lagi digunakan untuk menghemat ruang disk.
BACA JUGA: Kurang dari setahun platform podcast Facebook resmi ditutup

  1. Setel ulang layar beranda

Agar tetap terlihat baru dan segar, pengguna dapat mengubah tampilan layar utama (home) dengan pengaturan yang sudah tersedia dari ponsel.

Misalnya, mengubah tata letak, mengunduh tema baru, dan mengganti gambar di latar belakang. Pengguna dapat bereksperimen dengan tampilan di layar melalui menu di pengaturan (preferensi).

  1. Optimasi Perangkat

Selain mengubah gambar layar, pengguna juga dapat mengubah pengaturan telepon yang berguna untuk kinerja telepon. Misalnya mengaktifkan mode hemat daya agar ponsel bisa digunakan lebih lama. Mengaktifkan Mode Gelap (Dark Mode) juga dapat membantu menghemat daya baterai.

  1. Preferensi Privasi

Setelah mengubah tampilan ponsel Anda, luangkan waktu untuk mempelajari pengaturan keamanan dan privasi Anda untuk melindungi ponsel Anda. Periksa izin apa yang telah diberikan untuk setiap aplikasi dan ubah jika menurut Anda itu tidak perlu.

Sumber :