Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Bisnis Jual Beli

Business Hack, Marketing, Operasional

bisnis jual beli
Sumber gambar: gradsingapore.com

Bisnis jual beli merupakan salah satu peluang usaha yang paling banyak ditekuni oleh para pemula ketika ingin merintis sebuah bisnis. Apakah benar begitu? Ya tentu saja, karena dengan bisnis jual beli ini biasanya orang akan mendapatkan untung dengan cepat dan bisa juga langsung besar. Seperti namanya, bisnis jual beli ini berarti Anda selaku pebisnis akan membeli suatu barang lalu Anda jual kembali dengan harga yang lebih tinggi dan mendapat keuntungan. 

Namun apakah Anda merasa yakin bisa sukses dengan bisnis jual beli barang seperti ini? Tentu saja bisnis jual beli ini tidak semudah yang dibayangkan, sebelum Anda bisa sukses dan mendapat keuntungan yang besar, Anda perlu mengetahui prinsip – prinsip dasar dari bisnis jual beli sendiri. 

Dengan begitu, Anda akan siap menghadapi segala tantangan yang akan muncul dalam menjalankan bisnis jual beli. Sebagai pengetahuan, ilmu jual beli sendiri adalah sebuah seni yang sudah lama ada di dunia ini dan merupakan jantung dari kapitalisme. Untuk membantu Anda merintis bisnis jual beli, berikut adalah beberapa prinsip dasar dalam memulai bisnis jual beli.

1. Tentukan Objek Jual Beli

Sebelum mulai merintis bisnis jual beli, pastinya Anda perlu menentukan apa yang Anda ingin beli dan jual. Dalam menentukan, tentu saja Anda bisa memilih berbagai jenis benda untuk Anda jual. Atau bahkan Anda juga bisa menjual berbagai jenis benda tersebut secara langsung, menjual semuanya secara bersamaan. 

Namun, sebagai seorang pemula, Anda sebaiknya memilih salah satu jenis pasar terlebih dahulu. Dan jika Anda memilih salah satu jenis saja, juga tidak akan menjadi masalah karena dengan hanya memilih satu jenis saja, Anda akan menjadi fokus kepada jenis tersebut dan akan lebih mudah maju.

Dalam bisnis jual beli, Anda bisa membeli dan menjual benda apapun, bahkan telepon genggam yang sudah rusak pun bisa Anda jadikan objek bisnis. Jenis benda yang bisa Anda jual dan beli dapat berupa benda fisik, seperti sepatu, tas, dan mobil atau juga benda yang non-fisik, seperti jasa yang dilakukan secara diam-diam.

Beberapa prinsip yang wajib Anda ingat dalam merintis bisnis jual beli, yaitu yang pertama, semakin langka keberadaan sebuah benda, maka akan semakin banyak orang yang akan membayarnya dengan harga tinggi jika mereka benar – benar menginginkan atau membutuhkannya. 

Hal ini disebut sebagai suplai dan permintaan. Jadi logikanya, berlian yang alami akan jauh lebih mahal harganya dibandingkan dengan berlian yang sintetis karena keberadaan berlian yang alami jauh lebih langka daripada berlian sintetis yang dapat selalu dibuat.

Yang selanjutnya, yaitu semakin banyak usaha atau keahlian yang dibutuhkan untuk membuat sebuah produk atau jasa, maka akan semakin mahal pula harga dari produk atau jasa tersebut jadinya. Selain itu, produk yang membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dibuat, atau yang membutuhkan banyak keahlian berbeda dan latihan yang lama, akan berharga jauh lebih mahal dibandingkan dengan produk yang bisa langsung dibuat oleh siapapun.

2. Lakukan Riset Pasar

Sebelum Anda membeli dan menjual benda, lakukanlah riset tentang pasar tentang benda pilihan Anda itu terlebih dahulu. Yang Anda perlukan adalah mengetahui harga rata – rata produk Anda ketika akan dibeli atau dijual ke orang yang mengetahui nilainya.

 Pasar yang perlu Anda riset atau cari tahu bisa merupakan lokasi usaha eceran, lokasi usaha grosir, internet, atau juru taksir lainnya. Jika memungkinkan, perhatikan juga produk yang dijualbelikan di pasar terbuka online seperti Tokopedia, Shopee, Olx, atau e-commerce lainnya..

Nilai pasar suatu produk atau jasa Anda ada kalanya akan naik atau turun, semuanya tergantung pada beberapa keadaan dan tentu nilai pasar barang yang satu dengan barang yang lain akan berbeda perubahannya. Selama sepuluh tahun terakhir, meskipun harga susu tidak banyak berubah, harga emas dan minyak mentah sudah banyak sekali berubah. Anda sebagai orang yang akan merintis bisnis jual beli perlu untuk mengetahui keadaan pasar agar bisnis Anda dapat terus bertahan dan menghasilkan untung yang besar.

3. Cari Produsen

Carilah produsen yang tepat untuk menyediakan dan memasok produk yang ingin Anda jual atau beli. Pastikan produsen tersebut dapat dipercaya dan akan menjual produk kepada Anda dengan harga yang lebih murah daripada harga yang Anda tentukan untuk menjualnya. Produsen biasanya akan menjual produknya secara grosir. Untuk pengetahuan, penjual grosir adalah pihak yang membeli barang dan langsung menjualnya kembali ke penjual eceran tanpa merubah nilainya, yang pada akhirnya penjual eceran tersebut akan langsung menjualnya pada konsumen.

Jika Anda bisa mampu membeli produk langsung dari pabriknya, Anda berarti telah memotong perantara dalam penjualan dan biasanya akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar dari produk tersebut. Jika memungkinkan, selalu usahakan untuk membeli produk langsung dari pabrik pembuatnya agar Anda bisa membelinya dengan harga yang jauh lebih murah dan dapat menjualnya dengan harga pasar sehingga akan menambah keuntungan yang Anda dapat.

cari produsen
Sumber gambar: libertyid.com

4. Jual Produk Tersebut

Prinsip utama yang tentunya harus Anda lakukan dalam bisnis jual beli adalah menjual produk atau barang milik Anda. Dalam menjualnya, selalu perhatikanlah pasar, agar Anda mengetahui waktu yang tepat untuk menjualnya. Anda harus bisa mencari pasar yang mendukung bisnis Anda dan dapat diandalkan. 

Peraturan dasar dan yang paling umum, yaitu Anda harus membeli produk dengan harga yang rendah dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa Anda perlu untuk membeli produk dengan harga semurah mungkin dan Anda menjualnya dengan harga semahal mungkin untuk mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin.

Peraturan ini memiliki beberapa konsep, secara umum, ketika Anda membeli produk dengan harga yang murah, maka kualitas produk tersebut tidak akan terlalu tinggi. Jadi, misalnya, jika Anda bisa membeli topi dengan harga Rp13.000 dan menjualnya dengan harga Rp39.000, maka ini berarti Anda membelinya dengan harga rendah dan menjualnya dengan harga tinggi. 

Namun, kualitas topi tersebut tidak akan terlalu bagus. Anda juga bisa membeli topi berkualitas lebih bagus dengan harga Rp65.000 dan menjualnya dengan harga Rp.130.000. Dengan begitu, Anda mungkin menjual lebih sedikit produk, namun keuntungan dari total penjualannya mungkin akan lebih tinggi.

Dalam menekuni bisnis jual beli ini, terdapat beberapa tips dan peringatan yang perlu Anda ketahui. Yang pertama, janganlah berhenti dari pekerjaan tetap Anda untuk melakukan bisnis ini, kecuali jika Anda yakin akan sukses dan mempunyai pembeli yang jelas. Lalu, sebaiknya riset Anda dilakukan dengan sebaik mungkin agar Anda mengetahui bahwa Anda mendapat kesepakatan yang terbaik dan tidak ditipu. 

Jika Anda bertemu orang secara langsung, pastikan orang tersebut dapat dipercaya dan tidak akan mencuri benda atau properti apa pun yang Anda miliki. Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin merintis bisnis jual beli. Tetap yang terpenting dalam merintis bisnis apapun adalah selalu semangat dan pantang menyerah.


0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan eBook Premium "Strategi Selama Krisis"

Pastikan bisnis anda selamat dari pandemi, dapatkan secara gratis ebook "Strategi Selama Krisis".

Strategi ini wajib bagi anda agar tetap bertahan selama masa sulit. 

eBook premium telah dikirimkan ke email anda!