HIDUP ITU TIDAK RUMIT, YANG RUMIT MANUSIA (Bagian 3)

Marketing

Photo by : reddit.com

Secara tabungan kita pakai nanti 50 tahun lagi. Sekarang kita sedot dan beli LNG punya Australia saja. Ada juga yang besar yaitu gas di Pulau Sakhalin Rusia. Ini ada dan sedang ditawarkan oleh Rusia. Rusia kurang bisa memanfaatkan karena posisinya di dekat Vladivostok dekat Jepang dan menjadi incaran pasar Asia Timur dan Asia Tenggara.

Photo by : shell.com

Amerika tidak senang Rusia memproduksi gas Sakhalin ini, tapi Amerika tidak bisa apa-apa. Amerika yang lagi tekan Rusia karena mainan Amerika ISIS dihajar Rusia. Maka minyak dihajar Amerika ke 30 barel di bawah harga produksi. Dan rusia produksi gas Sakhalin. Amerika kecolongan! Jadi pak menteri, kita bermain cantik. Mepet Rusia, mepet Australia.

Gas adalah komoditas penting setelah batubara dimainkan dan minyak (oil) dimainkan. Maka gas adalah komoditas yang akan dimainkan berikutnya.

Photo by : sentryo.net

Kita ambil Sakhalin punya sebagian dimana kita bisa menjadi pemain global di LNG. Sebagai trader, user dan produsen. Jadi Pak Menteri, saran saya, POD Masela 50 tahun lagi saja. Pada saat itu saya yakin banyak pengusahaan Indonesia sudah mampu menanganinya. Sekarang LNG lagi murah-murahnya. Kita beli dulu dan kunci harga jangka panjang. Pada saat harga “up side” kita dapat harga bagus terendah sekarang. 

# May Peace be Upon Us

(MWP)

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!